Dunia

Pemimpin Korut Kim Jong-un Ajak Putrinya Nonton Pertandingan Sepak Bola

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan putrinya Kim Ju-ae menyaksikan pertandingan sepak bola antara staf Kabinet dan Kementerian Pertahanan Nasional, di Korea Utara pada 17 Februari 2023 / Foto: KCNA

Mercinews, – Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengajak putrinya,yang Bernama Kim Ju ae, untuk menyaksikan pertandingan sepak bola. Pertandingan ini digelar dalam rangka merayakan ulang tahun mantan Pemimpin Korea Utara sekaligus ayah dari Kim Jong-un, yakni Kim Jong-il.

Kantor Berita Korea Utara, KCNA mengatakan, kehadiran Jong-un dan putrinya ju ae membawa kegembiraan pada pertandingan seremonial antara anggota staf dari Kabinet dan Kementerian Pertahanan pada Jumat (17/2/2023). Tim Kementerian Pertahanan memenangkan pertandingan 3-1 mengalahkan staf Kabinet.

“Stadion dipenuhi dengan kegembiraan para pejabat Kabinet dan Kementerian Pertahanan Nasional yang mendapat kehormatan besar untuk mengadakan acara olahraga dan budaya yang signifikan pada liburan musim semi Februari di hadapan Kim Jong-un,” kata laporan KCNA.

KCNA mengabarkan, semua peserta di acara tersebut membuat janji tegas untuk melayani masyarakat dengan pengabdian, keberanian, dan semangat yang tinggi. Foto-foto yang diterbitkan oleh surat kabar resmi Korea Utara, Rodong Sinmun, menunjukkan Kim dan putrinya tersenyum dan bertepuk tangan dari kursi VIP.

Baca Juga:  Presiden Hongaria Bantah Pindahkan Kedutaannya di Israel ke Yerusalem

Keduanya duduk di antara pejabat senior pemerintah dan militer. Sementara itu, saudara perempuan Kim dan salah satu pejabat tinggi kebijakan luar negeri Korea Utara, Kim Yo-jong terlihat duduk belakang Kim Jong-un dan putrinya.

Acara tersebut menandai penampilan publik keenam Kim Ju-ae yang diketahui. Kim pertama kali membawa putrinya yang diperkirakan berusia sekitar 10 tahun itu di hadapan publik pada November 2022. Ketika itu, Kim Jong-un membawa anak perempuannya tersebut untuk mengamati uji terbang rudal balistik antarbenua.

Kim dan putrinya juga muncul dalam parade militer besar-besaran di Ibu Kota, Pyongyang, pekan lalu. Sebelumnya, Kim Ju-ae juga ikut dengan ayahnya untuk meninjau pasuka militer.

Ketika itu, Kim Ju-ae duduk di kursi kehormatan di sebuah perjamuan bersama pejabat senior dan petinggi militer. Dia juga muncul bersama ayahnya dalam beberapa prangko baru yang dirilis untuk menandai uji coba ICBM.

Baca Juga:  Korea Utara Luncurkan Satelit Mata-mata Pertama Untuk menyerang musuh

Analis mengatakan penampilan Kim Ju-ae di acara-acara besar yang terkait dengan militer negara adalah cara ayahnya untuk mengingatkan dunia bahwa dia tidak akan pernah secara sukarela menyerahkan senjata nuklir dan misilnya. Ini terlihat jelas bahwa putri Kim sebagai jaminan terkuat untuk kelangsungan hidupnya dan perpanjangan masa depan keluarganya dalam dinasti pemerintahan.

Kemunculan putri Kim di media pemerintah bertujuan untuk memperkuat kesetiaan domestik kepada keluarga Kim. Dia tampaknya juga mempersiapkan transfer kekuasaan secara turun-temurun di masa depan.(*)

Follow Berita Mercinews di Google News

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top