Daerah

OPM Rilis Video Baru Pilot Susi Air, Serukan Campur Tangan PBB

Foto Screenshot Video Facebook Opm

Mercinews.com – Organisasi Papua Merdeka (OPM) menyebarkan video yang berisikan sandera seorang pilot Susi Air asal Selandia Baru.

Video tersebut meminta PBB menengahi konflik di wilayah tersebut.

Pilot Phillip Mehrtens diculik oleh kelompok kkb Papua pada (7/2/2023) setelah mendarat di landasan udara di Kabupaten Nduga.

“OPM meminta Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk menengahi masalah antara Papua dan Indonesia untuk kemerdekaan Papua,” kata Mehrtens dalam satu video.

Seruan tersebut mirip dengan dalam pernyataan di video sebelumnya, di mana dia mengatakan dia hanya akan dibebaskan jika Papua merdeka.

Reuters tidak dapat memverifikasi secara independen di mana dan kapan video itu diambil.

Sebby Sambom, juru bicara kelompok KKB, mengatakan video tersebut diambil pada 6 Maret.

Papua telah menyaksikan sejumlah pemberontakan level kecil. Wilayah yang pernah diperintah oleh Belanda itu berada di bawah kendali Indonesia setelah pemungutan suara yang diawasi PBB pada 1969 yang menurut para kkb dipenuhi dengan kecurangan.

Baca Juga:  BPBD Papua sebut enam lokasi titik pengungsian pascagempa 5,4 SR

Menkopolhukam dan pejabat lainnya tidak segera menanggapi permintaan komentar atas video tersebut.

Sejak kkb menangkap pilotnya, para pejabat berusaha menggunakan dialog untuk menjamin pembebasannya, dengan mengatakan “operasi penegakan hukum” akan menjadi pilihan terakhir.

Dalam salah satu videonya, Mehrtens membacakan pernyataan sambil duduk di hutan terbuka dan dikelilingi oleh sekelompok pria, beberapa dengan senjata dan satu lagi dengan busur.

Philip Mehrtens, pilot Selandia Baru yang disandera

Mengenakan jaket biru, celana krem, dan topi, Mehrtens mengatakan dia telah diinstruksikan untuk membaca pernyataan dengan tuntutan baru dari OPM.

“Pilot asing tidak boleh bekerja dan terbang di Papua sampai Papua merdeka,” kata Mehrtens.

Penyanderaan orang asing jarang terjadi di wilayah tersebut, tetapi konflik telah meningkat sejak 2018.

Para kkb meningkatkan serangan yang lebih mematikan dan lebih sering.

Baca Juga:  Bacaleg dari 23 partai politik di Banda Aceh capai 633 balon

Di video lain, Mehrtens mengirimkan cintanya kepada keluarganya dan meminta agar gaji yang dia terima diberikan kepada mereka untuk makanan dan tagihan.

Cobalah untuk tidak mengkhawatirkan saya, saya dirawat sebaik mungkin mengingat situasinya,” katanya, menambahkan bahwa dia mendapatkan cukup makanan dan air, pakaian hangat, dan obat-obatan.

“Semoga kita bisa segera bersama,” katanya.

Dalam video ketiga, seorang separatis meminta negara-negara seperti Selandia Baru, Australia, Amerika Serikat, Inggris, Prancis, China, dan Rusia untuk menghentikan kerja sama militer dengan Indonesia.

(m/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top