Dunia

Arab Saudi Luncurkan Maskapai Baru Namanya Riyadh Air, Bakal Layani 100 Tujuan

Pramugari Saudia Airlines tengah melayani penumpang. ( Foto: Saudia Airlines)

Mercinews.com – Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, secara resmi mengumumkan pembentukan maskapai penerbangan nasional baru, Riyadh Air pada Minggu (12/3/2023).

Dilansir dari Reuters, Senin (13/3/2023), maskapai ini akan dikepalai Tony Douglas yang telah malang melintang di dunia penerbangan. Dia dipilih sebagai Kepala Eksekutif Riyadh Air.

Adapun, Pesawat Riyadh Air menargetkan akan melayani lebih dari 100 tujuan di seluruh dunia pada 2030. Lokasi kerajaan yang menghubungkan Asia, Afrika, dan Eropa diharapkan bisa jadi gerbang dunia serta tujuan sektor transportasi, perdagangan, hingga pariwisata.

Maskapai baru ini juga ditargetkan menyumbang US$20 miliar atau setara Rp307 triliun untuk pertumbuhan PDB non-minyak Arab Saudi dan menciptakan lebih dari 200.000 pekerjaan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Di sisi lain, kemunculan Riyadh Air berpotensi menimbulkan pertempuran sengit memperebutkan calon penumpang. Pasalnya, maskapai tersebut akan berhadapan langsung dengan raksasa regional lain, seperti Emirates, Qatar Airways dan Turkish Airlines.

Baca Juga:  Serangan Darat dan Udara Israel Menggila di Gaza lebih dari 8.000 orang Meninggal

Apalagi, Arab Saudi sedang dalam negosiasi lanjutan untuk memesan hampir 40 jet A350 dari Airbus sejak Oktober 2022.

Sebagai informasi, Riyadh Air sepenuhnya dimiliki oleh dana kekayaan Arab Saudi, yakni Dana Investasi Publik (PIF). PIF terkenal memiliki aset lebih dari US$600 miliar dan jadi pendorong utama upaya kerajaan untuk mendiversifikasi ekonomi agar tidak hanya berfokus pada minyak.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top