Pemko Banda Aceh Raih Digital Government Award 2023

Senin, 20 Maret 2023 - 17:53 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jakarta, Mercinews.com – Pemerintah Kota Banda Aceh di bawah kepemimpinan Penjabat Wali Kota Bakri Siddiq, kembali menorehkan prestasi emas.

Kali ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) menganugerahkan Digital Government Award untuk Banda Aceh.

Penghargaan tersebut diberikan pemerintah pusat atas peningkatan indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang diterapkan Pemko Banda Aceh. Berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan KemenPANRB sedari Agustus 2022, indeks SPBE Banda Aceh mencapai 3,15 poin dengan predikat Baik.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Angka ini naik drastis dari pencapaian indeks 2021, yakni 2,62 poin. Adapun domain dan aspek penilaian SPBE sendiri meliputi Kebijakan SPBE (kebijakan internal tata kelola SPBE), Tata Kelola SPBE (perencanaan strategis, TIK, penyelenggaraan SPBE), Manajemen SPBE (penerapan manajemen, audit TIK), dan Layanan SPBE (layanan administrasi pemerintahan berbasis elektronik).

Dan yang lebih membanggakan, indeks SPBE Banda Aceh merupakan yang tertinggi di Provinsi Aceh, bahkan melampaui target nasional (2,6). Bukan hanya itu, dalam kategori Penguatan Kebijakan SPBE, Pemko Banda Aceh menjadi satu-satunya kabupaten/kota di Sumatra yang berhasil meraih Digital Government Award tahun ini.

Baca Juga:  Spanduk Tolak Revisi UUPA Berkibar di Berbagai Lokasi di Banda Aceh

Penghargaan bergengsi dimaksud, diserahkan langsung oleh Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas bersama Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan kepada Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq di sela-sela pelaksanaan SPBE Summit 2023 di Kempinski Grand Ballroom, Jakarta Pusat, Senin, 20 Maret 2023.

“Pertama sekali, saya mendedikasikan Digital Government Award atau Anugerah Pemerintahan Digital ini kepada segenap jajaran Pemerintah Kota Banda Aceh yang telah berkerja keras dan cerdas dalam menerapkan SPBE selama ini,” ujar Bakri usai menerima penghargaan.

Menurutnya, di era serba digital seperti sekarang ini, pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mutlak harus dilakukan pemerintah daerah di semua lini pembangunan. “Di samping untuk memastikan pelayanan optimal kepada masyarakat, SPBE ini kita jalankan guna memenuhi prinsip akuntabilitas, efektivitas, dan publisitas.”

“Dengan begitu, semua pihak dapat bersama-sama mengawasi sekaligus memberikan masukan konstruktif demi kelancaran roda pemerintahan dan kesuksesan pembangunan yang berkelanjutan,” ujarnya.

Baca Juga:  Kriminal Kambuhan Mulai Muncul Lagi, Polresta Banda Aceh Perketat Patroli Malam

Pemko Banda Aceh pun disebutnya telah selangkah lebih maju dalam pemanfaatan IT sehingga menjadi rujukan banyak kabupaten/kota lain, termasuk dari luar Aceh. “Hal ini bisa dilihat dari beragam inovasi plus aplikasi berbasis elektronik yang telah kita lahirkan, mulai dari e-Kinerja, e-Absensi, SP2D online, sistem monitoring pajak online (tapping box), e-Parking, hingga pelayanan kependudukan dan perizinan berbasis online.”

Sesuai dengan tagline “Aceh Meutaloe Wareh Gaseh-Meugaseh Bila-Meubila”, Bakri juga menyatakan komitmennya untuk terus mengoptimalkan pemanfaatan TIK dalam menjalankan pemerintahan dan melayani masyarakat.

“Seiring sejalan, pembenahan di beberapa kategori penilaian perlu dilakukan agar dapat meningkatkan, minimal mempertahankan apa yang sudah kita raih. Saya optimis, dengan penyederhanaan birokrasi di berbagai lini plus pemanfaatan IT akan berdampak pada pelayanan kepada masyarakat dan jalannya pemerintahan yang semakin baik,” ujarnya.

Selain itu, dalam waktu dekat dengan dukungan pemerintah pusat melalui kementerian terkait, Ia menyatakan kesiapan Banda Aceh sebagai pilot project Mal Pelayanan Publik (MPP) Digital di Indonesia. “Tujuan utamanya agar masyarakat bisa semakin mudah mengakses berbagai keperluan perizinan maupun non perizinan, cukup dengan gadget di tangan saja,” ujarnya.

Baca Juga:  Menteri Agama Teken KMA Kuota Haji 2023, Ini Rinciannya

Dirinya pun sangat bersyukur, berdasarkan pemantauan dan penilaian yang dilakukan oleh Kementerian PANRB sedari Agustus 2022 lalu, penerapan SPBE Pemko Banda Aceh kini semakin baik, “Sehingga kita berhak mendapatkan Digital Government Award untuk kategori Penguatan Kebijakan SPBE tahun ini.”

Dan yang lebih membanggakan, dalam kategori tersebut, Banda Aceh menjadi satu-satunya kabupaten/kota di Pulau Sumatra yang meraihnya. “Dengan nilai indeks SPBE 3,15 poin, Banda Aceh menjadi yang terbaik di Aceh. Pencapaian kita pun lebih baik dibanding 2021 (2,62), dan bahkan bisa melampaui target nasional sebesar 2,6 poin. Alhamdulillah,” ujarnya.

“Terima kasih kami sampaikan kepada Bapak Menteri PANRB dan segenap jajaran, serta Bapak Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi yang telah memberi atensi penuh kepada Banda Aceh. Insyaallah, penghargaan ini kian memotivasi kami untuk terus memberikan yang terbaik bagi seluruh masyarakat,” ujarnya lagi.

(m/c)

Berita Terkait

Prabowo dijadwalkan terima Bintang Bhayangkara dari Polri Kamis hari ini
Sapi Kurban dari Jokowi, Prabowo, Gibran, dan Megawati di Istiqlal, Berbobot 1, ton lebih
Panglima TNI Siapkan 3 Pesawat Bawa Warga Palestina dari Gaza ke Indonesia
Kolaborasi Laboratorium Akustik ITB, Kairos Multi Jaya Gelar Workshop Integrasi Akustik Bangunan dan Profesional Audio
Pos Indonesia Bakal PHK Massal di 2024
Presiden Jokowi Minta Masyarakat Hindari Judi, Lebih Baik Ditabung Jadi Modal Usaha
5 Siswa DKI yang bercanda soal Palestina sambil makan ayam yang viral, minta maaf
Ketua Presidium MER-C Bertemu Menkopolhukam Bahas Situasi Jalur Gaza
Berita ini 2 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 20 Juni 2024 - 15:59 WIB

Prabowo dijadwalkan terima Bintang Bhayangkara dari Polri Kamis hari ini

Senin, 17 Juni 2024 - 19:41 WIB

Sapi Kurban dari Jokowi, Prabowo, Gibran, dan Megawati di Istiqlal, Berbobot 1, ton lebih

Sabtu, 15 Juni 2024 - 04:04 WIB

Panglima TNI Siapkan 3 Pesawat Bawa Warga Palestina dari Gaza ke Indonesia

Kamis, 13 Juni 2024 - 23:29 WIB

Kolaborasi Laboratorium Akustik ITB, Kairos Multi Jaya Gelar Workshop Integrasi Akustik Bangunan dan Profesional Audio

Kamis, 13 Juni 2024 - 01:10 WIB

Pos Indonesia Bakal PHK Massal di 2024

Rabu, 12 Juni 2024 - 22:01 WIB

Presiden Jokowi Minta Masyarakat Hindari Judi, Lebih Baik Ditabung Jadi Modal Usaha

Rabu, 12 Juni 2024 - 16:23 WIB

5 Siswa DKI yang bercanda soal Palestina sambil makan ayam yang viral, minta maaf

Senin, 10 Juni 2024 - 20:30 WIB

Ketua Presidium MER-C Bertemu Menkopolhukam Bahas Situasi Jalur Gaza

Berita Terbaru

Austria Unggul 3-1 atas Polandia/ Foto: X Euro2024

Olahraga

Hasil Euro 2024, Austria Unggul 3-1 atas Polandia

Sabtu, 22 Jun 2024 - 00:55 WIB

Slovakia Vs Ukraina / Foto: X euro2024

Olahraga

Hasil Euro 2024, Ukraina Kalahkan Slovakia 2-1

Jumat, 21 Jun 2024 - 23:07 WIB