Nasional

MER-C: RS Al Nasr Diduduki Tentara Israel dan Minta WHO Bersikap

Foto: dok.istimewa

Jakarta, Mercinews.com – Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Indonesia mengungkap bahwa Rumah Sakit (RS) Al Nasr di jalur Gaza Selatan kini telah diduduki oleh Israel.

Tidak hanya itu, RS An Nasr juga mendapatkan tuduhan menyimpan senjata sama seperti tuduhan beberapa waktu lalu terhadap RS Indonesia di Gaza.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Presidium MER-C, Sarbini Abdul Murad yang baru saja mendapatkan informasi sekitar tiga hari lalu, usai perang Gaza sudah berlangsung selama 138 hari.

“Mereka menganggap kurang dari 100 orang tenaga medis adalah orang-orang hamas, dan RS andalan itu sekarang menjadi markas Israel Defense Forces (IDF) atau Pasukan Pertahanan Israel,” kata Sarbini dalam konferensi persnya di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu (21/2/2024)

Dr Sarbini melanjutkan hal ini sangat memprihatinkan bagi warga Palestina lantaran menggangu dan sangat menghancurkan kemanusiaan yang ada di Gaza.

Mengingat, sudah tak banyak lagi RS yang beroperasional ala kadarnya menangani korban perang Palestina dan Israel.

“Maka ini akan terjadi satu ledakan kemanusiaan, satu bencana kemanusiaan apabila tidak segera diatasi cepat terutama oleh World Health Organization (WHO),” tutur dia.

Sarbini berharap dengan kabar ini, WHO dapat bersikap tegas dan turun tangan terhadap dipomatis pemerintahan Israel.

Jadi WHO tidak hanya bisa mengeluh dengan matinya sistem kesehatan yang ada di Gaza. Tapi harus melakukan seusatu untuk melakukan pendekatan terhadan Israel dan Amerika untuk menghentikan kebiadaban terhadap rakyat Gaza,” ucap Dr Sarbini Ketua MER-C Indonesia.[]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top