Daerah

12 Unit Bilik Santri Pesantren Bustanul Huda Abdya Hangus Terbakar

Foto : Kebakaran pesantren Bustanul Huda (Jimy pratama/Mercinews.com)

BLANGPIDIE (MERCINEWS.COM) – Sebanyak 12 unit bilik santri Pesantren Bustanul Huda di Gampong Keude Siblah, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) hangus terbakar, Senin (1/5/2023), sekira pukul 00.15 WIB.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya, Armayadi dalam laporannya menjelaskan, penyebab kebakaran bilik di pesantren yang dipimpin Abu Muda Tgk. H. Muhammad Qudusi syam Marfali itu hingga kini masih dalam proses penyelidikan.

“Sampai sekarang kita belum mengetahui api bersumber dari mana. Alhamdulillah, proses pemadaman dan pendinginan berhasil dilakukan pada pukul 01.45 WIB,” ungkap Armayadi, Senin (1/5/2023).

Meskipun pihaknya sudah menerjunkan lima unit armada mobil pemadam kebakaran (Damkar), namun api begitu cepat melalap bangunan bilik yang berkontruksi dari kayu tersebut.

“Upaya uang kita lakukan bersama dengan pihak TNI, Polri, dan masyarakat sudah sangat maksimal,” ujarnya.

Baca Juga:  Kronologi Wartawan di Aceh Selatan Meninggal Terseret Gelombang Arus

Untuk melakukan pemadaman api, pihaknya menerjunkan tiga unit Damkar masing-masing tiga unit dari Pos Induk Blangpidie, satu unit dari Pos Kuala Batee, dan disusul satu unit lagi dari Pos Manggeng.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian sementara ditaksir mencapai puluhan juta rupiah,”(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top