Ukraina menyerang lapangan terbang militer di Akhtubinsk dan Astrakhan

Rabu, 10 Juli 2024 - 17:57 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Penerbangan pesawat tempur Su-57 di Akhtubinsk. Foto ilustrasi

Penerbangan pesawat tempur Su-57 di Akhtubinsk. Foto ilustrasi

Mercinews.com – Pada Selasa malam, pesawat tak berawak Ukraina, selama operasi gabungan antara dinas keamanan Kyiv dan intelijen militer, menyerang kilang minyak, lapangan terbang militer, dan gardu listrik di Rusia, Reuters melaporkan, mengutip sumber di pasukan keamanan Ukraina.

Sumber yang enggan disebutkan namanya menjelaskan bahwa sebuah lapangan terbang di kota Akhtubinsk, di bagian utara wilayah Astrakhan, kilang minyak di wilayah Volgograd, dan gardu listrik di wilayah Rostov diserang.

Akhtubinsk adalah pusat administrasi distrik Akhtubinsky. Wilayah ini berbatasan di sebelah timur dengan Kazakhstan. Jarak ke titik terdekat perbatasan Rusia-Kazakh adalah beberapa puluh kilometer.

Lapangan terbang di Akhtubinsk milik Pusat Uji Penerbangan Negara ke-929 Kementerian Pertahanan Rusia, 20 kilometer darinya terdapat lokasi uji udara terbesar di Rusia – Groshevo, catat BBC Russian Service.

Militer Rusia tidak mengomentari informasi tersebut. Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan bahwa pada malam tanggal 9 Juli, sistem pertahanan udara menghancurkan 38 drone Ukraina di wilayah Belgorod, Kursk, Voronezh, Rostov dan Astrakhan. Pada hari Selasa, departemen militer Rusia melaporkan tiga drone lagi jatuh di wilayah Astrakhan dan satu lagi di wilayah Belgorod.

Gubernur wilayah Astrakhan Igor Babushkin menulis di saluran telegramnya tentang menangkis serangan UAV di distrik Akhtubinsky dan Znamensk, yang juga terletak di utara wilayah tersebut.

Baca Juga:  Jens Stoltenberg: Tidak ada konsensus mengenai keanggotaan Ukraina di NATO

Di kota Znamensk di Astrakhan, tingkat bahaya teroris diberlakukan “sehubungan dengan kedatangan UAV jenis pesawat terbang,” kata kepala kota, Oleg Glotov. Znamensk dianggap sebagai pusat administrasi dan pemukiman tempat uji coba rudal Kapustin Yar Rusia. Pasca serangan UAV, kedatangan dan keberangkatan dari bandara Astrakhan untuk sementara dibatasi.

Gubernur wilayah Rostov Vasily Golubev melaporkan kebakaran di gardu listrik di distrik Rodionovo-Nesvetaysky sebagai akibat dari “serangan besar-besaran” oleh UAV. Kepala wilayah Volgograd, Andrei Bocharov, menginformasikan bahwa akibat serangan drone, sebuah depo minyak dan gardu induk di kota Kalach-on-Don terbakar.

Dalam sebagian besar kasus, Kyiv belum mengomentari laporan tersebut sejak awal invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina. Pada hari Senin, Presiden Ukraina Vladimir Zelensky mengatakan Kyiv akan membalas penembakan rumah sakit anak-anak Okhmatdyt di ibu kota Ukraina selama serangan rudal Rusia pada 8 Juli.

Baca Juga:  Hasil Austria vs Prancis di Piala Eropa 2024 Bertahan 1-0, Karena Gol Bunuh Diri

Pada tanggal 9 Juni 2024, Direktorat Intelijen Utama Ukraina mengumumkan bahwa Angkatan Bersenjata Ukraina untuk pertama kalinya berhasil menembak jatuh pesawat tempur Su-57 Rusia. Ini adalah pesawat tempur paling modern yang digunakan tentara Rusia. Intelijen Ukraina mengklaim bahwa serangan itu dilakukan di pesawat di lapangan terbang Akhtubinsk di wilayah Astrakhan – sekitar 600 kilometer dari garis depan.

(m/ci)

Berita Terkait

UE memperpanjang sanksi ke Iran selama satu tahun, karena dukung Rusia
Ukraina tidak akan menerima undangan dan keanggotaan NATO sebelum perang berakhir
Analisis audio sebut tiga jenis senjata ditembakkan pada rapat umum Trump
62 hektare hutan terbakar di wilayah Krasnodar Rusia
NATO tidak akan menembak jatuh pesawat Rusia di wilayah udara Ukraina
Latihan bersama angkatan laut Rusia dan Tiongkok dimulai
Trump diselamatkan oleh satu gerakan kepala yang dia lakukannya saat penembakan
Upaya pembunuhan terhadap Trump meningkatkan peluangnya untuk menangkan pemilu AS
Berita ini 12 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 15 Juli 2024 - 23:48 WIB

UE memperpanjang sanksi ke Iran selama satu tahun, karena dukung Rusia

Senin, 15 Juli 2024 - 22:36 WIB

Ukraina tidak akan menerima undangan dan keanggotaan NATO sebelum perang berakhir

Senin, 15 Juli 2024 - 21:06 WIB

Analisis audio sebut tiga jenis senjata ditembakkan pada rapat umum Trump

Senin, 15 Juli 2024 - 19:26 WIB

NATO tidak akan menembak jatuh pesawat Rusia di wilayah udara Ukraina

Senin, 15 Juli 2024 - 19:03 WIB

Latihan bersama angkatan laut Rusia dan Tiongkok dimulai

Berita Terbaru

AFP melalui Getty Images

Olahraga

Pendapatan timnas dari Euro 2024 pun mulai diketahui

Senin, 15 Jul 2024 - 23:28 WIB