Dunia

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy Berkunjung ke Polandia

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy dan ibu negara Ukraina Olena Zelenska berfoto di Istana Kepresidenan di Warsawa, Polandia, 5 April 2023. REUTERS/Aleksandra Szmigiel

Mercinews.com – Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, Rabu (5/4/2023) mengunjungi negara tetangganya, Polandia, untuk bertemu dengan para pemimpin dan anggota masyarakat Polandia serta pengungsi Ukraina di sana.

Para pejabat Polandia mengatakan pembicaraan Zelenskyy dengan Presiden Andrzej Duda dan PM Mateusz Morawiecki akan mencakup diskusi mengenai konflik di Ukraina serta dukungan dan kerja sama internasional.

Polandia telah menjadi sekutu utama bagi Ukraina. Badan pengungsi PBB mengatakan ada 1,5 juta pengungsi Ukraina yang telah mendaftar untuk mendapatkan status perlindungan sementara di Polandia.

Polandia juga menjadi pusat utama bagi mitra-mitra Ukraina lainnya untuk mengirimkan bantuan militer dan kemanusiaan.

Bantuan AS

AS memberi Ukraina paket bantuan militer senilai $2.6 miliar yang mencakup amunisi untuk sistem pertahanan udara Patriot dan tiga radar pengintai.

Baca Juga:  Rusia Melancarkan Serangan Rudal besar-besaran ke Ukraina

Paket itu juga mencakup ratusan ribu amunisi serta peluru artileri 155 mm dan 105 mm, yang dengan segera berkurang karena digunakan pasukan Ukraina dalam menghadapi invasi ilegal Rusia.

“Amunisi untuk HIMARS, untuk pertahanan udara, artileri, adalah apa yang kami butuhkan,” kata Zelenskyy dalam pidato hariannya, Selasa malam (4/4). “Terima kasih Mr. Presiden Biden, terima kasih Kongres, terima kasih setiap orang Amerika!”

Seorang pejabat senior pertahanan, yang berbicara hari Selasa dengan syarat anonim, mengatakan, peralatan baru dalam paket itu, seperti sembilan truk senjata 30 mm dapat “mendeteksi dan mencegat drone seperti Shahed buatan Iran” yang sekarang ini digunakan Moskow dalam pertempuran.

Paket bantuan bernilai sekitar $500 juta yang diumumkan hari Selasa akan menyediakan amunisi dan peralatan yang berasal dari cadangan militer AS, dengan menggunakan kewenangan presiden untuk pengeluaran tersebut.

Baca Juga:  Foto Baru Bocoran dokumen "rahasia" tentang kegiatan NATO di Ukraina muncul di China

Paket lain senilai $2,1 miliar akan digunakan untuk membeli amunisi dan senjata bagi Ukraina pada masa mendatang.

AS hingga kini telah menjanjikan bantuan keamanan bernilai lebih dari $30 miliar untuk Ukraina sejak invasi Rusia.

Kalau dilihat persentasenya berdasarkan PDB negara donor, AS menduduki peringkat ke-10 dalam donasi keamanannya untuk Kyiv. [m/c]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top