Dunia

Presiden Prancis Emmanuel Macron Minta Israel Tak Balas Serangan Iran

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (kanan) menyambut Presiden Prancis Emmanuel Macron sebelum pertemuan di Yerusalem pada 24 Oktober 2023. (Foto: AFP)

Paris, Mercinews.com – Presiden Prancis Emmanuel Macron menyebut serangan Iran terhadap Israel tidak proporsional. Kendati demikian, dia meminta Israel tidak melakukan serangan balasan.

Dilansir Al Jazeera, Senin (15/4/2024) Prancis ingin menghindari eskalasi di kawasan timur tengah. Oleh karena itu, dia meminta Israel menahan diri.

“Kami akan melakukan segala yang kami bisa untuk menghindari eskalasi dan meyakinkan Israel bahwa mereka tidak boleh membalas serangan Iran dengan eskalasi lebih lanjut,” kata Macron kepada media Prancis.

Prancis akan berdiri di sisi Israel untuk ‘memastikan perlindungannya’. Macron mengatakan dia akan berbicara dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu hari ini.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Inggris David Cameron juga mendesak Israel untuk tidak membalas, dengan mengatakan bahwa fokusnya harus tetap pada gencatan senjata di Gaza.

Baca Juga:  Pusat Produksi Militer Rusia Dilanda Banjir Terburuk di 2024

“Jika Anda duduk di Israel pagi ini, Anda berpikir dengan benar bahwa kami mempunyai hak untuk menanggapi hal ini dan mereka memang berhak melakukannya. Namun kami mendesak agar konflik tidak meluas,” kata Cameron kepada Sky News.

“Dalam banyak hal, ini merupakan kekalahan ganda bagi Iran. Serangan tersebut hampir gagal total, dan mereka mengungkapkan kepada dunia bahwa mereka adalah pengaruh jahat di wilayah tersebut. Jadi harapan kami adalah tidak akan ada tanggapan balasan,” ungkapnya. []

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top