Daerah

Pasar Rakyat Lamno Aceh Jaya Resmi Difungsikan, Gratis biaya sewa selama setahun

Foto: dok.istimewa/ (Mercinews.com/ Pemko Aceh Jaya)

Aceh Jaya, Mercinews.com – Pj. Bupati Aceh Jaya Nurdin memfungsikan pasar yang sempat terbengkalai bertahun-tahun. Warga yang berjualan di sana digratiskan biaya sewa selama setahun.

Dua pasar yang difungsikan adalah Pasar Rakyat Lamno Glee Mah, Gampong Bah Paoh dan Pasar Rakyat lamme Kecamatan Jaya. Kedua pasar itu dibangun dalam waktu berbeda menggunakan dana bersumber dari APBN.

Pasar Rakyat Lamno di Glee Mah seluas 1.046 meter persegi dibangun pada tahun 2015 dengan anggaran Rp 5 miliar.

Pasar itu belum pernah difungsikan sejak dibangun. Sementara Pasar Rakyat Lamme dengan luas 520 meter persegi dibangun tahun lalu.

“Dengan launching pasar rakyat ini para pedangang bisa berjualan lebih nyaman dan kemudian masyarakat juga bisa mendapatkan barang-barang yang di butuhkan di tempat yang nyaman,” kata Nurdin dalam keterangannya, Kamis (16/3/2023).

Baca Juga:  Pesawat Kargo Trigana Air Mendarat di Bandara Rembele Bener Meriah

Nurdin mengatakan, dengan diresmikannya pasar tersebut diharapkan dapat menggerakkan perekonomian masyarakat setempat serta mengendalikan laju inflasi. Pasar disebut memiliki peran yang strategis dalam mendukung perekonomian rakyat.

Revitalisasi dan pembangunan pasar rakyat merupakan bentuk perhatian Pemerintah Aceh Jaya kepada para pedagang, agar pemulihan dan peningkatan ekonomi dapat berjalan lebih cepat,” jelasnya.

“Untuk mengerakan perekonomian masyarakat ini harus selalu melihat pada beberapa faktor. Pasar adalah di hilirnya tempat dilakukan transaksi penjualan produk produk masyarakat Aceh Jaya kepada konsumen,” lanjutnya.

Sementara di sisi hulunya, kata Nurdin, harus ada perbaikan dengan berbagai upaya agar produksi barang-barang masyarakat dapat lebih meningkat. Peningkatan baik dari sisi jumlah dan memperbaiki kualitas barang-barang yang dihasilkan lewat pemanfaatan teknologi yang sesuai dengan produk tersebut.

Menurutnya, ada 18 pasar di Aceh Jaya yang belum berfungsi secara maksimal. Delapan di antara pasar itu terbengkalai dan rencananya akan segera difungsikan.

Baca Juga:  Ini Tanggapan Pj Bupati Aceh Jaya terkait mantan GAM minta pengadaan lahan

“Hari ini launching dua pasar rakyat yang udah lama mangkrak, ada satu pasar rakyat yang sedang direhab, yaitu di Babah Ngom. Sisanya akan ada lima pasar rakyat lagi yang akan difungsikan juga untuk seluruh kabupaten Aceh Jaya,” jelasnya.

(m/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top