Daerah

Jalan Terjal Jadi Mulus Hasil TMMD ke 119, Terimakasih Kodim Abdya

Foto : Prajurit Kodim 0110 Abdya sedang membuka jalan ke area perkebunan masyarakat di Alu Manggota ( Jimy pratama/Mercinews.com)

BLANGPIDIE (MERCINEWS.COM) – TNI Manunggal Membangung Desa (TMMD ) 119 Kodim 0110 Abdya wujudkan impian masyarakat Gampong Alu Manggota. Senin (04/03)

Impian itu berupa pembukaan akses jalan menuju pegunungan atau tempat lahan perkebunan masyakat yang merupakan sumber mata pencaharian warga dengan panjang jalan 3 kilometer lebih di atas pegunungan.

Jalan ini memungkinkan warga untuk memobilisasi hasil kebun dengan lebih mudah dari sebelumnya.

Sebelumnya, warga Alue Manggota harus menghadapi tantangan berat. Jalan setapak yang curam dan licin menjadi satu-satunya akses menuju kebun mereka.

Hasil panen tidak dapat diangkut dan dipasarkan secara maksimal karena keterbatasan akses jalan yang bagus.

Namun, berkat pembukaan jalan oleh TMMD, semangat berkebun kembali menggeliat. Tanaman produktif yang selama belasan tahun terlantar kini bisa dipetik hasilnya.

Herman salah satu warga setempat, mengungkapkan kegembiraannya. “Inilah hasil sawit yang dulu terlantar. Bisa tanam tapi tidak bisa panen, karena tidak ada jalan,” katanya.

“Jangankan mobil, motor, kereta sorong pun tidak bisa karena letaknya di lereng gunung,” ujarnya, Senin (3/3).

Dengan adanya akses jalan baru, semangat masyarakat dalam berkebun meningkat drastis.

Di bahkan menyebutkan, dengan terbukanya jalan itu harga jual tanah di wilayah tersebut naik secara signifikan.

“Kalau sudah ada jalan seperti ini, ramai kali yang minta beli. Dulu kita jual murah pun tidak laku. Sekarang, Insyaallah,” . Sebutnya

Keberhasilan ini mendapat apresiasi tinggi dari masyarakat Alue Manggota. Mereka mengucapkan banyak terima kasih kepada Kodim Abdya dan Pemerintah Daerah.

“Terimakasih kepada Kodim 0110 Abdya bersamaan Pemkab karena telah menghadiahkan jalan impian yang berdampak positif pada perbaikan ekonomi warga,”.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top