Dunia

Bangun Ka’bah Baru, Arab Saudi Dikritik Keras, Disebut Tanda Kiamat

The Mukaab. Ummid.com

Jakarta, Mercinews – Arab Saudi kembali geger. Ini karena proyek ambisius Putra Mahkota sekaligus Perdana Menteri (PM) Arab Saudi, Mohammed Bin Salman (MBS).

Kamis pekan lalu, ia meluncurkan proyek pembangunan ambisius di pusat kota Riyadh. Proyek itu digarap Perusahaan Pengembangan Murabba Baru (NMDC) yang langsung dipimpin olehnya, didukung Dana Investasi Publik (PIF) Arab Saudi.

Mengutip Middle East Eye Senin (20/2/2022), pusat kota futuristik itu akan berada di area 19 kilometer persegi. Di tengahnya akan ada “The Mukaab”, yang diterjemahkan menjadi kubus.

The Mukaab ini mencakup 104.000 unit hunian, 9.000 kamar hotel, lebih dari 980.000 meter persegi ruang ritel dan 1,4 meter persegi ruang kantor. Mukaab akan cukup besar untuk menampung 20 gedung seperti Empire State di Amerika Serikat (AS).

Baca Juga:  Langkah China Damaikan Arab Saudi dan Iran Ubah Timur Tengah, Bikin AS Terpukul

Namun The Mukaab banyak dicemooh oleh pengguna media sosial. Mulai dari menyamakannya dengan Star Wars, menyebutnya mirip Ka’bah dan upaya meniru serta menghancurkannya serta tanda kiamat.

Saya ingin tahu berapa banyak yang telah dibayarkan Saudi @McKinsey untuk menghasilkan semua kartun media sosial ini untuk pemirsa Barat kota-kota Star Wars yang tidak akan pernah benar-benar ada,” kata salah satunya, akun @AliR_Ahmadi, seorang pengamat di Gulf State Analyt.

“Tampaknya (MBS) sedang membangun Ka’bahnya sendiri. Apakah dia akan menjadikan ini kiblat baru untuk para jemaahnya,” ujar akun @asadabukhalil.

“Dalam sejarah, setiap orang yang ingin meniru Ka’bah dan menarik perhatian ke bangunan lain yang mirip Ka’bah atau mencoba menghancurkan Ka’bah memiliki takdir yang buruk. Mereka tahu ini tapi masih berani melakukannya.

Baca Juga:  Markas Besar Intelijen Ukraina Dibombardir Rudal Rusia

Sangat sedih bagi kami umat Islam untuk melihat di tangan siapa tempat paling suci,” tulis akun @UniverseMuslim.

“Nabi Muhammad (SAW) mengatakan salah satu tanda kiamat adalah bahwa Anda akan melihat ‘para gembala bersaing dalam membangun gedung-gedung tinggi,” cuit pengguna Twitter @2015 Jmr seraya menggaitkan dengan unggahan PIF.(*)

Follow Berita Mercinews di Google News

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top