Nasional

Rp25 Miliar Donasi MUI untuk Palestina

(Foto: MINA/Afta)

Mercinews.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyalurkan donasi bantuan untuk Palestina sejumlah Rp.25 miliar melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Sekjen MUI, Buya Dr. Amirsyah Tambunan mengapresiasi partisipasi semua pihak dalam penitipan donasi tersebut. Penyerahan donasi secara simbolis diselenggarakan di Kantor Pusat MUI Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Senin sore (6/11).

Donasi tersebut, terdiri dari Rp23 miliar dari dana yang sebelumnya untuk pendirian Rumah Sakit Indonesia Hebron (RSIH) di Kota Hebron, Palestina.

Sebanyak Rp2 miliar lainnya, diperoleh dari penggalangan donasi pada Aksi Akbar Bela Palestina di kawasan Monas, Ahad (5/11).

Donasi pembangunan RS Indonesia di Hebron dialihkan mengingat perkembangan kemanusiaan, dengan mendahulukan aspek maslahat, ujar Buya Amirsyah.

“Kami akan rapat khusus dengan Panitia Pembangunan RSIH, bersama Baznas supaya secara teknis, prosedural, dan tepat sasaran, supaya kami bisa melaporkan kepada publik,” ujarnya.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Buka Suara soal Putusan Pilpres 2024 yang Dibaca MK Hari Ini

“Kami ingin saluran donasi yang sasaran tepat, akuntabel, transparan serta dapat dipertanggungjawabkan, yaitu melalui lembaga pemerintah Baznas,” lanjutnya.

Sementara itu, dalam kesempatan sama, Rizaludin Kurniawan, Pimpinan Baznas RI Bidang Pengumpulan mengatakan, lembaganya menyambut baik kepercayaan MUI kepada Bznas.

Rizaludin mengatakan, pembangunan RSI di Hebron mengalami sejumlah kendala. Selain itu, kondisi darurat kemanusiaan di Gaza saat ini menjadi alasan lain pengalihan alokasi bantuan tersebut.

Menurutnya, perlu minta izin kepada penyumbang, baik MUI dan lembaga terkait. “Apabila sudah sepakat, insya-Allah bisa kita alihkan donasi tersebut ke Gaza,” ujarnya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada MUI yang telah menitipkan donasinya melalui Baznas. Insya Allah Baznas dalam menyalurkan dana bantuan umat memegang prinsip aman secara syar’i, aman secara regulasi, dan aman secara NKRI,” ujarnya.

Baca Juga:  MER-C Kirim Tim Bantu Korban Banjir lahar Dingin dan Tanah Longsor di Sumbar

Dia menambahkan, Baznas telah mengirimkan bantuan tahap pertama yang dilepas Presiden RI Joko Widodo dan saat ini bantuan telah sampai di Bandar Udara El Arish, Mesir, untuk segera disalurkan masuk ke Gaza melalui pintu Rafah. (RH)

Sumber: Mi’raj News Agency (MINA)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top