Dunia

Setahun Perang Rusia-Ukraina, Menara Eiffel dan Gedung Uni Eropa Nyalakan Lampu biru, kuning

Menara Eiffel dihiasi dengan cahaya warna biru-kuning yang merupakan warna bendera nasional Ukraina untuk menandai peringatan satu tahun invasi Rusia ke Ukraina, di Paris, Prancis, 23 Februari 2023. REUTERS/Sarah Meyssonnier

Jakarta, Mercinews.com – Paris menyalakan Menara Eiffel dengan warna biru-kuning bendera Ukraina pada Kamis, (23/2/ 2023). Itu menandai satu tahun perang antara Ukraina dan Rusia.

Menara itu merupakan salah satu landmark yang paling banyak dikunjungi di dunia. Tak lama setelah matahari terbenam pada Kamis,menara ikonik di ibu kota Prancis itu diselimuti cahaya biru dan kuning.

Bagian atas menara Eiffel bermandikan warna biru dan bagian bawahnya berwarna kuning. Ditambah dengan lampu sorot putih menara yang biasa berputar di atasnya. “Glory Ukraina!” cuit Wali Kota Paris Anne Hidalgo dalam bahasa Ukraina.

Prancis adalah salah satu negara sekutu Ukraina. Kementerian pertahanan Prancis mengatakan pekan lalu bahwa gelombang pertama kendaraan lapis baja AMX-10 yang dijanjikan Presiden Emmanuel Macron akan dikirimkan dalam beberapa hari.

Baca Juga:  Polandia ingin mengerahkan pasukan NATO di Ukraina

Sementara itu, di Inggris, warga London juga berkumpul di Trafalgar Square untuk mengadakan peringatan atas invasi Rusia ke Ukraina.

“Besok adalah hari peringatan invasi besar-besaran Rusia ke negara saya, inilah mengapa saya pikir saya tidak bisa tinggal di rumah,” kata Olena Iliuk, seorang warga Ukraina berusia 18 tahun pada peringatan tersebut.

Di Brussel, gedung-gedung Uni Eropa termasuk Gedung Parlemen dan Komisi Eropa juga menyala dengan warna bendera Ukraina.

Setahun lalu, pada 24 Februari 2022, Rusia memulai invasi ke Ukraina. Peperangan tak berhenti sejak hari itu dan telah membuat korban berjatuhan dari kedua pihak. Perang itu juga membuat kondisi perekonomian dunia terpengaruh.(*)

Sumber: Tempo

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top