Ekonomi

Sandiaga: Cokelat Sabang jadi salah satu produk andalan Pulau Weh

saat menjelaskan tahapan produksi cokelat, di Aula Lantai IV Kantor Wali Kota Sabang, Rabu (12/4/2023). (ANTARA/HO-Humas Pemkot Sabang)

Sabang, Mercinews.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno menyebut cokelat Sabang merupakan salah satu produk andalan di daerah Pulau Weh itu, dan perlu terus dikembangkan dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi kreatif masyarakat.

“Ternyata ada produk andalan yang bisa kita kembangkan di Sabang, yaitu cokelat Sabang. Tadi kita melihat saudara Melan mengolah cokelat yang sudah memiliki indeks geografis Sabang,” kata Sandiaga Uno di Kota Sabang, Rabu. (12/4/2023)

Hal itu disampaikan Menparekraf didampingi Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi dalam kegiatan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia di Kota Sabang.

Sandiaga mengatakan, cokelat Sabang bisa dikembangkan dengan kemasan yang lebih menarik, hingga bisa ditawarkan sebagai suvenir, bukan hanya di Kota Sabang, tapi juga di Aceh secara keseluruhan.

Baca Juga:  Sandiaga Uno Pamit dari Gerindra, Ini Kata Prabowo

“Kita harapkan dengan workshop ini, produknya semakin meningkat. Pada suatu saat nanti sebagai Kota Kilometer Nol Indonesia, ini juga bisa diajukan menjadi UNESCO creative citizens,” ujar Sandiaga Uno.
Menparekraf juga memotivasi dan mendorong para pelaku ekonomi kreatif Kota Sabang agar dapat terus berkembang dan berkarya dalam upaya mendorong kebangkitan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja yang lebih luas.

“Jadi yang dikembangkan oleh pelaku ekonomi kreatif ini harus memiliki nilai tambah yang besar sehingga mereka bisa membuka usaha dan lapangan pekerjaan di Kota Sabang,” ujarnya.

Untuk diketahui, Sabang merupakan lokasi keempat dari rangkaian program Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia tahun 2023. Kegiatan ini diikuti pelaku ekonomi kreatif di Sabang dengan jumlah peserta sebanyak 150 orang.

Pelatihan ini menghadirkan Ilham Pinastiko sebagai narasumber untuk berbagi pengalaman, memberi materi pembelajaran terkait Strategi Pengembangan Bisnis dan Inovasi Pemasaran Produk.

Baca Juga:  Konsep dan Suasana yang Menyenangkan Untuk Belanja Fesyen Muslim di HIJUP Store

Selain mendorong kebangkitan ekonomi kreatif, kegiatan ini juga memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif dan pelaku UMKM, dalam mengeksplorasi serta mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif yang memiliki nilai tambah dan nilai jual yang tinggi. [m/c]

Sumber: Antara

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top