Nasional

Presiden Jokowi Minta Aturan Penyaluran Bantuan Bencana alam Disederhanakan!

Presiden Jokowi (Tangkapan layar kanal YouTube Sekretariat Presiden)

Jakarta, Mercinews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajaran kepala daerah hingga lembaga penanggulangan bencana menyederhanakan regulasi penyaluran bantuan untuk korban bencana.

Soalnya, dia sudah melihat banyak penyaluran bencana di Indonesia berjalan lamban gara-gara prosedur yang terlalu panjang.

“Sederhanakan! Buat yang paling simpel, sehingga uang atau bantuan itu segera bisa masuk ke masyarakat, tetapi segera dikontrol betul. Manajemen controlling harus dilakukan,” kata Jokowi, Kamis (2/3/2023).

Jokowi menyampaikan hal ini dalam sambutan pada pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana di Jakarta, yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden. Acara ini dihadiri oleh para kepala daerah seluruh Indonesia, Kapolri, Panglima TNI, Kepala BNPB, Kepala BPBD, hingga relawan.

Jokowi bercerita soal penyaluran bantuan bencana alam gempa di NTB, Palu, dan Cianjur. Saat itu, dia mendapati masyarakat yang merana menunggu bantuan. Padahal bantuan sudah tersedia.

“Ternyata ruwetnya setengah mati, prosedur yang harus dilalui. Ada ini, ada ini, ada ini. Kenapa sih tidak dibuat paling sederhana? Karena dalam posisi kebencanaan,” kata Jokowi.

Jokowi menyindir pembuat kebijakan kadang-kadang senang membuat banyak aturan tapi tidak simpel. Jokowi meminta Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto hingga jajaran kepala daerah untuk menyederhanakan aturan penyaluran bencana.

“Pak Gub, Pak Wali, Pak Bupati, sederhanakan! Dalam posisi bencana itu, kecepatan sangat diperlukan,” kata Jokowi. (M/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top