Dunia

Polandia melarang impor 18 produk pertanian dari Ukraina

Panen di Ukraina Foto: Alexey Furman/Getty Images

Mercinews.com – Pemerintah Polandia telah melarang impor biji-bijian Ukraina dan produk pertanian lainnya ke negara itu, kata Yaroslav Kaczynski, ketua partai Hukum dan Keadilan yang berkuasa di Polandia, pada Sabtu, 15 April 2023 seperti dilansir media DW

Menurutnya, langkah ini diperlukan untuk melindungi sektor pertanian Polandia yang terancam krisis akibat masuknya produk Ukraina yang lebih murah.

“Kami telah dan tetap menjadi teman dan sekutu Ukraina. Kami mendukungnya dan akan terus mendukungnya.

Tetapi tugas setiap negara bagian, setiap pemerintah adalah melindungi kepentingan warganya,” kata Kaczynski, seraya menambahkan bahwa Warsawa sudah bernegosiasi dengan Kiev untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Polandia melarang impor produk pertanian dari Ukraina hingga 30 Juni, produk yang berasal dari tumbuhan dan hewan dilarang – dokumen

Daftar lengkap produk yang akan dilarang impornya

Baca Juga:  AS Peringatkan Beijing Tidak Bantu Rusia dalam Invasi di Ukraina

terdiri dari 18 produk pertanian, antara lain susu, telur, sayuran, daging, produk perlebahan, dan barang lainnya

“Ini adalah kepentingan Polandia, tetapi juga untuk kepentingan Ukraina – karena bukan kepentingan teman-teman kita untuk Polandia terjun ke dalam krisis,” kata Kaczynski.

Di Kyiv, mereka menyatakan “penyesalan” setelah diberlakukannya larangan oleh Polandia

“Kementerian Kebijakan Agraria dan Pangan Ukraina menyesalkan adopsi oleh rekan-rekan Polandia atas keputusan untuk membatasi sementara ekspor ke/melalui wilayah Polandia (termasuk transit) barang-barang pertanian dari Ukraina,” kata kementerian Ukraina dalam sebuah pernyataan.

“Kami memahami bahwa petani Polandia mengalami situasi yang sulit, tetapi kami menekankan bahwa petani Ukraina berada dalam situasi yang paling sulit sekarang,” kementerian tersebut menekankan.

Baca Juga:  China kemungkinan bersiap untuk perang dengan Taiwan

Untuk mengatasi masalah tersebut, Kyiv mengajukan proposal “dalam beberapa hari mendatang” untuk menyetujui “Memorandum of Understanding” baru dengan pihak Polandia, yang mempertimbangkan kepentingan kedua negara.

Surplus produk pertanian dari Ukraina ke Polandia

Karena invasi Rusia ke Ukraina, ekspor biji-bijian dari negara tersebut melalui laut dibatasi.

Biji-bijian dan produk lainnya mulai lebih aktif diekspor melalui darat melalui Polandia, akibatnya fasilitas penyimpanan Polandia kelebihan beban.

Petani Polandia telah berhari-hari memprotes produk pertanian murah dari negara tetangga Ukraina, mengeluh tentang kerugian. Akibat protes tersebut, Menteri Pertanian Polandia Henryk Kowalczyk mengundurkan diri.

Petani Polandia dan petani lainnya di negara-negara yang berbatasan dengan Ukraina berada dalam situasi yang sangat sulit dan membutuhkan dukungan dari UE.

Karena biji-bijian, yang sebenarnya dimaksudkan untuk transit, tetap berada di negara kita, ini menimbulkan konsekuensi sistemik, finansial, dan sosial,” jelas Beata Szydlo, Wakil Ketua Fraksi Konservatif dan Reformis Eropa di Parlemen Eropa, dari Polandia.

Baca Juga:  Pasukan Khusus Inggris Ikut Bergabung di Ukraina, Isi Dokumen Rahasia AS

Sebelumnya, kepala pemerintahan Polandia, Bulgaria, Rumania, Slovakia, dan Hongaria mengajukan banding ke Komisi Eropa dengan permintaan untuk membatasi volume makanan Ukraina yang masuk ke Uni Eropa.

[m/c]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top