Pemkab Aceh Besar Gelar Pangan Murah di Ie Alang Kuta Cot Glie

Kamis, 13 Juni 2024 - 14:08 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto: Ist

Foto: Ist

Jantho, Mercinews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar melalui Dinas Pangan Aceh Besar bekerja sama dengan Perum Bulog Kanwil Aceh kembali melanjutkan gelaran pangan murah di Gampong Ie Alang, Kecamatn Kuta Cot Glie, Aceh Besar, Selasa (11/6/2024).

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, melalui Kepala Dinas Pangan Aceh Besar Alyadi mengatakan, pelaksanaan pangan murah merupakan program strategis Pemerintah dalam rangka penanganan inflasi dan stabilisasi harga bahan pokok di Aceh Besar.

“Dan ini merupakan pangan murah lanjutan Pemkab Aceh Besar yang sebelumnya juga digelar di Gampong Baet Mesjid Kecamatan Suka Makmur pada tanggal 3 Mei kemarin,” ujarnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Selanjutnya Alyadi mengatakan saat ini kondisi perekonomian rakyat sedang diuji, hingga berdampak terjadinya inflasi. Kondisi itu sangat berpengaruh akibat harga bahan pangan pokok di tengah-tengah masyarakat yang justru naik. “Dampak dari inflasi tersebut tentunya sangat membebani kemampuan keuangan rumah tangga, sehingga menyebabkan berkurangnya daya beli masyarakat terutama dari kalangan keluarga kurang mampu atau rumah tangga miskin,” katanya.

Baca Juga:  IDI Aceh kirim dokter dan perawat ke Turki bantu korban gempa

Menyikapi fenomena tersebut lanjutnya, Pemkab Aceh Besar, harus bertindak dan bergerak cepat dengan melakukan gerakan Pangan Murah. “Dengan maksud, agar masyarakat bisa mendapatkan bahan pangan pokok dengan harga yang relatif lebih murah dari harga pasar namun berkualitas,” katanya lagi.

Tujuan utama diadakannya pangan murah, menurut Alyadi sebagai upaya untuk memberikan kepastian kepada masyarakat bahwa ketersediaan dan harga barang pokok sangat aman dan terkendali. “Yang jelas persediaan kita sangat cukup dan sangat aman, harga juga masih terkendali. Seperti Bulog tidak hanya menyediakan beras SPHP (Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan) tetapi juga beras premium, masyarakat bisa menikmati dengan harga di bawah harga pasar,” jelasnya.

Baca Juga:  2 pejabat Majelis Adat Aceh dituntut lima tahun penjara terkait korupsi buku

Lanjut dia, ini sesuai dengan harapan Pj Bupati Aceh Besar untuk mencapai kesejahteraan masyarakat serta untuk meringankan beban masyarakat Aceh Besar. “Dari selisih harga inilah Pemerintah meminta untuk dapat dikurangi sehingga harga yang dipatok lebih rendah dari harga pasaran,” ujarnya.

Selain itu, ini merupakan salah satu bentuk jalinan silaturahmi, karena tanpa adanya acara ini tidak mungkin dapat bertemu.

Alyadi berharap dengan digelarnya pangan murah tersebut semoga dapat membantu meringankan beban masyarakat terkait kebutuhan rumah tangga, terutama masyarakat yang terdampak inflasi.

“Semoga dengan pangan murah ini dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak inflasi apalagi lebaran Iduladha tinggal menghitung hari,” pintanya.

Baca Juga:  13 Ketua Cabor Sepakat Kembalikan Undangan Musorkab Koni Abdya

Dalam kegiatan pangan murah tersebut, Pemkab Aceh Besar menyediakan sejumlah bahan pokok. Diantaranya, beras 5 Kg Rp50.000, minyak 2 liter Rp28.000, gula 2 kg Rp29.000 dan telur 1 papan Rp46.000.

Ada juga cabai merah merah besar 1/2 kg Rp26.000, bawang merah 1/2 kg Rp20.000 dan tepung terigu 1 kg Rp12.000 serta total dalam 1 paket Rp211.000.

Selain Kepala Dinas Pangan Aceh Besar Alyadi, tampak juga sejumlah pejabat jajaran Dinas Pangan Aceh Besar juga hadir Camat Kuta Cot Glie Zulkifli S.Sos bersama unsur Forkopincam, tokoh masyarakat dan para masyarakat pembeli gelaran pangan murah.

(mc)

Berita Terkait

Mahasiswi ini sebelum lompat dari gedung lantai 12 cari cara bunuh diri, di Internet
Menteri AHY ungkap kasus mafia tana senilai Rp3,41 triliun di Jawa Tengah
Kejuaraan Provinsi Balap Motor IMI Aceh resmi Dimulai
Amrullah Jabat sebagai PJ Bupati Aceh Timur
Pj Wali Kota dan Bunda PAUD Sabang tinjau hari pertama masuk sekolah
Operasi Patuh Seulawah 2024 di Mulai, Sekda Sulaimi Hadiri Apel Pasukan di Aceh Besar
Illiza persiapan PON Aceh-Sumut lebih siap dibanding persiapan PON di Papua
Haji Uma Bantu Biaya Pendampingan Pasien Anak Aceh Timur di Rujuk ke RSUDZA
Berita ini 15 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 15 Juli 2024 - 21:48 WIB

Mahasiswi ini sebelum lompat dari gedung lantai 12 cari cara bunuh diri, di Internet

Senin, 15 Juli 2024 - 17:19 WIB

Menteri AHY ungkap kasus mafia tana senilai Rp3,41 triliun di Jawa Tengah

Senin, 15 Juli 2024 - 16:17 WIB

Kejuaraan Provinsi Balap Motor IMI Aceh resmi Dimulai

Senin, 15 Juli 2024 - 16:04 WIB

Amrullah Jabat sebagai PJ Bupati Aceh Timur

Senin, 15 Juli 2024 - 15:50 WIB

Pj Wali Kota dan Bunda PAUD Sabang tinjau hari pertama masuk sekolah

Berita Terbaru

AFP melalui Getty Images

Olahraga

Pendapatan timnas dari Euro 2024 pun mulai diketahui

Senin, 15 Jul 2024 - 23:28 WIB