Dunia

Markas Besar Intelijen Ukraina Dibombardir Rudal Rusia

Mercinews.com – Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF) kembali melancarkan serangan ke Markas Besar Direktorat Intelijen Utama Kementerian Pertahanan Ukraina (GRU), Kiev, Rabu 21 Juni 2023 malam waktu setempat.

Kabar serangan militer Rusia ke sarang intelijen Ukraina dikonfirmasi langsung oleh Juru Bicara Direktorat Intelijen Utama Kementerian Pertahanan Ukraina, Andriy Yusov.

Yusov membenarkan adanya serangan militer Rusia ke markasnya, namun tak merinci secara jelas senjata apa yang digunakan untuk menyerang objek vital tersebut.

Politisi Ukraina itu hanya mengatakan, serangan militer Rusia sama sekali tidak menghentikan aktivitas Direktorat Intelijen Utama.

Hal utama yang perlu kita ketahui adalah ya, ada serangan. Tapi pekerjaan Direktorat Intelijen Utama tidak berhenti bahkan selama satu jam,” ucap Yusov dikutip dari Kantor Berita Rusia, RIA Novosti.

Baca Juga:  Dokumen Rahasia Militer AS dan NATO tentang Ukraina Bocor di Media Sosial

Ini bukan yang pertama kali militer Rusia menyerang properti Direktorat Intelijen Utama Ukraina. Pada 29 Mei 2023 lalu, militer Rusia juga menggempur instalasi intelijen Ukraina di Pulau Rybalsky, Dniper.

Sehari pasca serangan, mantan Wakil Dewan Perwakilan Rakyat Ukraina (Verkhovna Rada), Ilya Kiva, menyatakan kerusakan parah di kantor Direktorat Intelijen Utama di Rybalsky.

melaporkan dalam berita Jumat 16 Juni 2023, serangan rudal Rusia di Rybalsky melukai Kepala Direktorat Intelijen Utama, Mayor Jenderal Kyrylo Budanov.

Budanov dikabarkan terkapar dalam keadaan kritis, dan harus dievakuasi menuju Pangkalan Militer Rzeszow, Polandia. Budanov kemudian diterbangkan lagi ke Pangkalan Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) Ramstein, Rhineland-Palatinate, sebelum akhirnya menuju Berlin, untuk mendapatkan perawatan intensif.

Budanov adalah Kepala Direktorat Intelijen Utama Kementerian Pertahanan Ukraina, yang diyakini sebagai dalang serangan dan sabotase di Oblast (Provinsi) Belgorod, 21-22 Mei 2023.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top