Daerah

Maret Mendatang Kodim Abdya Tanam Dua Ribu Bibit Mangrove

Foto : Para prajurit TNI Kodim 0110 sedang melakukan persiapan penanaman mangrove. (Jimy pratama/ Mercinews.com)

Blangpidie (Mercinews.com) – Sejumlah prajurit Kodim 0110/Abdya menurunkan 2000 bibit tanaman mangrove ke lahan observasi di kawasan Padang Baru Kecamatan Susoh, Rabu (22/2/2023).

Diketahui, bibit pohon pantai yang didatangkan dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDAS-HL) Aceh ini diamankan untuk acara penanaman mangrove nasional pada Rabu 15 Maret mendatang .

Agenda itu akan dilaksanakan serentak seluruh Indonesia secara virtual, dipimpin langsung Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono.

Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi mengungkapkan, agenda serentak penanaman mangrove di wilayah Kodim Abdya ini akan dilaksanakan di Desa Tangan-tangan Cut Kecamatan Setia.

Penanaman tersebut akan mulai dicicil pihaknya pada Minggu depan, dengan melibatkan komponen masyarakat setempat.

“Minggu depan, penanaman mangrove di bibir pantai ini akan kita cicil. Karena mengingat jumlahnya ini tidak sedikit. Jadi, saat kick off acara simbolis nanti, itu tinggal simbolisnya saja, dengan background bibir pantai sudah tertanam mangrove,” jelasnya.

Baca Juga:  Warga amankan seorang imigran rohingya tertidur di masjid Desa Drien Kipah Abdya

Disinggung soal pemilihan lokasi tanam, Dandim mengatakan bahwa sejak jauh hari pihaknya telah melakukan maping di beberapa lokasi pantai yang rawan terhadap abrasi. Survey lokasi pun juga melibatkan koordinasi dari pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) setempat.

Acara penanaman mangrove di wilayah Abdya yang digendakan pada Rabu (15/3) mendatang dijadwalkan akan dihadiri langsung Pj. Bupati Darmansah beserta jajaran Forkopimda, para Kepala SKPK, Muspika dan komponen masyarakat.

“Harapannya output dari momen nasional ini dapat meningkatkan kesadaran kita bersama dalam menjaga dan merawat kelestarian hutan mangrove, demi kelangsungan pantai,”.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top