Mahmoud Abbas Desak Sesi Darurat DK PBB Terkiat pembantaian Israel di kamp Nuseirat

Minggu, 9 Juni 2024 - 20:17 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Presiden Palestina Mahmoud Abbas

Presiden Palestina Mahmoud Abbas

Mercinews.com – Palestina meminta sesi darurat Dewan Keamanan PBB untuk membahas pembantaian yang dilakukan pasukan Israel di kamp pengungsi Nuseirat di Jalur Gaza tengah pada Sabtu (8/6/2024).

“Presiden Palestina Mahmoud Abbas menginstruksikan utusan Palestina di PBB untuk meminta sidang darurat Dewan Keamanan PBB untuk membahas dampak dari pertumpahan darah yang dilakukan oleh pasukan Israel di kamp Nuseirat,” lapor Kantor Berita Palestina WAFA, Minggu (9/6).

Pernyataan Abbas datang setelah pengeboman besar-besaran Israel dan serangan mendadak ke kamp pengungsi Nuseirat serta area lainnya di Jalur Gaza, yang menewaskan setidaknya 210 orang dan melukai lebih dari 400 lainnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Presiden Abbas sedang melakukan komunikasi intensif dengan pihak Arab dan internasional terkait untuk mengadakan sesi darurat Dewan Keamanan PBB ini,” menurut agensi tersebut.

Mahmoud Abbas menekankan kebutuhan mendesak intervensi internasional guna menghentikan bencana kemanusiaan di Gaza dan Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur.

Dia menunjukkan bahwa Israel terus memanfaatkan kesunyian internasional dan dukungan AS untuk melakukan kejahatan yang melanggar semua resolusi sah internasional dan hukum internasional.

Baca Juga:  Pasukan Israel Diserang Ratusan Tawon di Jalur Gaza, 12 Orang Dibawa ke RS

Adapun pesawat tempur Israel mengudara di atas kepala saat jasad 109 warga Palestina, termasuk 23 anak-anak dan 11 wanita, dibawa ke Rumah Sakit Syuhada Al-Aqsa.

Khalil Degran, seorang juru bicara RS Al-Aqsa, memberitahu The Associated Press bahwa lebih dari 100 orang terluka juga dibawa masuk. Dia menyatakan total ada 210 korban tewas yang dibawa ke Rumah Sakit Al-Aqsa dan Rumah Sakit Al-Awda, merujuk pada percakapannya dengan direktur rumah sakit yang terakhir.

AP melihat puluhan jasad dibawa dari area Nuseirat dan Deir al-Balah, di tengah asap membubung di kejauhan dan kendaraan lapis baja yang melintas.

Di antara korban adalah seorang bayi. Anak-anak kecil menangis, tubuh mereka tertutup darah. Para korban tewas diletakkan di tanah di luar, beberapa tanpa alas kaki, sementara korban luka lainnya dikejar masuk.

“Seorang kerabat saya mengatakan bahwa dua sepupu kami tewas, dan dua lainnya luka parah. Mereka tidak bersalah, mereka hanya berada di rumah,” kata seseorang di tengah kekacauan.

Saat warga Palestina menjelajahi bangunan yang baru dihancurkan, seorang anak kecil duduk di atas pintu logam yang runtuh, kewalahan.

Baca Juga:  ICC akan mengeluarkan surat perintah penangkapan Netanyahu dalam 10 hari

Sebuah sumber Palastina mengatakan, pasukan Israel menargetkan kamp Deir al-Balah, Al-Bureij, Al-Maghazi, Nuseirat, dan lingkungan Zaytoun, Tel Al-Hawa di Kota Gaza.

Jumlah korban tewas akibat pengeboman Israel pada hari Sabtu di kamp pengungsi Nuseirat di Gaza tengah meningkat menjadi 210, kata Kantor Media Pemerintah di wilayah Palestina yang diblokade.

“Sekitar 210 martir dan lebih dari 400 terluka dibawa ke Rumah Sakit Al-Aqsa akibat pembantaian brutal Israel di kamp Nuseirat,” kata kantor tersebut dalam sebuah pernyataan.

Saksi mata mengatakan kepada Anadolu bahwa artileri dan pesawat tempur Israel telah melakukan serangan hebat dan intens selama berjam-jam di area timur Deir al-Balah, kamp al-Bureij dan al-Maghazi, serta berbagai lokasi di pusat, barat, dan timur kamp Nuseirat.

Saksi mata menambahkan asap hitam tebal mengepul dari semua bagian Jalur Gaza tengah akibat pengeboman udara dan artileri yang belum pernah terjadi sebelumnya dan menyasar area tersebut.

Menurut saksi mata, kendaraan militer Israel tiba-tiba merangsek masuk ke area timur dan barat laut kamp Nuseirat, bersamaan dengan pengeboman artileri yang intens yang menargetkan sebagian besar kamp tersebut.

Baca Juga:  Arab Saudi dan Iran Berdamai, Ini Reaksi Israel

Saksi mata juga melaporkan kendaraan militer Israel merangsek maju di dekat Lembah Gaza di Jalan Salah al-Din di Jalur Gaza tengah.

“Drone Israel terbang di atas kamp Nuseirat, menembak siapa saja yang bergerak di jalan-jalan kamp, ​​mengakibatkan banyak kematian dan luka-luka,” kata paramedis kepada Anadolu.

Sumber medis mengatakan kepada Anadolu bahwa puluhan korban tiba di Rumah Sakit Martir Al-Aqsa di kota Deir al-Balah akibat serangan udara dan pengeboman Israel.

Juga, saksi mata mengatakan kepada Anadolu bahwa bentrokan hebat terjadi antara kelompok perlawanan Palestina dan pasukan Israel di bagian timur Deir al-Balah, kamp Al-Bureij dan Al-Maghazi, serta utara kamp Nuseirat di Jalur Gaza tengah.

“Lebih dari 36.800 warga Palestina tewas di Gaza, sebagian besar adalah wanita dan anak-anak, dan lebih dari 83.500 lainnya terluka,” menurut otoritas kesehatan setempat.

(m/c)

Berita Terkait

Ukraina sebut Rusia berusaha mengganggu KTT dunia perdamaian kedua
Negosiasi Putin dengan Presiden Vietnam telah berakhir
Kunjungan Putin ke Vietnam mendorong kerja sama lebih lanjut antara Rusia
Kim Jong-un antar Putin naik pesawat, kunjungan ke DPRK resmi berakhir
Putin dan Kim Jong-un teken perjanjian kemitraan strategis antara Rusia dan DPRK
Tiongkok jaga jarak ketika Rusia dan Korea Utara memperdalam hubungan
Putin dan Kim Jong-un melakukan percakapan tatap muka di Pyongyang
Tentara Israel menyetujui rencana tempur untuk serangan di Lebanon
Berita ini 22 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 20 Juni 2024 - 15:39 WIB

Ukraina sebut Rusia berusaha mengganggu KTT dunia perdamaian kedua

Kamis, 20 Juni 2024 - 15:03 WIB

Negosiasi Putin dengan Presiden Vietnam telah berakhir

Kamis, 20 Juni 2024 - 02:16 WIB

Kunjungan Putin ke Vietnam mendorong kerja sama lebih lanjut antara Rusia

Rabu, 19 Juni 2024 - 17:08 WIB

Putin dan Kim Jong-un teken perjanjian kemitraan strategis antara Rusia dan DPRK

Rabu, 19 Juni 2024 - 16:04 WIB

Tiongkok jaga jarak ketika Rusia dan Korea Utara memperdalam hubungan

Rabu, 19 Juni 2024 - 15:10 WIB

Putin dan Kim Jong-un melakukan percakapan tatap muka di Pyongyang

Rabu, 19 Juni 2024 - 03:22 WIB

Tentara Israel menyetujui rencana tempur untuk serangan di Lebanon

Rabu, 19 Juni 2024 - 01:46 WIB

Jelang kunjungan ke DPRK, Jalanan Pyongyang dihiasi dengan bendera Rusia dan Putin

Berita Terbaru

Rusia dan Vietnam menandatangani sejumlah dokumen kerja sama

Dunia

Negosiasi Putin dengan Presiden Vietnam telah berakhir

Kamis, 20 Jun 2024 - 15:03 WIB

Kimmich, Jerman, memblok tembakan di menit 90 /Foto:X euto2024

Olahraga

Hasil kedua Grup A Euro 2024, Jerman Unggul 2-0 Atas Hungaria

Kamis, 20 Jun 2024 - 00:55 WIB

Kroasia Vs Albania /Foto: X euro2024

Olahraga

Hasil Kroasia Vs Albania imbang 2-2, Euro 2024

Rabu, 19 Jun 2024 - 23:58 WIB