Dunia

Bantu Iran Lawan Israel, Rusia Kirim 24 Sukhoi SU 35 dan heli tempur Mil Mi-28

Sukhoi SU 35 dan heli tempur Mil Mi-28 Rusia

JAKARTA, Mercinews.com – Pada minggu depan Iran akan menerima sejumlah pesawat Sukhoi SU 35 dari Rusia.

Sebanyak 24 Sukhoi SU 35 Rusia segera mendarat di Iran untuk hadapi Israel sebagai bentuk kerjasama antara dua negera tersebut.

Pihak Rusia mengatakan bahwa pengiriman Sukhoi SU 35 merupakan kloter pertama dalam memberikan dukungan pada Iran.

Selain mengirimkan Sukhoi SU 35, Rusia juga akan mengirimkan amunisi serta berbagai peralatan pertahanan militer lainnya dalam waktu dekat ini.

Dalam memperkuat armada angkatan udaranya, Iran juga akan mendapatkan helikopter tempur Mil Mi-28 dari Rusia.

Wakil Menteri Pertahanan Brigadir Jenderal Mahdi Farahi mengatakan bahwa Sukhoi SU 35 dan helikopter Mil Mi-28 dari Rusia nantinya akan memperkuat pesawat tempur Rusia sebelumnya yang telah dikirimkan yaitu Yakovlev Yak-130.

Baca Juga:  Video: Relawan Indonesia Saksikan Harumnya Jasad Syuhada di Gaza

Iran sendiri telah melakukan perjanjian atas Sukhoi SU 35 sejak November lalu dan akan segera menerima 24 unit pada minggu sepan.

Sukhoi SU-35 Gen 4.5 merupakan salah satu pesawat tercanggih yang dimiliki oleh Rusia dan terlah terbukti ketangguhannya saat meluluh lantahkan Ukraina.

Kedua negara ini diketahui telah menjalin kerjasama sebelumnya, di mana Iran sendiri juga telah mengirimkan sejumlah amunisi, rudal hingga drone ke Rusia saat dijatuhi embargo perdangan senjata oleh PBB.

Sejumlah amunisi serta drone Iran ini juga telah digunakan oleh Rusia dalam invasinya ke Ukraina hingga saat ini.

Dengan kedatangan 24 unit Sukhoi SU 35 ini tentunya akan semakin memperkuat angkatan udara Iran dalam menghadapi ancaman dari Israel.

Sukhoi SU 35 sendiri merupakan pesawat tempur terbaik yang diproduksi oleh Rusia, di mana yang akan dikirimkan ke Iran merupakan generasi terbarunya yang telah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih.

Bahkan dikabarkan bahwa Sukhoi SU 35 merupakan salah satu pesawat yang mampu menyusup ke pertahanan musuh tanpa terditeksi oleh radar.

Iran Perkuat Sistem Pertahanan

Brigadir Jenderal Ahmad Haghtalab yang merupakan komandan Korps Pengawal Revolusi Islam Iran atau IRGC dan bertanggungjawab atas falitas nuklir Iran mengatakan bahwa semua ancaman Israel tersebut akan ditanggapi dengan sangat serius.

Hal tersebut diungkapkannya setelah adanya serangan yang dilkukan terhadap fasilitas nuklir Iran beberapa waktu lalu.

Menurutnya, ancaman tersbeut tidak datang jail ini saja, berbagai ancaman telah diterima oleh Iran dan pihaknya akan memperkuat sistem pertahanannya.

Menurutnya saat ini fasilitas nuklir Iran sepenuhnya aman dan mereka akan menembakkan rudal yang kuat jika terancam oleh rezim Zionis.

Brigadir Jenderal Haghtalab mengatakan bahwa pihaknya telah mendapatkan informasi jika Israel berencana akan menyerang fasilitas tersebut sebagai bentuk serangan balasan.

Baca Juga:  Rusia: Perintah ICC Tangkap Putin Bodoh!

Menurut Brigadir Jenderal Haghtalab fasilitas nuklir telah diidentifikasi oleh musuh dan pihaknya mempunyai akses terhadap data yang diperlukan mengenai target Israel.

“Kami siap meluncurkan rudal yang kuat untuk menghancurkan target dalam serangan balasan,” terangnya.

Selain itu Brigadir Jenderal Haghtalab juga mengatakan bahwa pihaknya tengah mengkaji ulang tentang kebijakan operasional fasilitas tersebut untuk menjaga kemungkinan terburuk.[]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top