Ada Air Terjun Tersembunyi di Kuta Malaka Aceh Besar

Senin, 27 Mei 2024 - 16:51 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Air terjun Kuta Malaka Kabupaten Aceh Besar. Foto: AJNN/Imamatunnisa Farha

Air terjun Kuta Malaka Kabupaten Aceh Besar. Foto: AJNN/Imamatunnisa Farha

Aceh Besar, Mercinews.com – Jika berbicara wisata di Provinsi paling ujung Sumatera yakni Aceh, pasti tak akan habisnya. Keindahan yang telah diciptakan oleh sang pencipta alam, menjadikan provinsi yang dijuluki serambi mekkah kaya akan panorama alam yang begitu menakjubkan.

Tak terkecuali di Kabupaten Aceh Besar, salah satu yang menjadi surga tersembunyi ialah Air Terjun Kuta Malaka yang berada di Kawasan Samahani, Kecamatan Kuta Malaka, Kabupaten Aceh Besar. Untuk menuju kesana wisatawan harus menempuh jarak dari pusat kota Banda Aceh sekitar lima kilometer.

Sebelum menuju lokasi air terjun, wisatawan disarankan dalam kondisi fisik prima dan memastikan kendaraan yang digunakan dalam keadaan baik. Karena medan yang harus dilewati cukup curam dan sulit.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pengunjung juga disarankan untuk membawa bekal dari rumah seperti makanan dan minuman sendiri. Serta membawa perlengkapan salat karena ditempat itu tidak tersedia warung maupun tempat ibadah.

Baca Juga:  Pria Tanpa Identitas Ditemukan Tergeletak lemas Tepi Krueng Pidie Jaya

Dalam perjalanan wisatawan akan melewati jalan nasional, kemudian masuk perkampungan, hingga melewati dua anak sungai. Tak berhenti disitu, pengunjung harus melewati jalan menanjak, berkerikil hingga berkelok-kelok yang tentunya memacu adrenalin.

Air terjun Kuta Malaka terletak di ketinggian 600 meter diatas permukaan laut. Sepanjang jalan wisatawan dapat melihat keindahan alam membentang dari atas bukit. Setelah sampai ke pintu masuk, wisatawan harus menapaki 489 anak tangga menurun, lumayan membuat berkeringat.

Meski demikian, suasana alam yang sejuk, pepohonan yang rindang serta kicauan burung dan suara jangkrik menyambut para wisatawan yang baru sampai yang mulai menapaki anak tangga. Setelah cukup lelah menuruni anak tangga, mulailah terdengar gemercik air terjun dengan suasana yang lembap dan sejuk.

Baca Juga:  Putin Sebut utang AS terhadap perekonomian global sebesar $54,3 triliun

Setelah sampai, lelah selama perjalanan terbayar dengan pemandangan indah. Yang mana air TerjunKuta Malaka memiliki tujuh tingkat, masing-masing tingkat memiliki keindahan masing-masing serta memiliki ketinggian tiga hingga enam meter.

Terdapat pula telaga yang terbilang dangkal, bisa digunakan untuk mandi hingga berenang. Tempat ini juga sangat asri, banyak tumbuhan dan pepohonan yang tumbuh subur dan menjulang tinggi. Bahkan juga terdapat lumut di sekitar anak tangga sehingga harus berhati-hati agar tidak tergelincir.

Air terjun berasal dari air pegunungan yang jernih, sehingga pengunjung bisa melihat dasar telaga. Selain itu, air juga terasa sangat sejuk dikulit. Bermain air sambil piknik bersama sahabat, memberikan sensasi tersendiri yang jarang ditemukan diperkotaan. Penat selama aktivitas sehari-hari hilang dengan sendirinya.

Salah seorang pengunjung Air terjun Kuta Malaka, Cut asal Kota Banda Aceh mengatakan suasana air terjun sangat keren dan bagus. Sehingga menurutnya wajib untuk mengabadikan momen di tempat itu.

Baca Juga:  Nenek 69 Tahun Tewas Diperkosa 5 Pria di Kamar Kos

Apalagi air terjun tak cuman satu melainkan ada tujuh air terjun dengan bentuk yang berbeda-beda. Sehingga menjadi daya tarik tersendiri untuk hunting foto.

“Tempat ini bagus dan keren, suasanya sejuk, cocok untuk bersantai, main air dan piknik,” kata Cut, Senin, pekan lalu.

Cut menyarankan agar pengelolaan wisata dapat lebih ditingkatkan lagi. Karena masih belum banyak petunjuk arah dan fasilitas seperti warung yang menjual aneka makanan. Menurutnya jika terdapat penjual makanan maka akan menambah daya tarik tempat wisata ini.

“Pengolahan sampah juga harus ditingkatkan, pengunjung diharapkan tidak membuang sampah sembarangan agar alam kita dapat terjaga. Alangkah baiknya ada aksi untuk bersih-bersih tempat wisata ini,” ujarnya.”(mc)

Penulis : Imamatunnisa Farha

Sumber Berita : Ajnn

Berita Terkait

Menteri AHY ungkap kasus mafia tana senilai Rp3,41 triliun di Jawa Tengah
Kejuaraan Provinsi Balap Motor IMI Aceh resmi Dimulai
Amrullah Jabat sebagai PJ Bupati Aceh Timur
Pj Wali Kota dan Bunda PAUD Sabang tinjau hari pertama masuk sekolah
Operasi Patuh Seulawah 2024 di Mulai, Sekda Sulaimi Hadiri Apel Pasukan di Aceh Besar
Illiza persiapan PON Aceh-Sumut lebih siap dibanding persiapan PON di Papua
Haji Uma Bantu Biaya Pendampingan Pasien Anak Aceh Timur di Rujuk ke RSUDZA
Pemkot Makassar latih 1.500 remaja masjid ciptakan program kreatif dan inovatif
Berita ini 21 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 15 Juli 2024 - 17:19 WIB

Menteri AHY ungkap kasus mafia tana senilai Rp3,41 triliun di Jawa Tengah

Senin, 15 Juli 2024 - 16:17 WIB

Kejuaraan Provinsi Balap Motor IMI Aceh resmi Dimulai

Senin, 15 Juli 2024 - 16:04 WIB

Amrullah Jabat sebagai PJ Bupati Aceh Timur

Senin, 15 Juli 2024 - 15:36 WIB

Operasi Patuh Seulawah 2024 di Mulai, Sekda Sulaimi Hadiri Apel Pasukan di Aceh Besar

Minggu, 14 Juli 2024 - 12:22 WIB

Illiza persiapan PON Aceh-Sumut lebih siap dibanding persiapan PON di Papua

Berita Terbaru

Foto: Kapolres Aceh Barat AKBP Andi Kirana resmi membuka Kejuaraan Provinsi Balap Motor IMI Aceh/ (Mercinews/Pemerintah Aceh)

Daerah

Kejuaraan Provinsi Balap Motor IMI Aceh resmi Dimulai

Senin, 15 Jul 2024 - 16:17 WIB

Amrullah Pengambilan Sumpah jabatan sekaligus Pelantikan ini berlangsung di Anjong Mon Mata, Gubernur Aceh, Minggu 14 Juli 2024. pukul 11.00 / (Mercinews/ Pemerintah Aceh Timur)

Daerah

Amrullah Jabat sebagai PJ Bupati Aceh Timur

Senin, 15 Jul 2024 - 16:04 WIB