Aceh

62 etnis Rohingya Yang Terdampar di Lampanah Aceh Besar dipindahkan

imigran etnis Rohingya menuju mobil angkutan untuk dipindahkan ke lokasi penampungan sementara/ Foto/Antara

Aceh Besar, Mercinews – Sebanyak 62 etnis Rohingya kembali Terdampar di pesisir pantai Kabupaten Aceh Besar, tepatnya Gampong Lampanah, Kecamatan Seulimeum, Kamis, (16/2/2023) sekira pukul 09.00 WIB.

Terdiri dari 23 orang laki-laki dewasa , 21 orang perempuan dewasa dan 18 orang anak-anak menaiki perahu terdampar di pantai Desa Lampanah Leugah, kabupaten Aceh Besar.

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, mengatakan usai menerima informasi terkait kedatangan imigran tersebut, ia segera membangun komunikasi dengan Pemerintah Aceh.

Selain itu, juga berkoordinasi dengan Kantor Keimigrasian hingga jajaran Forkopimda Aceh Besar, IOM dan UNHCR.

Kita juga menugaskan Sekda Aceh Besar untuk turun langsung ke lapangan, guna memastikan keberadaan mereka,” kata Iswanto.

Iswanto menambahkan, pihaknya sama sekali tidak memiliki fasilitas penampungan untuk imigran tersebut. Sehingga terpaksa dievakuasi ke UPTD Dinsos di Ladong Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar

Baca Juga:  Penjabat Gubernur Puji Keindahan Hasil Kerajinan Khas Aceh Singkil

“Mereka disatukan dengan imigran Rohingya yang sudah lebih dulu datang beberapa waktu lalu,” ujarnya.

Sebelumnya Sekretaris Jenderal Panglima Laot Aceh, Miftach Cut Adek, kepada wartawan menyebutkan kapal imigran Rohingya itu mendarat sekitar pukul 09.15 WIB.

“Yang jelas dari laporan yang saya dapati, mereka terdiri dari anak-anak, perempuan, dan laki-laki dewasa,” ungkapnya, (**)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top