Ekonomi

Warga Banda Aceh Serbu Pangan Murah di Kantor Camat Baiturrahman

Warga serbu pangan murah di halaman Kantor Camat Baiturrahman, Banda Aceh. Foto: AJNN/Fitra Widya Rahma.

Banda Aceh, Mercinews – Pemerintah Aceh melalui Dinas Pangan (Dispan) setempat, mengadakan pangan murah di Kantor Camat Baiturrahman, Neusu Jaya, Kota Banda Aceh Warga pun terlihat memadati halaman tersebut.

Kepala Seksi (Kasi) Cadangan Pangan Dispan Aceh, Salman mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengendalikan inflasi dan standarisasi harga pangan di Aceh.

“Pangan murah ini akan difokuskan di tiga kota sebagai indikator pengendalian inflasi. Yakni, Banda Aceh, Lhokseumawe, dan Meulaboh.

Selain itu, turut dilaksanakan di daerah penyangga yang berdekatan dengan ketiga kota tersebut.

Komoditi yang dijual di pasar murah tersebut yakni, beras premium 10 kilogram (Kg) Rp90 ribu, telur satu papan Rp36 ribu, gula 2 Kg Rp22 ribu, minyak goreng dua liter Rp32 ribu, cabai setengah Kg Rp17 ribu, dan bawang setengah Kg Rp14 ribu.

Baca Juga:  Jokowi sambut baik minat investor Singapura terlibat pembangunan IKN Nusantara

Rata-rata subsidi itu sekitar Rp5 ribu per Kg. Ini diperuntukkan untuk seluruh warga Banda Aceh,” kata Salman, Seperti dilansir Ajnn, Rabu, (22/2/2023).

Lebih lanjut, Salman menambahkan, masyarakat sangat antusias menyambut kegiatan pangan murah tersebut, karena dapat membantu mengurangi beban biaya belanja mereka.

Tambahnya, pangan murah tersebut akan dilaksanakan sebanyak dua kali. Untuk kota Banda Aceh, selanjutnya diadakan di Kecamatan Lueng Bata, pada 23 Februari 2023.

Sementara, di Kabupaten Aceh Besar, dilaksanakan di kecamatan Krueng Barona Jaya dan Lhoknga.

“Untuk pelaksanaannya di seluruh Aceh, kita memiliki anggaran sekitar Rp1 miliar untuk kegiatan pangan murah ini. Perlu kita pahami bahwa Pemerintah hanya menanggung nilai subsidinya saja,” imbuh Salman, (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top