Daerah

Jembatan Rangka Baja di Gampong Kuta Murni Terancam Ambruk

Salah seorang warga swdang menunjukan kondisi jembatan rangka baja di Desa Kuta Murni yang sudah mulai berlubang ( Mercinews.com/ Jimy pratama)

Blangpidie (Mercinews.com) – Abutmen jembatan rangka baja penghubung Gampang Ujong Tanoh dan Kuta Murni, Kecamatan Setia, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) jebol, Senin (06/03/2023).

Abutmen itu lantaran tidak mampu lagi menahan berat beban karena  terbuat dari batang kelapa. Sekdes gampong Ujong Tanoh Zuliadi mengatakan,  jebolnya abutmen jembatan membuat kendaraan roda empat tidak bisa lagi melintasi karena ditakutkan jembatan akan ambruk.

Sedangkan untuk kendaraan roda dua masih bisa melalui sisi kiri dan kanan jembatan, namun tetap  berhati-hati, karena  bisa saja sewaktu-waktu jembatan ambruk ke dalam air.

“Jebolnya pondasi jembatan karena terkikis banjir yang setiap saat melanda desa kami apabila hujan tiba, sehingga lama-kelamaan membuat pondasi jembatan dari batang kelapa keropos,” ungkapnya kepada.

Dikatakan Zuliadi, jembatan rangka baja tersebut merupakan jembatan darurat atau jembatan sementara meskipun terbuat dari rangka baja. Oleh karena itu, kata dia, perlu secepat mungkin untuk mengatasi permasalahan tersebut supaya jembatan ambruk ke dalam air.

Baca Juga:  Kondisi Kumuh dan Termakan Zaman, Polindes Desa Lhok Gajah Belum Tersentuh Bantuan

“Jadi kalau sudah ambruk nanti kan lebih besar lagi pengerjaannya, maka dari itu perlu secepat mungkin mengatasi jembatan ini, apalagi jembatan ini merupakan akses terdekat penghubung dua gampong menuju jalan lintas nasional dan menuju ke kota Blangpidie,” sebutnya.

“Tentunya dengan jebolnya jembatan ini masyarakat meminta supaya  secepatnya segera dibangun permanen, karena jembatan ini merupakan akses antar desa,” katanya.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top