Selebritis

Ini Makna Adat Mepamit, Yang Dijalani Mahalini Jelang Dinikahi Rizky Febian

Potret Mahalini dan Rizky Febian Gelar Upacara Adat Bali Jelang Pernikahan Foto: Instagram @rfasmusic @rizkyfbian

Jakarta, Mercinews.com – Penyanyi Mahalini menjalani rangkaian prosesi adat jelang menikah dengan Rizky Febian. Salah satunya adalah prosesi mepamit.

Apa arti mepamit? Mepamit termasuk dalam rangkaian pernikahan adat Bali.

Dalam jurnal karya Ni Putu Delia Wulansari berjudul ‘Upacara Pawiwahan Dalam Agama Hindu’ karya Luh Sukma Ningsih dan ‘Bentuk, Fungsi dan Makna Tata Rias dan Prosesi Upacara Perkawinan Bali Agung di Bali,’ dijelaskan mepamit memiliki arti ‘berpamitan’ atau ‘perpisahan’.

Seperti dikutip dari detikBali, upacara mepamit biasanya dapat dilakukan untuk beberapa tujuan yang menandakan permintaan izin seseorang untuk meninggalkan tempatnya yang semula. Dalam konsep pernikahan adat Bali, upacara mepamit juga dikenal dengan upacara mejauman atau upacara metipat bantal.

Upacara mepamit memiliki makna pamitnya calon pengantin wanita (pradana) kepada para leluhurnya karena sudah atau akan menikah. Sehingga menjadi tanggung jawab keluarga dan calon pengantin pria (purusha) untuk ke depannya.

Baca Juga:  Bermula dari Sopir ditangkap Saat Antar Sabu ke Ammar Zoni

Namun, dalam perspektif lain serta hubungan beda agama antara calon pengantin, upacara mepamit juga dapat diartikan sebagai pamitnya seseorang yang akan meninggalkan kepercayaan yang semua dianutnya. Dalam hal Mahalini, pelantun Mati-matian itu berpamitan karena akan menjalani ijab kabul yang digelar secara Islam, sesuai keyakinan Rizky Febian.

Rizky Febian dan Mahalini menggelar prosesi adat Bali jelang pernikahan/ Foto: dok. Instagram @lini_febian

Mahalini dan Rizky Febian rencanaya akan melakukan ijab kabul pada 8 Mei 2024. Kelian Dinas (Kepala Lingkungan) Banjar Aseman Kawan I Gede Hardi Raharja mengungkapkan ijab kabul tersebut digelar di Jakarta. Sedangkan Banjar Aseman Kawan adalah wilayah tempat tinggal keluarga Mahalini di Badung, Bali.

Penampilan Mahalini Saat Jalani Prosesi Mepamit
Mahalini menjalani prosesi mepamit di rumahnya di kawasan Desa Tibubeneng, Kuta Utara, Badung, Bali, Minggu (5/5/2024). Rizky Febian dan keluarganya seperti ayahnya Sule dan adik-adiknya Putri Delina serta Rizwan Fadilah, turut hadir dalam upacara adat Bali tersebut.

Baca Juga:  Ayu Ting Ting dan Nagita Slavina Sama-sama Nonton Konser BLACKPINK di GBK

Mahalini yang lahir di Bali tampil cantik mengenakan kebaya khas Bali saat mengikuti prosesi mepamit. Kebaya yang dikenakan penyanyi 24 tahun itu merupakan rancangan desainer Asky Febrianti.

Mahalini melengkapi penampilannya dengan mahkota emas khas Bali. Kebaya yang dipakainya juga dihiasi selendang khas Bali berwarna pink fuchsia.

Rizky Febian dan keluarganya tampak mengenakan busana warna cokelat, serupa dengan kebaya Mahalini. Rizky memakai baju cokelat dan hiasan kepala kuning khas Bali.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top