Daerah

‘Habis Gelap, Terbitlah Jalan’

Foto : Hasbi seorang warga Gampong Alu Manggota ( Jimy pratama/mercinews.com)

BLANGPIDIE (MERCINEWS.COM) – Bagi Hasbi (50), warga Gampong Alu Manggota kecamatan Blangpidie kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), masuknya program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 Kodim 0110, adalah sebuah anugerah yang luarbiasa. Jum’at (15/03)

Jalan terjal yang selama ini ia gunakan untuk membawa hasil kebun, mulai terbuka lebar seiring masuknya program kemanunggalan tentara bersama rakyat tersebut.

“Dulu tahun 90an jalan ini sudah ada, namun baru kali dibangun melalui TNI (TMMD),” ujar dia, membuka pembicaraannya.

Berprofesi sebagai pekebun tanaman sayuran holtikutura bagi petani di Gampong itu, lelaki sepuh tersebut tahu betul perkembangan kampungnya sejak lama.

“Sebelum jalan dibangun, ke hutan bisa seharian berangkat pagi pulang sore, sekarang siang sudah pulang sebab akses jalan lebih mudah,” ujar dia.

Walhasil, dibukanya akses jalan sepanjang 3 kilometer jalan melingkar tersebut, bak oase bagi masyarakat sekitar dalam meningkatkan perekonomiannya.

“Disini rata rata penghasilan penduduknya paling banyak hasil hutan dan perkebunan”. Katanya

Selain itu juga, dia meyakini jika saat musim durian tiba akan sangat mudah dikunjungi oleh para pelancong yang ingin mencicipi durian langsung di bawah pohonnya.

“Kini makin banyak warga yang membawa kendaraan hingga ke atas bukit membawa hasil bumi,” ujarnya dengan bangga”.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top