Daerah

Evakuasi Rombongan Kapolda Jambi dari Hutan Kerinci Ditunda, Karena Kabut Tebal

Helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi mendarat darurat di hutan. (VIVA/Syarifuddin Nasution (Jambi)-tangkapan layar video)

Jambi, Mercinews – Proses evakuasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono dan rombongan yang menjadi korban kecelakaan helikopter di kawasan hutan Muaro Emat, Kerinci kembali dihentikan karena cuaca buruk.

Kapolda dan para korban lain terpaksa menginap di hutan lagi, malam ini.

“Untuk kendala saat akan melakukan evakuasi sore tadi, masalah cuaca di sekitar lokasi karena berkabut dan tidak memungkinkan untuk melakukan evakuasi.

Sehingga helikopter milik Basarnas dan Puma Milik TNI AU kembali ke Bandara Sultan Thaha Jambi,” kata Kepala Kantor Basarnas Jambi Kornelis, Senin (20/2/2023).

Dia mengungkapkan, tim SAR gabungan tak mau ambil risiko dengan kondisi yang ada. Sebab, jika dipaksakan, maka bisa berakibat fatal bagi regu penyelamat maupun korban.

Proses evakuasi korban helikopter jatuh tersebut akan dilanjutkan besok pagi. Sebanyak tujuh helikopter telah disiapkan untuk operasi penyelamatan.

Baca Juga:  Pekerjaan RTLH di Gampong Alu Manggota Hampir Rampung

“Hasil pemantauan cuaca tidak memungkinkan untuk melaksanaka evakuasi,” tambah Kasi Ops Basarnas Jambi, Manca.

Sejak sore hari ini kondisi cuaca di hutan perbukitan, Muaro Emat, Kerinci mengalami kabut tebal sehingga menutup jarak padang helikopter.

Selain itu kondisi kabut tersebut tidak memungkinkan untuk menaikan korban atau menurunkan personel.

“Evakuasi akan kita lanjutkan besok pagi,” jelasnya.

Rencananya, besok pagi, evakuasi akan dimulai pada pukul 06.00 WIB. Helikopter yang diperbantukan untuk mengevakuasi korban diparkirkan di posko Crisis Center di Merangin.

“Untuk pola evakuasi menggunakan cara hoisting untuk mengangkat korban. Perlatannya sudah kita siapkan,” tutupnya.(*)

Follow Berita Mercinews di Google News

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top