Olahraga

Babak Pertama, Indonesia Menang 2-0 Lawan Thailand

Gol menit ke-30

Phnom Penh, Mercinews.com – Timnas Indonesia U-22 ungguli Thailand 2-0 di babak pertama laga final sepakbola SEA Games 2023.

Gol tim asuhan Indra Sjafri diborong Ramadan Sananta Baik Timnas U-22 maupun Thailand memulai laga dengan hati-hati dalam laga di Stadion Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023). Kedua tim bermain rapat sehingga harus membangun serangan dengan sabar.

Timnas U-22 mendapat ancaman dari situasi tendangan bebas pada menit ke-8. Beruntung bola berhasil dihalau Bagas Kaffa sebelum disambut pemain Thailand di dalam kotak penalti.

Dua menit berselang giliran Timnas U-22 yang mengancam melalui aksi kerja sama 1-2 yang dilakukan Marselino Ferdinan dan Ramadan Sananta.

Marselino kemudian menggiring bola ke depan, lalu melepaskan tendangan yang melebar dan tinggi.

Baca Juga:  Gol Cantik Hokky ke Gawang Suriah Kemenangan Garuda Muda 1-0

Thailand membalas melalui skema umpan terobosan. Teerasak Poephimai yang lolos jebakan offside berhasil menggapai bola, tapi sudut sempit membuat tendangannya menyamping di sisi kiri gawang Timnas U-22.

Balas-membalas ancaman masih terjadi, dengan Timnas U-22 gantian melakukan percobaan. Komang Teguh membawa bola ke tengah lapangan, kemudian melepaskan tendangan jarak jauh yang masih belum tepat sasaran.

Timnas U-22 membuka keunggulan 1-0 lewat skema lemparan jarak jauh yang dilepaskan Alfeandra Dewangga pada menit ke-21. Sananta melakukan tandukkan, bek Thailand Songchai Thongcham mencoba menghalau tapi bola tetap masuk ke gawang.

Tertinggal dari Timnas U-22, Pelatih Thailand Ithsara Sritharo melakukan dua pergantian pemain sekaligus. Bukkoree Lemdee dan Achitpol Keereero digantikan oleh Phongsakon Tsirat serta Anan Yodsangwal pada menit ke-30.

Timnas U-22 terus melakukan ancaman, kali ini giliran Witan Sulaeman yang beraksi. Pemain Persija Jakarta itu melakukan cutting-inside di sisi kanan pertahanan Thailand, lalu melepaskan shooting mendatar yang bisa ditangkap Soponwit Rakyart.

Baca Juga:  Prediksi susunan Pemain Indonesia Lawan Irak perebutan Juara 3 di Piala Asia U-23

Jelang turun minum, di masa injury time, Indonesia mendapat gol keduanya. Ramadhan Sananta kembali membuat gol. Ia meneruskan umpan Rizky Ridho menjadi gol.

Thailand protes karena menganggap bola itu adalah bola fair play, usai terjadi pelanggaran di kotak penalti Indonesia. Wasit ternyata tetap mengesahkannya.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-22: 20-Ernando Ari; 2-Bagas Kaffa, 5-Rizky Ridho, 4-Komang Teguh, 13-Haykal Alhafiz; 14-Fajar Fathur Rachman, 19-Alfeandra Dewangga, 15-Muhammad Taufany, 7-Marselino Ferdinan, 8-Witan Sulaeman; 9-Ramadhan Sananta.

Thailand: 1-Soponwit Rakyart; 6-Airfan Doloh, 2-Bukkoree Lemdee (Phongsakon Tsirat 30′), 3-Chatmongkol Rueangthanarot, 4-Jonathan Khemdee; 5-Songchai Thongcham, 7-Channarong Promsrikaew, 8-Teerasak Poephimai, 10-Achitpol Keereerom (Anan Yodsangwal 30′); 17-Settasit Suvannaseat, 19-Chayapipat Supunsasuch,

[m/c]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top