393 Jamaah haji kloter pertama akan tiba di Aceh siang Ini

Rabu, 10 Juli 2024 - 13:48 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Sebanyak 393 Jamaah  terdiri dari Aceh Besar, Kota Sabang, dan petugas. Satu jemaah Sabang meninggal dunia dalam kloter ini, mulai kembali ke Tanah Air, mulai Rabu (10/9/2024

Sebanyak 393 Jamaah terdiri dari Aceh Besar, Kota Sabang, dan petugas. Satu jemaah Sabang meninggal dunia dalam kloter ini, mulai kembali ke Tanah Air, mulai Rabu (10/9/2024

Jantho, Mercinews.com – Sebanyak 393 Jamaah haji asal Aceh akan mulai kembali ke Tanah Air, mulai Rabu (10/9/2024) ini, Kloter pertama dijadwalkan mendarat di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blangbintang, Aceh Besar siang ini pukul 14:40 WIB.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Aceh, Drs H Azhari MSi sekaligus Ketua PPIH Embarkasi/Debarkasi Aceh, Selasa (9/7/2024), mengumumkan jadwal pemulangan Jemaah Haji Debarkasi Aceh (BTJ), dimulai Rabu (10/7/2024) atau 4 Muharram 1446 H.

“Tahapan pemulangan lebih singkat waktunya. Jamaah tidak lagi ikuti proses sebagaimana kedatangan dulu. Jamaah yang turun pesawat dan langsung diberangkatkan ke asrama haji,” jelasnya.

“Usai penyerahan jamaah dan barang pada petugas daerah, jamaah langsung naiki bus menuju daerah masing-masing, kecuali beberapa daerah yang jauh yang mungkin masih membutuhkan penginapan sementara di asrama haji, atau menanti jadwal penyeberangan seperti ke Simeulue,” tambah Azhari.

Untuk kloter 1, katanya, Pj Gubernur Aceh direncanakan ikut menyerahkan jamaah kloter 1 kepada petugas daerah. “Kloter 1 akan tiba dengan 393 jamaah, terdiri dari Aceh Besar, Kota Sabang, dan petugas. Satu jemaah Sabang meninggal dunia dalam kloter ini, dan seat diganti oleh jemaah tanazul atau jemaah mutasi masuk dari kloter 5,” tambah Sekretaris PPIH H Khairul Azhar SAg MSi.

Katanya, Khairul Azhar, hari ini, khusus untuk jamaah Sabang yang diterima petugas daerah, akan diinapkan semalam di asrama haji, karena mereka harus menunggu jadwal penyeberangan ke Sabang, Kamis (11/7/2024).

Baca Juga:  Pemkab Abdya mulai salurkan THR Lebaran

Kepala BKK Banda Aceh dr Ziad Batubara MPH mengatakan, saat ini hampir semua jamaah Aceh mengalami batuk-batuk. Maka salah satu kiat untuk antisipasi segala kemungkinan resiko, petugas dan penjemput mesti kenakan masker.

Langsung Dijemput Keluarga

Kemenag  Aceh Besar, Saifuddin, menjelaskan, jamaah haji Aceh Besar kembali ke Tanah Air secara bertahap mulai 10 Juli 2024

Dikatakan, jamaah haji asal Aceh Besar umumnya tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 1 dan 6. Namun, ada juga 4 jamaah cadangan yang tergabung dalam Kloter 5 dan 12. Saifuddin mengatakan, dari sebaran jamaah, 342 orang jamaah tergabung dalam Kloter 1, 2 orang di Kloter 5, 47 orang di Kloter 6 dan 2 orang di Kloter 12.

Baca Juga:  Gajah Liar Obrak-abrik Rumah di Bener Meriah

“Jadi seluruh jamaah haji asal Aceh Besar yang berangkat pada tahun ini sebanyak 393 jemaah. Kita doakan seluruh jamaah kembali dalam keadaan sehat wal afiat,” ujar mantan Kabag TU Kemenag Aceh itu.

Dia melanjutkan, keluarga jamaah dapat menjemput para jemaah di Asrama Haji Embarkasi Aceh. “Karena setelah mendarat di Bandara para jamaah akan ke asrama haji sebentar untuk acara penerimaan dan pelepasan jamaah. Semoga jadwal kepulangan ini berjalan sebagaimana dijadwalkan tidak ada hambatan dan halangan apa pun,” pungkasnya.

(mc)

Berita Terkait

Mahasiswi ini sebelum lompat dari gedung lantai 12 cari cara bunuh diri, di Internet
Menteri AHY ungkap kasus mafia tana senilai Rp3,41 triliun di Jawa Tengah
Kejuaraan Provinsi Balap Motor IMI Aceh resmi Dimulai
Amrullah Jabat sebagai PJ Bupati Aceh Timur
Pj Wali Kota dan Bunda PAUD Sabang tinjau hari pertama masuk sekolah
Operasi Patuh Seulawah 2024 di Mulai, Sekda Sulaimi Hadiri Apel Pasukan di Aceh Besar
Illiza persiapan PON Aceh-Sumut lebih siap dibanding persiapan PON di Papua
Haji Uma Bantu Biaya Pendampingan Pasien Anak Aceh Timur di Rujuk ke RSUDZA
Berita ini 21 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 15 Juli 2024 - 21:48 WIB

Mahasiswi ini sebelum lompat dari gedung lantai 12 cari cara bunuh diri, di Internet

Senin, 15 Juli 2024 - 17:19 WIB

Menteri AHY ungkap kasus mafia tana senilai Rp3,41 triliun di Jawa Tengah

Senin, 15 Juli 2024 - 16:17 WIB

Kejuaraan Provinsi Balap Motor IMI Aceh resmi Dimulai

Senin, 15 Juli 2024 - 16:04 WIB

Amrullah Jabat sebagai PJ Bupati Aceh Timur

Senin, 15 Juli 2024 - 15:50 WIB

Pj Wali Kota dan Bunda PAUD Sabang tinjau hari pertama masuk sekolah

Berita Terbaru

AFP melalui Getty Images

Olahraga

Pendapatan timnas dari Euro 2024 pun mulai diketahui

Senin, 15 Jul 2024 - 23:28 WIB