Olahraga

Timnas Indonesia U-20 Tersingkir dari Piala Asia 2023

Foto: pssi

Jakarta, Mercinews.com – Timnas Indonesia U-20 tersingkir dari Piala Asia U-20. Hasil buruk itu didapat usai bermain imbang 0-0 dengan Uzbekistan di laga terakhir Grup A.

Indonesia vs Uzbekistan digelar di Istiglol Stadium, Fergana, Selasa (7/3/2023) malam WIB. Garuda Muda gagal mencetak gol dalam laga yang tuntas 0-0.

Hasil ini membuat Indonesia tersingkir dari ajang Piala Asia U-20. Skuad besutan Shin Tae-yong cuma duduk di posisi ketiga di Grup A dengan empat poin.

Uzbekistan melaju sebagai juara grup dengan tujuh poin. Irak berhak menyandang status runner-up meski punya poin dengan Indonesia karena unggul selisih gol. Irak di saat yang bersamaan imbang 1-1 dengan Suriah.

Jalannya Pertandingan

Belum sampai lima menit pertama, Uzbekistan sudah dua kali mengancam dengan mengirim bola ke dalam kotak penalti Timnas U-20 lewat free kick dan tendangan sudut. Barisan belakang Garuda Muda mampu menangkalnya.

Baca Juga:  Kompetisi sepak bola Indonesia kembali berubah nama Liga

Timnas U-20 tampak kesulitan membangun serangan. Ketika Ronaldo Kwateh cs coba menyerang, para pemain tuan rumah langsung rapat mengepung.

Fayzzulaev punya peluang di menit ketujuh ketika Arkhan Fikri terpeleset di depan kotak penaltinya. Gelandang Indonesia itu masih bisa bertanggung jawab dan menyapu bola.

Shots on target pertama Uzbekistan dicatatkan Pulatkhuja Kholdorkhonov di menit kedelapan. Sepakannya masih mengarah ke pelukan Daffa Fasya.

Hugo Samir lakukan spekulasi di menit ke-15. Mendapat bola liar dari situasi tendangan sudut di luar kotak penalti, Hugo lepas tembakan yang diblok barisan belakang Uzbekistan, lalu percobaan keduanya masih melebar.

Peluang emas Uzbekistan di menit ke-21! Fayzzulaev menyambut umpan mendatar dari Kholdorkhonov dan melepasnya ke arah gawang, Kakang Rudianto masih bisa memblok bola.

Peluang emas lagi dari Uzbekistan di menit ke-30! Akhrorov mengejar umpan terobosan ke depan gawang, kiper Daffa dengan tenang menepis sepakan mendatar Akhrorov dengan kakinya.

Timnas U-20 mampu bertahan dengan baik. Umarali sempat punya peluang di menit akhir, tapi sepakannya masih melebar. Sampai babak pertama tuntas, skor sementara masih 0-0.

Indonesia masih kesulitan menekan Uzbekistan di 10 menit awal babak kedua. Tim tuan rumah bermain dengan sangat sabar dan Indonesia dituntut untuk bisa menang telak mengingat di laga lainnya Irak sudah memimpin melawan Suriah.

Usaha para skuad Garuda Nusantara kerap gagal saat masuk sepertiga akhir pertahanan Uzbekistan. Sampai menit ke-65, skor masih juga imbang tanpa gol dengan peluang yang minim.

Uzbakistan nyaris merobek gawang Indonesia di menit ke-73. Sebuah bola tembakan pemain Uzbekistan melebar tipis di sisi kanan gawang Indonesia.

Gawang Indonesia nyaris kebobolan di menit ke-83. Rahmonaliev Umarali melepaskan tembakan dari luar kotak penalti dan bola sempat mengenai kaki pemain Indonesia sebelum melambung untuk menghantam mistar.

Baca Juga:  Indonesia Terancam Sanksi Setelah FIFA Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Tak ada gol tercipta sampai laga tuntas. Indonesia pun tersingkir!

Susunan Pemain:

Indonesia: Daffa Fasya, Muhammad Ferrari, Kakang Rudianto, Dzaky Asraf, Doni Tri Pamungkas, Arkhan Fikri, Ronaldo Kwateh, Achmad Maulana, Robi Darwis, Hokky Caraka, Hugo Samir.

Uzbekistan: Otabek Boymurodov, Pulatov Izzatillo, Abdukodir Khusanov, Abubakir Shurov, Utamurodov Javokhir, Ortikboev Diyorbek, Saidafzalkhon Akhrorov, Rahmonaliev Umarali, Abbosek Fayzzulaev, Esanov Sherzod, Pulatkhuja Kholdorkhonov.

(m/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top