Sport

Sandiaga Uno: Penonton WSBK Tembus 59.200, Naik 15% Dibanding Tahun Lalu

Foto: Isntagram @sandiaga uno

Jakarta, Mercinews.com – Menparekraf Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa jumlah penonton selama WSBK lebih dari 59 ribu pengunjung. Terjadi peningkatan belasan persen dari tahun lalu.

“Ini kita berbicara data, barusan saya mendapatkan data dari DORNA total penonton yaitu 59.221.

Jumlah ini naik 15% dibanding 2022,” kata Sandiaga saat jumpa pers di MCI Sirkuit Mandalika, Minggu (5/03/2023).

Sandiaga mengungkapkan bahwa angka ini menjadi sejarah. Setelah tiga kali mengadakan balapan di Mandalika, jumlah penonton tetap ramai.

Kita harus bangga Mandalika terus mencetak prestasi. Mari kita dukung bersama,” tambahnya.

Sandiaga juga mengatakan bahwa pencapaian ini dalam perhelatan WSBK adalah usaha dari berbagai pihak, mulai dari masyarakat, pemerintah kabupaten hingga provinsi untuk menyukseskan WSBK 2023.

Dari Pantauan detikcom, di hari terakhir WSBK Mandalika penontonnya lebih ramai dibandingkan hari pertama dan kedua.

Di tengah panas terik, para penonton bersorak-sorai setiap pembalap melintas di sirkuit yang ada di hadapannya.

Baca Juga:  Finis Ke-5 di Race 1 WSBK Mandalika 2023, Danilo Petrucci Kegirangan

Bangku-bangku yang hari sebelumnya kosong, terisi setengah lebih. Di tengah terik, para penonton duduk di bagian yang teduh, Katanya.

Jalannya Balapan

Pembalap Aruba Racing Ducati, Alvaro Bautista juara Race 2 World Superbike (WSBK) Indonesia 2023. Ini kemenangan kedua setelah di race 1 juga jadi juara.

Balapan berlangsung pada Minggu (5/2/2023) siang WIB di Sirkuit Mandalika. Sempat terlempar ke posisi 10, sang juara bertahan mampu melesat kencang dan melewati garis finis di posisi terdepan.

Kemenangan ini membuatnya sudah memenangkan lima dari enam balapan di awal musim. Dia menyapu bersih tiga balapan di seri pembuka di Australia pekan lalu.

Sementara itu, juara WSBK 2021 dari Pata Yamaha, Toprak Razgatlioglu, mengamankan tempat kedua di Mandalika. Rider Team HRC, Xavi Vierge, melengkapi posisi tiga besar yang merupakan podium pertamanya selama berkarier di WSBK

Baca Juga:  Usai Marquez Kecelakaan Hebat di MotoGP Portugal, Rossi Trending di Twitter

Balapan yang berlangsung sebanyak 21 lap itu dipimpin oleh Toprak Razgatlioglu bergitu dimulai. Di belakangnya ada rekan setimnya Andrea Locatelli dan juga Jonathan Rea.

Namun, saat berjalan dua lap, Axel Bassani dari Motocorsa Racing menyodok ke barisan depan. Dia menyalip Toprak di Tikungan 12 dengan aksi yang mengagumkan.

Akan tetapi, satu lap berikutnya, Michael Ruben Rinaldi dari Aruba Racing Ducati mampu menyalip Bassani. Dia memimpin di depan Bassani, Alex Lowes, Rea dan Toprak, yang berada di posisi lima besar. Sementara sang juara bertahan yang merupakan rekan setimnya, Alvaro Bautista, perlahan naik ke posisi delapan setelah sempat tertahan di urutan 10.

Sial bagi Rinaldi, balapan terpaksa dihentikan pada lap ketujuh ketika dia sedang memimpin. Pasalnya terjadi kecelakaan yang cukup parah yang melibatkan Michael Van Der Mark dan Phillip Oettl sehingga bendera merah dikibarkan.

Baca Juga:  Atlet Anggar Putri Binaan KONI Aceh Wakili Indonesia di Kejuaraan Asia

Setelah balapan dimulai lagi, untungnya Rinaldi bisa berada di posisi terdepan lagi. Dia berada tepat di depan Toprak dan Bautista yang membuntutitnya dengan ketat.

Sementara itu, nasib sial dialami Rea di pertengahan balapan. Juara WSBK enam kali itu terjatuh saat menikung di Tikungan 7.

Tiga lap menjelang finis, Rinaldi masih memimpin dan diikuti oleh Bautista yang sebelumnya sukses menyalip Toprak. Bahkan, akhirnya Bautista berhasil menyalip tandemnya itu saat balapan tersisa dua lap lagi.

Pad lap terakhir, Rinaldi melakukan kesalahan fatal dengan menikung terlalu lebar. Alhasil, Toprak bisa melampauinya, begitu pula dengan Xavi Vierge.

Alhasil, Bautista pun dengan nyaman melewati garis finis di posisi terdepan dan diikuti oleh Toprak dan Vierge. Sementara Rinaldi harus puas finis di tempat keempat.

(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top