Aceh

Pemko Banda Aceh Salurkan Bantuan Rp 400 juta untuk Korban Gempa Turki

Foto:Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq (kiri) saat menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk Turki kepada Kepala BPBA Ilyas, di Banda Aceh, Selasa (7/3/2023) (Mercinews) Pemko Banda Aceh

Banda Aceh, Mercinews.com – Dalam rangka berempati terhadap bencana alam gempa bumi yang melanda negara Turki dan sekitarnya beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Banda Aceh turut menggalang donasi.

Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq mengatakan, untuk tahap awal, donasi yang terkumpul dari seluruh ASN pemko dan warga mencapai Rp 400 juta rupiah.

“Ini kita salurkan Rp 400 juta untuk tahap awal kepada Pemerintah Provinsi melalui BPBA. Tentu jasa Turki untuk Aceh ini sangat banyak dan tak terhitung nilainya. Apalagi ketika bencana Tsunami lalu.”

Hal itu diungkapkannya saat menyerahkan donasi kepada Kepala BPBA Ilyas Kazak, Selasa 7 Maret 2023, di balai kota. Turut mendampingi Sekdako Amiruddin, Kepala BPBD Rizal Abdillah, dan Kabag Isra Setdako Fahrul Razi.

Pj wali kota berharap bantuan tersebut bisa membantu rakyat Turki. “Dan seiring jalan, kita terus mengumpulkan lagi. Kita turut prihatin, dan semoga bantuan ini bermanfaat dan meringankan beban saudara kita. Kalau untuk balas jasa, ini sangat kecil. Ini sebagai bentuk solidaritas pastinya,” ungkapnya.

Baca Juga:  Sebanyak 197 rohingya di Aceh dipindahkan ke Pekanbaru Riau

Sementara itu, Kepala BPBA Ilyas Kazak, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemko Banda Aceh yang telah turut serta menyalurkan donasi bagi rakyat Turki.

“Atas nama pemprov kami mengucapkan terima kasih kepada pemko dan masyarakat Banda Aceh. Dan ini semua akan kita sampaikan atas nama Aceh tentunya,” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan, saat ini baru lima daerah kabupaten dan kota di Aceh yang sudah menyalurkan bantuan untuk Turki, yaitu Aceh Besar, Sabang, Bireun, Langsa, dan Banda Aceh.

“Rp 5 miliar totalnya (baru terkumpul), belum lagi dari DWP Aceh, Bank Aceh, dan Banda Aceh kita jumlahkan. Besok mungkin total 6 miliar. Jika semua kabupaten kota sudah menyerahkan, maka akan segera kita antarkan,” katanya.

(m/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top