Daerah

FKUB Aceh desak kepolisian usut pembakaran balai pengajian di Bireuen

Balai pengajian milik Muhammadiyah di wilayah Bireuen Aceh dikabar orang tak dikenal, di Bireuen, Selasa (31/5/2023)

Banda Aceh, Mercinews.com – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Aceh mendesak kepolisian mengusut tuntas pembakaran balai pengajian di Kabupaten Bireuen, yang terjadi beberapa waktu lalu.

Ketua FKUB Aceh HA Hamid Zein di Banda Aceh, Sabtu, (3/6/2023) pembakaran balai pengajian milik Muhammadiyah tersebut telah mencederai kerugian internal umat beragama karena mayoritas masyarakat di daerah itu muslim.

“Kami mendesak dan menaruh harapan kepada kepolisian mengusutnya, sehingga terungkap siapa pelaku dan motifnya membakar balai pengajian tersebut,” kata HA Hamid Zein.

HA Hamid Zein mengatakan balai pengajian tersebut berada di Gampong Meunasah Sangso, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen. Balai pengajian tersebut dibakar oramg tidak dikenal pada Selasa (30/5/2023).

Menurut HA Hamid Zein, betapa tidak berakhlaknya pelaku yang membakar balai pengajian itu. Tindakan pelaku sudah mencederai toleransi beragama dan membuat keresahan di kalangan umat Islam.

Baca Juga:  Tersangka Penganiaya 3 Wanita di Pandrah Bireuen dihukum 5 Bulan Penjara

Tindakan tidak bertanggung jawab tersebut juga tidak sesuai dengan prinsip dasar syariat Islam serta merusak citra moderasi beragama di Provinsi Aceh, kata HA Hamid Zein.

“Tidak hanya itu, tindakan pelaku sudah mengarah kepada bentuk penyebaran kebencian yang pada akhirnya berpotensi menyuLut permusuhan di umat beragama di daerah itu, dan ada pada umumnya,” kata HA Hamid Zein.

HA Hamid Zein juga mengatakan masalah rencana pembangunan masjid di Gampong Meunasah Sangso tersebut sudah disampaikan secara resmi kepada Penjabat (Pj) Gubernur Aceh Achmad Marzuki.

“Pj Gubernur Aceh juga sudah mengarahkan FKUB yang di dalamnya ada unsur Muhammadiyah bahwasanya untuk sementara waktu di lokasi pembangunan masjid, dibangun terlebih dahulu musala atau balai pengajian, sehingga tidak terjadi polemik berkepanjangan,” kata HA Hamid Zein

Baca Juga:  Inilah Tampang 3 Anggota TNI di Kasus Penculikan dan Pembunuhan Pemuda Aceh

[]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top