Berkat Gol Bunuh Diri, Spanyol Menang 1-0 atas Italia

Jumat, 21 Juni 2024 - 05:11 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Gol bunuh diri bek Italia Riccardo Calafiori No 5  terkena Lutut / Foto: X Euro2024

Gol bunuh diri bek Italia Riccardo Calafiori No 5  terkena Lutut / Foto: X Euro2024

Gelsenkirchenn, Mercinews.com – Spanyol memetik kemenangan keduanya di Euro 2024. Melawan juara bertahan Italia, Spanyol menang tipis 1-0 usai diuntungkan dengan gol bunuh diri pemain lawan.

Big match antara Spanyol vs Italia digelar di AufSchalke Arena pada Jumat (21/6) dinihari WIB. Gol bunuh diri bek Italia Riccardo Calafiori di babak kedua menjadi pembeda.

La Furia Roja tampil dominan di nyaris sepanjang permainan. Memiliki 57% penguasaan bola, Spanyol menciptakan 20 percobaan (8 on target). Sebanyak lima peluang emas terlahir, salah satunya dari tembakan Nico Williams yang mengenai mistar gawang Italia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sementara itu Italia kesulitan keluar dari tekanan lawan. Gli Azzurri cuma membuat empat percobaan saja, dengan satu yang mengarah ke gawang Spanyol.

Kemenangan ini memastikan Spanyol lolos ke babak 16 besar Euro 2024 sebagai juara Grup B. Spanyol mengumpulkan enam poin, unggul tiga poin dari Italia, dan lima poin dari Albania dan Kroasia. Dengan satu laga sisa di fase grup, Spanyol tak akan dapat digusur Italia karena unggul head to head.

Baca Juga:  Pelari Putri Aceh Wildatul Husna Perkuat Kontingen Indonesia dalam ASG Vietnam

Jalannya Pertandingan

Nyaris start yang sempurna dari Spanyol. Saat laga baru berjalan dua menit, crossing Nico Williams ditanduk Pedri. Gianluigi Donnarumma mesti melakukan penyelamatan bagus untuk menangkis bola ke atas gawang Italia.

Spanyol membuang sebuah peluang emas. Serangan balik Spanyol diakhiri Alvaro Morata dengan crossing dari sayap kiri. Williams menyambut bola dengan sundulan, tapi masih melenceng.

Peluang lain dari Spanyol. Morata menusuk kotak penalti, lalu melepaskan tembakan dari sudut sempit yang diselamatkan Donnarumma. Bola rebound dicecar Fabian Ruiz, tapi lagi-lagi mentah di tangan Donnarumma.

Jelang turun minum, Italia akhirnya membuat percobaan tembakan. Serangan balik cepat dengan Federico Chiesa menggiring bola dari sayap kanan. Namun, penyelesaian Chiesa melambung tinggi.

Baca Juga:  Gabungan Houthi dan Islam Irak Serang kapal Israel di pelabuhan Haifa

Skor 0-0 menandai paruh pertama pertandingan Spanyol vs Italia.

Usai jeda Spanyol ngegas lagi. Nico Williams mengalahkan penjagaan Cucurella untuk mengirim umpan tarik. Pedri meneruskan dengan tembakan dari tengah kotak penalti, bola melenceng.

Kebuntuan terpecah. Spanyol membuka skor di menit ke-55. Nico Williams melepaskan umpan silang dari sayap kiri, yang ditepis Donnarumma. Sial bagi Italia karena bola rebound membentur badan Riccardo Calafiori, sebelum masuk ke gawang sendiri. Spanyol unggul 1-0.

Saat Gol bunuh diri bek Italia Riccardo Calafiori No 5  terkena Lutut.

Hanya enam menit berselang, Spanyol hampir menciptakan gol keduanya. Tusukan Lamine Yamal diakhiri dengan sepakan melengkung. Bola melebar tipis saja dari gawang Italia.

Di menit ke-67, Italia menciptakan peluang. Bryan Cristante mengirim umpan silang dari sayap kanan, tapi timing Mateo Retegui kurang tepat sehingga bola gagal disontek.

Spanyol kian dekat dengan gol keduanya. Nico Williams mengecoh penjaganya sebelum melepaskan sepakan kencang dari tepi kotak penalti. Bola menghantam mistar gawang Italia.

Baca Juga:  Ketum PSSI Erick Thohir minta semua pihak terkait ricuh di Semarang berpikir jernih

Italia merespons dari set-piece. Tendangan penjuru Cristiante mengarah tepat ke pelukan Unai Simon.

Alex Baena dua kali mengancam pertahanan Italia di injury time. Namun, dua kali pula Donnarumma membuat penyelamatan bagus untuk menghindarkan gawangnya kebobolan lagi.

Italia memperoleh serangan terakhir dari sepak pojok. Donnarumma meninggalkan sarangnya untuk membantu serangan. Akan tetapi, tidak ada gol balasan sehingga skor 1-0 untuk keunggulan Spanyol bertahan sampai laga selesai.

Susunan Pemain

Spanyol: Unai Simon, Laporte, Dani Carvajal, Le Normand, Cucurella, Rodri, Pedri (Alex Banea 71′), Fabian Ruiz (Merino 90+4′), Lamine Yamal (Ferra Torres 71′), Morata (Oyarzabal 79′), Nico Williams (Ayoze Perez 79′)

Italia: Donnarumma, Bastoni, Calafiori, Di Lorenzo, Di Maro, Jorginho (Cristante 46′), Barella, Frattesi (Cambiaso 46′), Pellegrini (Raspadori 82′), Chiesa (Zaccagni 64′), Scamacca (Retegui 64′)

(m/cib)

Berita Terkait

Pendapatan timnas dari Euro 2024 pun mulai diketahui
Spanyol pemenang akhir Oyarzabal menghasilkan rekor mahkota EURO ke-4 bagi La Roja
Spanyol Juara Euro 2024: setelah berhasil mengalahkan Inggris 2-1 di final
Hasil Spanyol vs Inggris: La Furia Roja Juara Piala Eropa 2024
Hasil Final Euro 2024: Spanyol vs Inggris Imbang Tanpa Gol Babak Pertama
Hasil Euro 2024: Inggris menang atas Belanda, akan lawan Spanyol di Final
Suporter timnas Belanda menyerang bar yang ada suporter Inggris
Belanda vs Inggris, imbang 1-1 babak Pertama
Berita ini 26 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 15 Juli 2024 - 23:28 WIB

Pendapatan timnas dari Euro 2024 pun mulai diketahui

Senin, 15 Juli 2024 - 05:06 WIB

Spanyol pemenang akhir Oyarzabal menghasilkan rekor mahkota EURO ke-4 bagi La Roja

Senin, 15 Juli 2024 - 04:22 WIB

Spanyol Juara Euro 2024: setelah berhasil mengalahkan Inggris 2-1 di final

Senin, 15 Juli 2024 - 03:56 WIB

Hasil Spanyol vs Inggris: La Furia Roja Juara Piala Eropa 2024

Senin, 15 Juli 2024 - 02:57 WIB

Hasil Final Euro 2024: Spanyol vs Inggris Imbang Tanpa Gol Babak Pertama

Berita Terbaru

AFP melalui Getty Images

Olahraga

Pendapatan timnas dari Euro 2024 pun mulai diketahui

Senin, 15 Jul 2024 - 23:28 WIB