Kesehatan

Update COVID-19 di Indonesia 14 Maret: 380 Kasus Baru, Kasus Aktif Jadi 3.366

ilustrasi@ Foto

Jakarta, Mercinews.com – Di Indonesia mencatat 380 kasus baru COVID-19 hari ini, Selasa (14/3/2023). Seiring itu terdapat kasus sembuh sebanyak 251 kasus dan ada 3 pasien COVID-19 meninggal dunia.

Hingga hari ini, Indonesia mencatat total 6.739.669 kasus COVID-19 terkonfirmasi. Sedangkan kasus aktif COVID-19 hari ini tercatat ada sebanyak 3.366 kasus.

Belakangan, masyarakat banyak membahas perihal masih diperlukan atau tidaknya penggunaan masker di tempat umum. Misalnya, di transportasi umum.

Beberapa menyebut penggunaan masker sudah tidak diwajibkan, sementara beberapa lainnya beranggapan penggunaan masker masih diperlukan lantaran status kedaruratan COVID-19 di RI belum dicabut. Artinya, masyarakat masih perlu waspada terkait penyebaran virus Corona.

Menanggapi itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan saat ini Indonesia berada di masa transisi pandemi menjadi endemi. Artinya, pemerintah tidak lagi membuat intervensi terlalu banyak, namun keterlibatan masyarakat akan lebih ditekankan.

Dengan begitu, keputusan masyarakat untuk menggunakan masker atau tidak mengacu pada kondisi kesehatan masing-masing.

“Jadi kalau misalnya saya ditanya, konsisten pada program transisi kita, kita kembalikan itu lebih banyak ke masyarakat,” terangnya ketika ditemui detikcom di Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2023).

Bila masyarakat tidak nyaman, merasa dia nggak sehat, udah lama nggak divaksin sebaiknya pakai (masker),” imbuh Menkes

(m/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top