Aceh

Program Amanah cara Pemkab Nagan Raya tingkatkan ekonomi generasi anak muda

Penjabat Bupati Nagan Raya, Aceh, Fitriany

Nagan Raya, Mercinews.com – Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh mendukung penuh program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (Amanah) sebagai program pemberdayaan generasi muda Aceh yang digagas oleh Badan Intelijen Negara (BIN).

“Saya melihat potensi yang besar dalam program ini, terutama karena kegiatannya menyasar anak-anak muda. Inilah yang sangat diperlukan oleh Aceh, mengingat daerah ini merupakan salah satu yang termiskin di Sumatera,” kata Penjabat Bupati Nagan Raya, Aceh, Fitriany Farhas di Suka Makmue, Sabtu (20/4/2024).

Menurutnya, program tersebut merupakan bentuk penyediaan dan dukungan fasilitas secara nyata bagi para pelaku UMKM, industri kreatif, maupun para pemuda dalam rangka meningkatkan perekonomian di Aceh serta sebagai wadah untuk menyalurkan segala bentuk ide, kreatifitas, dan aspirasi.

Baca Juga:  Saat ziarah ke Kuburan Massal Korban Tsunami Aceh SBY Teteskan Air Mata

Kata Fitriany, pemuda adalah aset bangsa dan negara, oleh karena itu mereka harus dibekali dengan berbagai ilmu pengetahuan dan keterampilan serta memiliki kompetensi untuk membawa Aceh ke arah yang lebih maju.

Dia mengajak seluruh pihak, baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat, untuk bersinergi dalam mendukung program Amanah agar para pemuda Aceh bisa mempersiapkan diri secara matang dalam menyalurkan inovasi agar siap menghadapi persaingan secara global.

“Mari kita bersama-sama mendukung program Amanah ini agar dapat melahirkan generasi muda Aceh yang unggul dan hebat, yang dapat menjadi penopang perekonomian Aceh di masa depan,” katanya menambahkan.

Terkait Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul di Kabupaten Nagan Raya, Pj Bupati Fitriany Farhas menyadari bahwa masih kekurangan.

“Saya ingin membawa daerah ini mengembangkan potensinya, dari perikanan, pertanian, bahkan di bidang IT dan UMKM. Namun, kita kekurangan SDMnya,” katanya.

Baca Juga:  Lengan kiri diamputasi, Pj Bupati Aceh Timur Mahyuddin Selamat Dari Kecelakaan

Fitriany menyatakan bahwa sumber daya alam tidak akan optimal tanpa didukung oleh sumber daya manusia yang mumpuni, karena sumber daya alam tidak didukung oleh sumber daya manusia SDM yang berkualitas, maka tidak akan ada peningkatan ekonomi.

“Yang ingin saya gerakkan di sini sebenarnya anak-anak muda yang memiliki ide kreatif yang tinggi, karena anak-anak muda ini kan potensinya sangat besar,” demikian Fitriany.[]

Antara

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top