Aceh

Penghargaan Adipura Diarak Keliling Kota Banda Aceh

Pemko kota banda Aceh

Banda Aceh, Mercinews.com – Kota Banda Aceh meraih Piala Adipura 2022. Penghargaan tertinggi bidang lingkungan hidup, kebersihan, dan pengelolaan sampah itu, diarak keliling kota dari Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) dan finish di Lapangan Taman Sari, Rabu, 1 Maret 2023.

Sebelumnya, Piala Adipura 2022 kategori kota sedang untuk Ibukota Provinsi Aceh tersebut, diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Siti Nurbaya.

Penghargaan itu, diberikan setelah melalui lima kategori penilaiannya, yaitu untuk kota kecil, sedang, besar, metropolitan, dan Adipura Kencana.

Penjabat (Pj) Walikota Banda Aceh, Bakrie Siddiq mengajak masyarakat untuk terus menjaga kebersihan, agar kedepannya dapat kembali meraih penghargaan Adipura tersebut.

Ini hasil kerja sama instansi terkait dan tidak terlepas partisipasi masyarakat, kita melihat di jalan Daud Beureueh, sungai bersih.

Baca Juga:  Pengungsi Rohingya Kabur lagi Dari Penampungan UPTD Aceh Besar

Kedepan masyarakat diharapkan lebih patuh terhadap qanun, karena kebersihan sebagian dari iman,” katanya.

Lanjutnya, hal tersebut juga tak luput dari hasil kerja keras dari petugas kebersihan. Bahkan mereka mula mengerjakan sejak subuh, sehingga diberikan bonus sebanyak Rp889 juta.

“Tadi saya sampaikan, sesuai dengan kemampuan daerah kita berikan Rp889 juta. Angka delapan ini kalau kita beri nilai sudah nilai A ini.

Kemudian sembilan sudah mendekati sempurna, mudah-mudahan ke depan Banda Aceh dapat Adipura Kencana yang bisa bersaing dengan kota metropolitan, seperti Surabaya yang mendapatkan Adipura Kencana,” harap Bakri.

Ia berharap, untuk ke depannya seluruh stakeholder akan bahu membahu bersama warga menjaga Banda Aceh semakin bersih, indah dan nyaman.

Dalam kesempatan ini, Bakri Siddiq tak lupa mengimbau seluruh warga untuk meningkatkan partisipasi dalam rangka menjaga kota tetap bersih.

Baca Juga:  Pulang dari Bangkok Pelajar SMA Aceh Peraih Medali Disambut Kalungan Bunga

“Kita harap partisipasi masyarakat semakin meningkat, terutama ya, di lingkungan masing-masing. Mungkin mengangkut sampah tugasnya petugas, namun alangkah baiknya masyarakat meningkatkan partisipasi, minimal membersihkan sampah, memilah dan membuang ke tempat-tempat yang telah disediakan,” pinta Bakri Siddiq

“Mudah-mudahan kedepan kita akan meraih Adipura Kencana, agar bisa bersaing dengan kota metropolitan,” ucapnya.


Ia juga menghimbau kepada masyarakat, ikut membersihkan sampah dan alangkah baiknya juga berpartisipasi untuk memilahnya.

Sementara itu, petugas kebersihan, Itdzham (52) mengaku dirinya telah bekerja semenjak setelah musibah tsunami di Aceh.

“Kesadaran membuang sampah sudah mantap, mulai ada kesadaran dari masyarakat,” tutupnya.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top