Politik

Ini empat Parpol Resmi Dukung Ganjar Capres 2024

Jakarta, Mercinews.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah resmi diusung partainya yakni PDIP sebagai calon presiden (capres) 2024. Jalan Ganjar maju capres pun menguat sebab dukungan partai lain terhadapnya terus bertambah.

Berdasarkan catatan detikcom Kamis (27/4/2023), sudah ada 4 partai yang telah resmi mengusung Ganjar sebagai capres 2024. Keempat partai itu yakni PDIP, PSI, Hanura dan yang paling terbaru PPP.

PSI mendeklarasikan Ganjar lebih dulu sebelum PDIP mengumumkan capres. Untuk diketahui, PDIP memutuskan Ganjar sebagai capres pada Jumat 21 April 2023. Keputusan itu diumumkan langsung oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Setelah PDIP mengumumkan resmi, barulah Hanura dan PPP ikut mendeklarasikan Ganjar sebagai capres yang diusungnya.

Berikut rentetan waktu keempat partai politik deklarasikan Ganjar capres:

PSI

PSI memutuskan mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden atau capres di Pilpres 2024 pada Oktober 2022. PSI menyebut keputusan itu berdasarkan hasil polling Rembuk Rakyat yang telah dilakukan sejak akhir Februari 2022.

“Dari hasil rembuk rakyat itu kami mengumumkan bahwa PSI akan mencalonkan Pak Ganjar Pranowo sebagai capres di 2024,” kata Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie, Senin (3/10/2022).

Grace mengatakan Ganjar unggul dibandingkan calon lain. Dia menilai Ganjar memiliki sikap kebangsaan yang diperjuangkan PSI.

“Sejak awal Mas Ganjar unggul dibandingkan kandidat lainnya. Bagi PSI Ganjar adalah calon terbaik karena memiliki kebangsaan dan kebinekaan yang sama dengan apa yang selama ini diperjuangkan PSI,” ujarnya.

PSI mengaku tidak mengundang Ganjar Pranowo saat mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah itu sebagai capres. PSI merasa tak perlu untuk memberi tahu Ganjar. Grace Natalie membahas soal polling yang disebut PSI sebagai dasar memberikan dukungan kepada Ganjar.

“Polling Rembuk Rakyat adalah jajak pendapat publik. Yang kami tanyai adalah masyarakat. Ke sembilan nama ini kami serap dari masyarakat. Media juga memberitakan terkait program rembuk rakyat. Jadi yang saya maksud, di konpres kemarin, ke sembilan tokoh tahu bahwa sedang ada polling,” kata Grace, saat dihubungi, Selasa (4/10/2022).

PDIP

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akhirnya mengumumkan bakal capres dari partainya. Megawati mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai capres dari PDIP.

Baca Juga:  Resmi KPU Umumkan Prabowo-Gibran Pemenang Pilpres 2024

“Maka pada jam 13.45 dengan mengucapkan bismillahirrohmanirrohim, menetapkan saudara Ganjar pranowo, sekarang adalah Gubernur Jawa Tengah, sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon Presiden Republik Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan,” kata Megawati di Istana Batutulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4).

Megawati didampingi oleh Presiden Jokowi saat pengumuman Ganjar Pranowo capres PDIP. Selain itu, ada juga Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo, Ketua DPP PDIP Puan Maharani, dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Setelah Megawati mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai capres, Megawati memakaikan peci hitam Bung Karno kepada Ganjar Pranowo. Menurut Megawati, peci merupakan budaya orang Indonesia, identitas nasional.

Ganjar Pranowo diberikan kesempatan bicara usai resmi menjadi capres PDIP. Ganjar Pranowo mengaku mendapat kehormatan ditugaskan sebagai capres PDIP.

“Tentu ini adalah suatu keputusan yang diambil ketua umum melalui proses yang sangat panjang. Sebuah kehormatan buat saya mendapatkan tugas ini sebagai kader partai, di sampaing tentu tugas ini tidak mudah,” kata Ganjar di Istana Batutulis.

Hanura

Partai Hanura resmi mendukung Ganjar Pranowo untuk maju sebagai capres di Pilpres 2024. Keputusan Hanura menyusul pengumuman Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri menetapkan Ganjar Pranowo capres 2024 dari PDIP.

“Itu sebabnya tadi malam begitu setelah Ibu Mega mengumumkan di depan Presiden RI saya yakin itulah pilihan Pak Jokowi yang saya tunggu-tunggu dan saya ikut serta mendukung Ganjar Pranowo menjadi Presiden Republik Indonesia yang akan datang,” kata Ketum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) kepada wartawan di kediamannya, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (22/4).

OSO mengatakan seluruh DPD Hanura sepakat mendukung Ganjar Pranowo. Menurutnya, Indonesia membutuhkan pemimpin yang berpihak kepada rakyat dan daerah.

Saya, partai saya, Partai Hanura Republik Indonesia dengan seluruh perangkatnya, dengan Zoom tadi malam pada jam lima sore kita memutuskan bersama seluruh cabang-cabang yang ada di Indonesia ini. DPD-DPD di seluruh Indonesia menyatakan sepakat untuk mendukung Ganjar Pranowo,” ujar OSO.

Baca Juga:  Prabowo Subianto dan Surya Paloh Bertemu di Hambalang Bogor

“Jakarta bukan satu-satunya cermin, Indonesia begitu luas sekarang menjadi 38 provinsi, dan bakal akan berkembang lagi itu sebabnya kita memerlukan sosok figur yang betul-betul berpihak kepada daerah yang berpihak kepada rakyat, dari daerah untuk Indonesia,” tambahnya.

PPP

Terbaru, PPP resmi melabuhkan dukungannya untuk Pilpres 2024. PPP memilih kader PDIP, Ganjar Pranowo, sebagai capres 2024.

Pengumuman Ganjar capres PPP dilangsungkan di kompleks kediaman Plt Ketum PPP Muhammad Mardiono di Pakem, Sleman, Rabu (26/4/2023). Mardiono mengumumkan langsung pencapresan Ganjar.

“Setelah melalui musyawarah dan diskusi mendalam, dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim PPP memutuskan Bapak H Ganjar Pranowo sebagai calon presiden RI pada Pemilu Presiden tahun 2024,” kata Mardiono di lokasi pengumuman Ganjar Pranowo capres seperti dalam tayangan Youtube PPP.

PPP sebelumnya telah menyelesaikan rangkaian rapat koordinasi pimpinan nasional pada Selasa (25/4). Rakorpim tersebut memang memutuskan satu nama capres yang bakal didukung partai berlambang Kakbah tersebut.

Memang dari tahapan itu sudah diambil keputusan tapi nanti pengumuman secara resmi saya akan komunikasikan dulu dengan para pihak terkait di dalam perpolitikan ini,” kata Mardiono kemarin.

“Karena itu saya belum menyampaikan figur siapa yang diputuskan oleh rangkaian konstitusi PPP, tapi insyaallah besok akan kita umumkan kepada publik,” imbuhnya saat itu.

Respons PDIP

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyambut baik dukungan PPP terhadap Ganjar Pranowo sebagai capresnya. PDIP akan mengadakan pertemuan dengan PPP dalam waktu dekat.

“Atas keputusan PPP ini, akan ditindaklanjuti dengan pertemuan dan dialog antarkedua partai dalam waktu dekat, guna mengukuhkan kerja sama partai politik dalam sistem presidensial yang berdiri kokoh pada rakyat sebagai pemegang prinsip kedaulatan negara,” kata Hasto kepada wartawan, Rabu (26/4/2023).

Hasto menyebut PDIP menyambut baik dukungan PPP terhadap kadernya. Ia mengapresiasi penuh mengingat kedua partai politik ini memiliki hubungan yang baik.

PDI Perjuangan menyambut dukungan yang diberikan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) terhadap bakal calon presiden yang telah ditetapkan PDI Perjuangan yaitu Mas Ganjar Pranowo. Keputusan PPP ini merupakan sebuah dukungan sangat positif. PDI Perjuangan memberi apresiasi kepada PPP,” ujar Hasto.

Baca Juga:  Gibran Bahas Peluang PDIP Gabung Koalisi saat di Rumah Prabowo

Menurutnya alasan PPP mendukung Ganjar Pranowo sejalan dengan prinsip yang diterapkan partai. Bahkan, lanjut dia, amar ma’ruf nahi munkar yang diharapkan sejalan dengan nasehat Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Prinsip amar ma’ruf nahi munkar tersebut senapas dengan nasehat Ibu Megawati ke Mas Ganjar Pranowo yaitu: bijaksana dan baik, baik dan bijaksana,” sambungnya.

Penuhi Standar Etika Politik
Sementara Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah menilai adanya deklarasi terhadap Ganjar itu memenuhi etika politik. Dia berharap partai pengusung Ganjar dapat bersinergi untuk memenangkan Ganjar di Pilpres 2024.

“PDI Perjuangan menyambut baik keputusan PPP dan Hanura yang telah mendeklarasikan dukungan politiknya terhadap Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden yang telah ditetapkan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan pada Hari Kartini tanggal 21 April 2023 di Istana Batu Tulis Bogor Jawa Barat. Dukungan tersebut telah memenuhi standar etika politik karena hal itu dideklarasikan setelah partai tempat dimana Ganjar Pranowo dilahirkan dan dibesarkan sudah lebih dahulu menetapkan dan mengumumkan pencapresan Ganjar,” kata Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah kepada wartawan, Rabu (26/4/2023).

Basarah berharap partai yang mendukung Ganjar dapat membangun sinergitas positif untuk memberikan kontribusi memenangkan Ganjar dan cawapresnya nanti. “Kami berharap dukungan PPP dan Hanura tersebut akan dapat bersinergi positif dan berkontribusi untuk kemenangan Ganjar dan cawapresnya dalam pilpres 2024 yang akan datang,” ujarnya.

Basarah lantas bicara rekam jejak PPP dan Hanura yang sudah pernah bekerja sama dengan PDIP di pilpres. PDIP, kata Basarah, sadar perlunya kerja sama antarpartai politik dalam membangun bangsa dan negara sehingga PDIP membuka pintu bagi partai yang juga mendukung Ganjar.

“PPP dan Hanura tercatat sebagai partai politik yang memang sudah pernah punya rekam jejak bekerja sama politik dengan PDI Perjuangan. Saat Bu Mega menjadi Presiden tahun 2001-2004 lalu berdampingan dengan kader PPP Hamzah Haz sebagai Wakil Presidennya. Sementara Hanura sudah bekerja sama dengan PDI Perjuangan dalam Pilpres 2014 dan 2019 lalu,” ujarnya. [m/c/]

Sumber:detikcom

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top