Aceh

Harga Telur Ayam Ras di Pasar Blangpidie Terus Meroket

Foto : pasar kota Blangpidie (jimy pratama/mercinews.com)

BLANGPIDIE (MERCINEWS.COM) – Harga telur ayam ras di pasar tradisional tepatnya di Gampong Meudang Ara, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) tembus Rp55 ribu per papan.

Salah seorang pedagang di pasar tradisional Blangpidie, Khalis mengatakan naiknya harga telur tersebut sudah sejak tiga pekan yang lalu. Sebelumnya dijual dengan harga Rp48.000 per-papan.

“Sekarang telur ayam ras kita jual Rp 55 ribu per papan. Kenaikan harga ini sudah terjadi sejak tiga Minggu yang lalu hingga saat ini,” kata Khalis saat Kamis (1/6/2023).

Khalis sapaan akrab Jhon menyebutkan, naiknya harga telur ayam dikarenakan mahalnya pakan atau makanan ternak. Bahkan, telur ayam yang dipasok dari Medan, Sumatera Utara itu mengalami perubahan harga modal.

“Harga telur naik disebabkan adanya perubahan harga modal dari sebelumnya. Bahkan, dengan naiknya harga telur sehingga minat pembeli menjadi berkurang,” ujarnya.

Baca Juga:  Lagi Musim, Ini Potret Keseruan Nelayan di Abdya Panen Udang Rebon

Selain harga telur ayam, sebut Jhon, harga minyak goreng dan gula pasir juga mengalami kenaikan dari harga sebelumnya.

“Minyak goreng curah sekarang kita jual Rp26 ribu per bambu, dari sebelumnya dijual seharga Rp25 ribu per bambu. Sedangkan untuk gula pasir kita jual Rp15 ribu per kilogram dari sebelumnya dijual dengan harga Rp13 ribu per kilogramnya,” ucapnya.

“Naiknya harga minyak goreng dan gula pasir ini sudah terjadi sejak tiga pekan yang lalu hingga saat ini,” terang Jhon.

Sementara itu, Kadis Perindagkop Abdya, Amri. Ar, ST mengatakan, penyebab naiknya harga telur ayam dikarenakan kurangnya hasil produksi dari Medan, sehingga pasokan telur ke Abdya kurang.

“Naiknya harga telur dikarenakan keterbatasan bahan baku dari Medan, ditambah lagi hasil produksi dan pemasok telur juga kurang yang mengakibatkan harga telur mengalami kenaikan,” katanya.

Baca Juga:  Nelayan perlu waspada Gelombang laut capai 4 meter di Aceh

Amri menjelaskan bahwa pihaknya akan bekerja sama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan (Disperindag) Provinsi Aceh mengupayakan agar harga telur ayam dapat distabilkan kembali.

“Kita dari dinas Perindagkop Abdya akan bekerja sama dengan Disperindag Provinsi Aceh mengupayakan supaya harga telur ayam bisa stabil kembali,”.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top