Politik

Ganjar Jadi Oposisi Prabowo-Gibran, Bagaimana dengan PDIP?

Instagram @Ganjar Pranowo

Jakarta, Mercinews.com – Ganjar Pranowo telah mendeklarasikan diri sebagai oposisi pemerintahan presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

Lantas bagaimana dengan arah politik PDIP?
Ganjar mulanya bicara terkait alasan dirinya menjadi oposisi Pemerintahan Prabowo-Gibran. Dia menyebut sikapnya itu sebagai bentuk penghormatan.

“Saya menyampaikan kemarin di acara halalbihalal TPN bahwa saya menyampaikan saya tidak akan berada di dalam pemerintahan. Ini sebagai sebuah penghormatan saya kepada pemenang dan menunjukkanb sikap kepada publik, kami tidak di pemerintahan,” ucap Ganjar Pranowo di Sekretariat Barikade 98, Selasa (7/5/2024).

Kemudian, Ganjar juga menyebut Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto juga sempat menyebut sikap politiknya cerminkan sikap PDIP. “Dan Pak Hasto menyampaikan bahwa ini in-line dengan sikap dan suasana pembangunan partai,” tuturnya.

Meski begitu, Ganjar menyebut keputusan resmi PDIP baru akan disampaikan saat rakernas. “Jadi partai nanti tentu akan memutuskan pada saat di rakernas nanti,” lanjut dia.

Baca Juga:  KIP Aceh Barat tetapkan perolehan kursi ke 25 anggota DPRK terpilih 2024-2029

Sebagai informasi, PDIP akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada tanggal 24, 25, 26 Mei 2024. Itu akan jadi momentum penting untuk merumuskan sikap politik sesuai dengan dinamika politik nasional.

Lebih lanjut, Ganjar mengatakan masyarakat harus paham bahwa kontenstasi politik tidak sekadar perebutan dan pembagian kekuasaan. Hal yang penting diperhatikan adalah value dan sikap politik yang jelas.

“Dan itulah pendidikan politik yg mesti kita berikan kepada masyarakat bahwa dalam sebuah kontestasi tidak hanya sekedar berebut kursi dan dibagi-bagi tetapi ada value, ada program, dan ada sikap yg bisa kita berikan pada publik,” ujar dia.

Ganjar Deklarasi Oposisi
Ganjar Pranowo sebelumnya mendeklarasikan tidak akan bergabung di pemerintahan Prabowo-Gibran. Ganjar menegaskan dirinya akan melakukan kontrol terhadap pemerintahan.

Baca Juga:  Walaupun Kalah di Aceh, Prabowo Janji Tambah Dana Otsus Aceh 2 Persen

“Saya declare, pertama, saya tidak akan bergabung di pemerintahan ini, tapi saya sangat menghormati pemerintahan ini, dan kami akan melakukan kontrol dengan cara yang benar,” kata Ganjar saat acara Halal Bihalal TPN, di Jalan Teuku Umar Nomor 9, Jakarta Pusat, Senin (6/5/2024). (*)

detikcom

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top