Politik

17 Partai politik dan 7 Partai lokal Aceh ikut Peluncuran kirab Pemilu 2024

Foto: dok.istimewa Antara

Banda Aceh, – Menjelang setahun menuju hari pemungutan suara, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh mengikuti peluncuran Kirab Pemilu tahun 2024 secara serentak di seluruh Indonesia, Selasa (14/2/2023).

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) menggelar peluncuran kirab di tujuh titik di Indonesia. Tujuh kota yang ada di Indonesia tersebut yaitu, Aceh, Batam, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Pulau Morotai, Kupang dan Jayapura.

Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Syamsul Bahri, saat memberikan sambutan di halaman Kantor KIP Aceh mengatakan tanggal 17 Februari 2023 merupakan hari satu tahun menjelang pemungutan suara. Selama delapan bulan ke belakang banyak tahapan pemilu yang sudah dilaksanakan, antaranya menetapkan peserta pemilu yaitu partai politik termasuk partai politik lokal di Aceh.

Kemudian penetapan daerah pemilihan pemilu DPR, DPRA dan DPRK, melaksanakan badan ad hoc PPK dan PPS dan juga pembentukan pantarlih yang sedang bekerja untuk menyukseskan pendaftaran pemilih.

Baca Juga:  Ketua Umum PNA Irwandi Yusuf Antar Surat PAW Tiyong dan Fahlevi ke Ketua DPRA

“Selain itu, saat ini juga sedang berlangsung verifikasi faktual dukungan pemilih bakal calon anggota dewan daerah,” sebutnya.

Menurutnya, saat ini proses tahapan pemilu sedang berada di tengah-tengah perjalanan menuju garis finish yaitu pemungutan suara serentak yang jatuh pada Rabu (14/2/2024). Kendati demikian, masih banyak tahapan-tahapan yang masih dilalu ke depannya.

Hari ini lanjutnya, adalah hari memperingati satu tahun menjelang pemungutan suara yang ditandai dengan peluncuran kirab pemilu tahun 2024 di tujuh titik seluruh Indonesia, termasuk Aceh. Dia menyampaikan rasa bangga, karena Aceh sebagai provinsi paling barat Indonesia menjadi titik pertama pelepasan kirab pemilu tahun 2024.

“Khusus di Aceh, kirab ini nantinya akan melewati sembilan kabupaten/kota di Aceh. Setiap kabupaten/kota yang disinggahi akan dibarengi dengan kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih bagi masyarakat di masing-masing kabupaten/kota,” jelasnya.

Baca Juga:  PDIP Aceh Muslahuddin Daud Dilaporkan ke Polisi Atas Dugaan Kasus Penipuan

Dia berharap, kegiatan peluncuran kirab pemilu tahun 2024 menjadi momentum bagi semuanya dalam memberikan semangat dan motivasi kepada penyelenggara untuk melaksanakan tahapan pemilu berikutnya dengan yang lebih baik dan sukses.

Sementara itu, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU RI, Mochamad Afifuddin, yang turut menghadiri peluncuran kirab pemilu tahun 2024 di Aceh, mengajak semua elemen masyarakat untuk menggelorakan semangat kegembiraan.

“Semangat kebersamaan sebagaimana tagline pemilu ‘pemilu sebagai sarana integrasi bangsa’ sarana yang mempersatukan kita bukan sarana yang membuat kita terpecah belah,” tegasnya.

Lebih lanjut, masyarakat harus bersatu padu, meskipun berbeda pilihan, berbeda partai, agama dan budaya. Karena itu, mari maknai pemilu ini sebagai ajang yang menggembirakan yang diselenggarakan setiap lima tahun sekali untuk mencari pemimpin, (**)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top