Kesehatan

DORA 2023: Donor Darah Ramadan 2023 yang Diadakan Oleh Thalassemia Movement

Foto: dok.istimewa (mercinews)

Jakarta, Mercinews.com – Jakarta, 2 April 2023 – Thalassemia Movement kembali mengadakan acara tahunan yaitu pada tanggal 1 April – 2 April 2023 di Mall AEON Tanjung Barat, Jakarta Timur, jam 15.30-20.30 WIB.

Tema acara tahun ini adalah “Unstoppable” yang menggambarkan semangat kami untuk terus mengumpulkan donor darah demi membantu para penyintas Thalassemia.

Acara DORA 2023 ini memiliki target mengumpulkan 200 kantong darah per hari. Target ini tidak akan tercapai tanpa bantuan dari banyak pihak seperti para supporter, dokter, donatur, dan lain-lain yang telah membantu kami dalam menyelenggarakan acara ini.

Acara DORA 2023 hari terakhir ini juga
dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Bapak Sandiaga Salahuddin Uno dan Prof. DR. dr. Pustika Amalia Wahidiyat, Sp.A(K) selaku dokter Thalassemia di RSCM dan juga
Staff Senior Divisi Hematologi Onkologi.

Baca Juga:  Akhir Bulan Ini, Aplikasi PeduliLindungi Lenyap dari HP

Dalam fatwa MUI No. 24/2018 tentang Donor Darah di Bulan Ramadan, disebutkan bahwa donor darah tetap diperbolehkan selama Ramadan, asalkan tidak membahayakan kesehatan dan kondisi tubuh donor.

Donor darah dapat memberikan manfaat yang besar bagi penerima darah, seperti meningkatkan pasokan oksigen ke seluruh tubuh, membantu mengatasi anemia, dan membantu mempercepat pemulihan setelah operasi atau cedera.

Selain manfaat fisik, donor darah juga memiliki pahala yang besar menurut agama Islam. Menurut Fadel Nooriandi dari Thalassemia Movement menjelaskan di dalam rangkaian acara DORA (Donor Darah Ramadan) harapannya Thalassemia bisa lebih didengar oleh masyarakat akan edukasi pentingnya penyakit Thalassemia ini.

Fadel juga menjelaskan kepada para pengunjung yang hadir diacara tersebut bahwa penyakit Thalassemia adalah penyakit genetik yang bisa kita cegah bersama dengan cara screening Thalassemia sebelum menikah atau sedini mungkin untuk memutus penyebaran Thalassemia.

Baca Juga:  Sandiaga uno Gandeng Kadin DKI Jakarta Ciptakan 4.4 juta Lapangan Kerja Tahun 2024

Harapannya dalam mewakili aspirasi teman-teman Thalassemia bersama para dokter juga ingin sekali Pak Menteri Sandiaga Salahuddin Uno dan pemerintah ada langkah konkret yang bisa membantu kami, penyintas Thalassemia agar program nasional screening darah Thalassemia di Indonesia dapat segera direalisasikan sebagai upaya pencegahan promotiv dan preventif.

Karena saat ini pemerintah hanya berfokus di pengobatannya saja dan hal ini sudah sangat urgent dilakukan karena
penyintas Thalassemia semakin bertambah di setiap tahunnya dan Thalassemia sudah menempati posisi ke 5 yang memakan anggaran negara BPJS Kesehatan dan Kementerian Kesehatan sehingga mimpi kami untuk zero born thalassemia bisa segera terwujud di Indonesia.

Kami berharap kedepannya para penyintas Thalassemia bisa dibantu agar ada kebijakan yang mengatur untuk para penyintas Thalassemia seperti UU nomor 8 tahun 2016 tentang disabilitas.

Baca Juga:  Sandiaga Uno: Penonton WSBK Tembus 59.200, Naik 15% Dibanding Tahun Lalu

Karena saat ini kami masih belum ada
kejelasan yang pasti perihal kebijakan yang mengatur untuk para penyintas Thalassemia sehingga banyak dari kami masih dianggap sebelah mata, tidak bisa produktif dan sulit mendapatkan kesempatan bekerja karena stigma tersebut.

Kami berharap acara DORA 2023 ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi para penyintas Thalassemia dan masyarakat luas.

Selain membantu menyediakan pasokan darah selama bulan Ramadan, acara ini juga bertujuan untuk mengkampanyekan #StopThalassemia tentang pentingnya
melakukan screening darah sebelum menikah. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top