Aceh

Bendera Bulan Bintang Berkibar di Polsek Samalanga

Bendera Bulan Bintang Berkibar di Polsek Samalanga

Banda Aceh, Mercinews.com – Video memperlihatkan sejumlah pria mengibarkan bendera bulan bintang di Polsek Samalanga, Bireuen, Aceh, beredar. Bendera itu diikatkan di pagar Polsek.

Dalam video dilihat, Sabtu (30/3/2024), beberapa pria mendatangi Polsek dengan mengendarai sebuah mobil. Di depan mobil tampak terpasang bendera bulan bintang dengan garis hitam.

Mobil yang ditumpangi pria tersebut kemudian masuk ke dalam Polsek Samalanga. Usai memarkirkan mobil di pekarangan Polsek, beberapa pria turun sambil membawa bendera menuju ke pagar.

Mereka mengingat tiang bendera dengan menggunakan kawat. Seorang anggota polisi tampak berada di lokasi sambil menelpon. Polisi yang mengenakan kaos tersebut tampak tidak dapat berbuat apa-apa.

Polisi tersebut akhirnya meninggalkan para pria dan masuk ke dalam ruangan bertuliskan SPKT. Usai memasang bendera, pria tersebut meninggalkan Mapolsek.

Baca Juga:  Dewi Parwati Perawat asal Bireuen meninggal dunia terlindas truk di Lhoseumawe

Dalam video terdengar percakapan salah seorang pria yang menyebutkan Polsek Samalanga menolak laporan warga dan mengancam tembak. Para pria tersebut mengibarkan bendera di Polsek pada Jumat (30/3) kemarin.

“Benar (dipasang kemarin sore),” kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Joko Krisdiyanto saat dimintai konfirmasi detikSumut.

Joko meminta detikSumut menanyakan informasi lengkapnya ke Kapolres Bireuen AKBP Jatmiko. Namun Jatmiko meminta dikonfirmasi ke Kasat Intel Ipda Jolly Ronny Mamarimbing.

Hingga kini, belum memperoleh informasi lengkap terkait motif pengibaran bendera tersebut.

Diketahui, bendera bulan bintang merupakan bendera yang dipakai Gerakan Aceh Merdeka (GAM) saat konflik Aceh berkecamuk. Pada 2013 lalu, bendera tersebut disahkan DPR Aceh menjadi bendera Aceh melalui Qanun Aceh Tentang Lambang dan Bendera Aceh.

Namun hingga kini bendera tersebut belum disetujui pemerintah pusat menjadi bendera Aceh, []

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top