Umum

Banyak bantu Aceh Saat tsunami, PMI Banda Aceh kumpulkan donasi Rp10 juta untuk bencana Turki

Pengumpulan donasi saat pergelaran malam amal untuk Turki, di Banda Aceh, Sabtu malam (18/2/2023 (ANTARA/HO/PMI Banda Aceh)

Banda Aceh, Mercinews – PMI Kota Banda Aceh bekerja sama dengan seniman muda Aceh mengumpulkan donasi sebesar Rp10,5 juta pada malam amal peduli musibah gempa Turki.

“Donasi itu berasal dari lelang baju ‘Pray for Turkiye’ PMI Kota Banda Aceh, lelang produk dari Ija Kroeng, serta lelang paket layanan penginapan dan restoran dari Kyriad Muraya Hotel Aceh,” kata Ketua PMI Kota Banda Aceh Ahmad Haeqal Asri, di Banda Aceh, Minggu (19/2/2023).

Selain itu, PMI Kota Banda Aceh juga menjual air mineral kepada masyarakat yang hasil penjualannya juga dimasukkan ke dalam donasi.

Untuk ketahui, PMI Kota Banda Aceh masih membuka rekening PMI Peduli Sesama hingga Senin, 20/2/ 2023, sebelum menutup saluran donasi.

Haeqal menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah menyumbang dan berpartisipasi dalam acara malam amal peduli Turki.

Baca Juga:  Anggaran dana desa di Nagan Raya tahun 2023 meningkat jadi Rp219,5 miliar

Seluruh donasi yang dikumpulkan hingga Senin nanti, akan diberikan kepada PMI Pusat melalui PMI Provinsi Aceh, sebelum disalurkan langsung ke korban terdampak gempa Turki.

Turki, kata Haeqal, sudah banyak membantu Aceh ketika tsunami 2004. Bahkan sejak masa kesultanan Turki Utsmani, Aceh dan Turki sudah punya hubungan yang sangat dekat.

“Sekarang saudara kita sedang ditimpa musibah, dan malam ini kesempatan kita untuk membantu saudara di Turki yang sering membantu kita tanpa pamrih,” ujarnya.

Dirinya berharap donasi yang dikumpulkan oleh PMI Kota Banda Aceh bersama seniman muda Aceh ini bisa bermanfaat untuk korban gempa Turki.

Sebelumnya, Palang Merah Indonesia Pusat juga sudah mengirimkan donasi sebesar 100.000 dolar Amerika Serikat kepada Turki yang diterima langsung oleh Duta Besar Turki untuk Indonesia.

Baca Juga:  Kisah Dokter Mawar, Spesialis Paru Mengabdi di Nabire Papua Ditemukan Meninggal

Sementara itu, Ketua PMI Provinsi Aceh Murdani Yusuf mengatakan, acara galang dana tersebut menjadi bukti solidaritas masyarakat Aceh untuk Turki.

Saat ini, lanjut Murdani, seluruh jajaran PMI di Indonesia membuka rekening donasi untuk Turki. Diharapkan, masyarakat Aceh ikut memberikan donasi terbaiknya guna meringankan beban korban terdampak gempa di Turki.(*)

Follow Berita Mercinews di Google News

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top