USG Education Gelar Noble Scholar Competition 2022

Minggu, 12 Februari 2023 - 20:35 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jakarta, 9 Februari 2023 – Kebangkitan generasi emas Indonesia pada tahun 2045 membutuhkan pendidikan yang berorientasi pada masa depan, yaitu membangun masyarakat yang berkualitas, maju, mandiri dan modern.

Keberhasilan dalam membangun pendidikan akan memberikan kontribusi yang besar pada pencapaian tujuan nasional.

Di era ini dan di masa mendatang, pendidikan yang berkualitas tidak hanya dimaknai sebagai keunggulan akademik saja, melainkan harus memiliki karakter dan soft skill dalam diri masing-masing.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

USG Education, dalam upaya menyediakan ruang untuk mengoptimalkan bakat yang dimiliki generasi muda, kembali menggelar acara Noble Scholar Competition 2022 menjelang akhir tahun lalu.

Memasuki tahun ke-tujuh, kompetisi kreatif ini merupakan ajang prestisius bagi siswa – siswi unjuk gigi dalam mengembangkan ide, konsep, keterampilan dan bakat yang akan memperkaya pengetahuan dan pengalaman siswa. Generasi muda sebagai agen penggerak perubahan memiliki kompetensi unggul dalam bidang masing-masing, dan mampu berkompetisi dalam kancah nasional maupun internasional.

Puncak acara Grand Final Noble Scholar Competition 2022 dan pengumuman pemenang diselenggarakan pada tanggal 4 Februari 2023 di Pullman Hotel, Jakarta Barat, dan dihadiri oleh 88 peserta finalis yang berkompetisi secara individu ataupun kelompok sesuai pilihan kategori kompetisi Noble Scholar.

Acara ini turut dibuka dan didukung penuh oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA MBA.

Tema yang diusung pada acara ini yaitu “Sustaining Indonesia’s Creative Economy & Tourism Industry”, ajang ini memberikan kesempatan bagi talenta – talenta muda untuk menyalurkan impian dan ide inovatif mereka terutama di bidang ekonomi kreatif dan industri pariwisata, serta pengembangan UMKM hingga dapat mengasah kreativitas, profesionalisme, dan membangkitkan entrepreneurial mindset.

USG Education ingin terus menumbuhkan jiwa kewirausahaan dengan mentalitas yang kuat, kreatif, inovatif dan berdaya saing tinggi melalui program yang edukatif dan menyeluruh.

Didukung oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta HIPMI Jakbar, USGE menekankan fokus kegiatan ini sebagai penggembangan metode pembelajaran secara inklusif dengan implementasi nyata dalam kehidupan masyarakat global.

Agar memiliki potensi dan energi yang besar untuk menjadi seorang youngpreneur yang efisien, unik, kreatif, dan konsisten maka generasi muda perlu diberi motivasi, peluang dan tantangan.

Acara ini menuai dampak positif dari berbagai pihak dan berhasil menarik perhatian sebanyak lebih dari 500 pengunjung.

Dihadiri langsung oleh Yuke Sri Rahayu selaku Direktur Kuliner Kriya Fesyen dan Desain Kemenparekraf serta Iin Mutmainah S.SOS, M.Si, Sekretaris Kota, Kota Administrasi Jakarta Barat, acara ini menjadi ajang yang berhasil menyorot laju perekonomian melalui panggung kreatif yang dynamic & sustainable dengan mengedepankan seni kultural budaya Betawi melalui “The Tales of Jakarta Living Legacy” yang menghadirkan beragam bentuk promosi dan inovasi hasil karya produk anak – anak muda. Acara ini juga didukung dan sponsori oleh oleh BJB, Bhinneka.com & Aronawa, KyZen, sertaIvan Gunawan Cosmetics.

“Terus gali potensi dan jangan takut untuk mengeluarkan ide brilian karena tongkat estafet ada di tangan generasi muda dan kalian adalah pion dalam berinovasi di segala bidang”, ujar Adhirama G. Tusin selaku Presiden Direktur USGE dalam kata sambutannya. Hal ini disambut baik oleh Rika Amelia Rush selaku Ketua Umum BPC HIPMI Jakbar dan ia berharap agar melalui kegiatan seperti ini dapat memotivasi pemuda – pemudi produktif untuk dapat bergerak lebih cepat dalam mengembangbiakkan program – program entrepreneur baru dan dapat berperan melahirkan lebih banyak lagi entrepreneur muda.

USGE hadir untuk memastikan para cendekia muda memiliki pengalaman global dengan mewujudkan mimpi untuk raih gelar internasional di universitas – universitas terbaik mancanegara dengan menyediakan pembekalan akademik dan skill set yang berkualitas melalui program – program yang dapat mengekspresikan ide serta gagasan secara lugas, menstimulasi kreatifitas, membangkitkan entrepreneurial mindset serta mengolah kemampuan berinvoasi.

Reza Suriansha, Direktur USGE mengatakan, “Noble Scholar Competition ini merupakan wadah bagi para talenta muda Indonesia agar mereka dapat mengembangkan ide yang mereka miliki. Program ini menghadirkan pemimpin muda yang cakap dengan berbekal kompetensi global.

Baca Juga:  Ortu Siswa tolak Masuk Jam 5.30 pagi, Gubernur NTT: Monggo Geser ke Sekolah Lain

Adik-adik sudah berani memutuskan ikut terjun di ajang kompetisi ini, maka kalian semua adalah seorang pemenang. Walaupun nanti akan ada juara 1, 2 dan 3 tetapi kalian sudah melewati langkah pertama yaitu berani memberikan kontribusi positif, artinya kalian sudah menang beribu langkah dalam memberikan sebuah kemajuan dalam diri masing – masing”.

Ketua Bidang 9, Vokasi & HIPMI PT, HIPMI Jakbar, Adang Adha mengatakan salah satu bukti pikiran kita bisa tajam dan terasah, yaitu pikiran kita diuji dengan pikiran yang lain seperti mengikuti kompetisi. “Di 2045 nanti ketika Indonesia mengalami bonus demografi, ekonomi meningkat, kita adalah pemain dan bukan hanya penonton di industri Indonesia. Di usia belia, semangat mereka luar biasa mampu memetakan idenya dan menyampaikan kepada juri. Ini merupakan modal untuk bersaing dengan orang-orang yang jiwa kompetisinya luar biasa. Apabila kita terus menerapkan ini, saya yakin Indonesia pada tahun 2045 akan menjadi pemimpin di negara ASEAN,” ujar Adang.

Bertepatan dengan acara ini, USGE ingin merajut hubungan mitra jejaring dengan Aronawa Bhinneka.com melalui penandantangan MoU yang bertujuan untuk membangun ekosistem entrepreneur di kalangan baik anak – anak muda khususnya para siswa bahkan sampai ke karyawan serta para tenaga pendidik yang ingin mengembangkan produk – produk kreatif yang dimiliki. Penandatanganan MoU dengan Dennis Kumara selaku Co-Founder Aronawa, Head of Business Bhinneka.com ini merupakan tindaklanjut atas program Marketplace USGE yang didukung oleh Aronawa Bhinneka.com dengan fokus di lingkup bisnis, kreatif, inovasi produk atau brand sehingga ruang lingkup kerja sama dalam MoU ini dinilai cukup luas dalam memajukan program – program kolaboratif keduanya.

USGE sebagai insitusi pendidikan mempunyai tujuan untuk mengembangkan siswa memperoleh keterampilan yang mereka butuhkan untuk mencapai masa depan yang sukses. Para siswa tidak hanya dibekali dengan kemampuan akademik, tetapi juga skill-set yang sangat mumpuni seperti public speaking, critical thinking, leadership skill, creative & innovative mindset, dan entrepreneurial skill. USGE melalui strategi kemitraan baik di lingkup nasional maupun kolaborasi internasional hadir sebagai mitra edukasi yang tepat dalam memperkuat pertumbuhan ekonomi global dengan mendorong langkah konkrit untuk meningkatkan kualitas pendidikan sebagai sarana utama untuk terwujudnya SDM berdaya saing tinggi.

Para finalis yang mengikuti kompetisi Noble Scholar 2022 tampil percaya diri dengan ide yang matang mempresentasikan hasil karyanya di hadapan para juri pada saat final berlangsung. Di akhir acara Grand Final, diumumkan para pemenang dari masing-masing kategori, dengan terpilihnya para pemenang sebagai yang terbaik tidak terlepas dari peranan para dewan juri yang berasal dari beragam latar kompetensi serta kombinasi akademisi dan praktisi. Total hadiah kompetisi ini mencapai lebih dari Rp 770 juta yang terbagi atas hadiah uang tunai, program beasiswa dari USG Education dan English Study Vouchers dari The British Institute (TBI).

Selamat bagi para pemenang 2022 USG Education Noble Scholar Competition:

Kategori Aviation
Juara 1 : Kenneth Cliffton Pratama (Group: Kenneth) – Cahaya Bangsa Classical School, Bandung
Juara 2 : William Lisapaly – Francis School, Tangerang Selatan
Juara 3 : Faatin Noor Chervira (Group: Falcon SMANSA) – SMAN 1 Purwokerto, Purwokerto
Juara Favorit : William Lisapaly – Francis School, Tangerang Selatan

Kategori Graphic Design
Juara 1 : Adhelia Deandra Darmawan (Group: Grancendra) – Aloysius 2 Bandung, Bandung
: Starla Gracelie Karlina (Group: Grancendra) – Aloysius 2 Bandung, Bandung
Juara 2 : Angie Collenia Salim – Springfield School, Jakarta
Juara 3 : Vella Velincia (Group: Leila) – Sekolah Perkumpulan Mandiri, Jakarta Pusat
Juara Favorit: Vanya Sheryl Katan (Group: DVD) – Sekolah Perkumpulan Mandiri, Jakarta Pusat
: Retno Anindhita (Group: DVD) – Sekolah Perkumpulan Mandiri, Jakarta Pusat

Kategori Digital Design
Juara 1 : Charlene Chandra – Springfield School, Jakarta Barat
Juara 2 : Gianina Christabel Nicolette Djamal (Group: Abel) – Sekolah Perkumpulan Mandiri, Jakarta Pusat
Juara 3 : Josceline Irawan (Group: Majo) – Sekolah Perkumpulan Mandiri, Jakarta Pusat
: Maya Seruni Jacobsen (Group: Majo) – Sekolah Perkumpulan Mandiri, Jakarta Pusat
Juara Favorit: Charlene Chandra – Springfield School, Jakarta Barat

Baca Juga:  Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi UMB Angkatan 43 Sukses Gelar Acara Diskusi Publik Cara Atasi Krisis Komunikasi Di Perusahaan

Kategori Fashion Design
Juara 1 : Maria Ilona Gunadi – Springfield School PB3/SMA, Jakarta Barat
Juara 2 : Anastasia Putri – SMA Xaverius 1 Jambi, Jambi
Juara 3 : Rania Aziza – Sampoerna Academy, Jakarta
Juara Favorit: Joanne Cheryl Lie – SMPK BPK Penabur Singgasana, Bandung

Kategori Music / Song Cover
Juara 1 : Zefanya Gracielda Illiana – SMA Santo Aloysius Batununggal, Bandung
Juara 2 : Diara Valencia Wantouw (Group: Diara) – Sekolah Perkumpulan Mandiri, Jakarta Pusat
Juara 3 : Griselda Meydi Salsalina BR Sinuhaji (Group: The Kidbanders) – SMPK BPK Penabur Singgasana, Bandung
: Chayton Allan Mackenzie (Group: The Kidbanders) – SMPK BPK Penabur Singgasana, Bandung
: RENATHA VELICIA (Group: The Kidbanders) – SMPK BPK Penabur Singgasana, Bandung
: Chloe Abigail Prajna (Group: The Kidbanders) – SMPK BPK Penabur Singgasana, Bandung
: Charlene Vanessa Poernomo (Group: The Kidbanders) – SMPK BPK Penabur Singgasana, Bandung
: HANS JOSEPH RINALDI (Group: The Kidbanders) – SMPK BPK Penabur Singgasana, Bandung
: Darren Neal Christopher (Group: The Kidbanders) – SMPK BPK Penabur Singgasana, Bandung
: Nerissa Eva Budiman (Group: The Kidbanders) – SMPK BPK Penabur Singgasana, Bandung
Juara Favorit: Chelliszya Christabelle Halim – Penabur Secondary Kelapa Gading, Jakarta

Kategori Engineering
Juara 1 : Julian Albert Lee – Sekolah Perkumpulan Mandiri, Jakarta Pusat
: Khairan Ikhwan – Sekolah Perkumpulan Mandiri, Jakarta Pusat
Juara 2 : Fiona Keira (Group: Triplers) – Springfield School, Jakarta Barat
: Aurelia Catherine Somantri (Group: Triplers) – Springfield School, Jakarta Barat
: Sharon Samantha Nangoi (Group: Triplers) – Springfield School, Jakarta Barat

Kategori Computing/IT
Juara 1 : Rason Yudha Pati Nugraha (Group: Saku Team), SMA Kolese De Britto Yogyakarta, Yogyakarta
: Vincentius Devin Agung Oktara (Group: Saku Team), SMA Kolese De Britto Yogyakarta, Yogyakarta
: Yohanes De Deo Petra Sanjaya (Group: Saku Team), SMA Kolese De Britto Yogyakarta, Yogyakarta
Juara 2 : Andi Raditya Adhipratama (Group: SMA Francis 2) – SMA Francis, Tangerang
: Joey Edward Leonardi (Group: SMA Francis 2) – SMA Francis, Tangerang
: Antoni Lawrence (Group: SMA Francis 2) – SMA Francis, Tangerang
Juara 3 : William Indrajaya (Group: SMA Francis 1) – SMA Francis, Tangerang
: Janssen Fridolin Yapni (Group: SMA Francis 1) – SMA Francis, Tangerang
: Dylan Lemuel (Group: SMA Francis 1) – SMA Francis, Tangerang
Juara Favorit : Rason Yudha Pati Nugraha (Group: Saku Team), SMA Kolese De Britto Yogyakarta, Yogyakarta
: Vincentius Devin Agung Oktara (Group: Saku Team), SMA Kolese De Britto Yogyakarta, Yogyakarta
: Yohanes De Deo Petra Sanjaya (Group: Saku Team), SMA Kolese De Britto Yogyakarta, Yogyakarta

Kategori Communication
Juara 1 : Angeline Suriadi (Group: Cloudi) – Springfield School, Jakarta Barat
: Clarissa Faye Kumala (Group: Cloudi) – Springfield School, Jakarta Barat
: Chrysta Louisa Wijaya (Group: Cloudi) – Springfield School, Jakarta Barat
Juara 2 : Tobias Habiyu Wardhono (Group: JKT23) – Sekolah Perkumpulan Mandiri, Jakarta Pusat
: Joshua Brandon Samuel Daud (Group: JKT23) – Sekolah Perkumpulan Mandiri, Jakarta Pusat
Juara Favorit : Angeline Suriadi (Group: Cloudi) – Springfield School, Jakarta Barat
: Clarissa Faye Kumala (Group: Cloudi) – Springfield School, Jakarta Barat
: Chrysta Louisa Wijaya (Group: Cloudi) – Springfield School, Jakarta Barat

Kategori Business
Juara 1 : Maureen Virginia Arthur (Group: Lilac) – Springfield School PB3/SMA, Jakarta Barat
: Reihan Daniswara (Group: Lilac) – Springfield School PB3/SMA, Jakarta Barat
: Veronica Oey Bosken (Group: Lilac) – Springfield School PB3/SMA, Jakarta Barat
Juara 2 : Jocelyn Alviant (Group: Perital) – Springfield School PB3/SMA, Jakarta Barat
: Odelyn Xie (Group: Perital) – Springfield School PB3/SMA, Jakarta Barat
: Trevina Clariebel Ivy Sutanto (Group: Perital) – Springfield School PB3/SMA, Jakarta Barat
Juara 3 : Chelsea Cornelia Chandra (Group: Atlehilenable) – SMA Citra Berkat, Tangerang
: Mathew Emanuella (Group: Atlehilenable) – SMA Citra Berkat, Tangerang
Juara Favorit: Maureen Virginia Arthur (Group: Lilac) – Springfield School PB3/SMA, Jakarta Barat
: Reihan Daniswara (Group: Lilac) – Springfield School PB3/SMA, Jakarta Barat
: Veronica Oey Bosken (Group: Lilac) – Springfield School PB3/SMA, Jakarta Barat

Baca Juga:  Selama Bulan Puasa, Pengunjung Perpustakaan Aceh Membludak

***

Mengenai USG Education (USGE)
Sejak didirikan pada tahun 1994, USG Education terus memberikan siswa akses ke Universitas terkemuka di seluruh dunia. Saat ini USG Education memiliki 4 (empat unit bisnis) yang memiliki fokus terintegrasi dalam penyediaan program Pendidikan Internasional, yaitu:

1. Uniprep Junior College (UJC)
UJC menawarkan program kualifikasi sekolah menengah atas Indonesia yang setara dengan kurikulum internasional, BTEC Level 2 Diploma atau International GCSE dan International A Levels, dirancang untuk siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri.

UJC menjalankan program International General Certificate of Secondary Education (International GCSE) dari Pearson Edexcel (Inggris) dan BTEC Level 2 Program. Setelahnya, para siswa dapat meneruskan studinya ke UIC College atau Uniprep sebelum melanjutkan ke jenjang sarjananya di Universitas luar negeri.

Proses pembelajaran UJC lebih dari sekedar menghafal teori, siswa didorong untuk mandiri dan aktif melalui metode pembelajaran praktis dan kehidupan nyata.

2. UNIPREP
Program Foundation Year yang berasal dari UNSW (the University of New South Wales), yang di mana siswa belajar 8 bulan untuk kemudian melanjutkan pendidikannya ke jenjang sarjana di UNSW.

Kualifikasi UNSW Foundation Studies juga sudah diakui di dunia internasional sebagai persyaratan untuk program sarjana, antara lain di Kanada, Selandia Baru, Inggris Raya, Amerika Serikat, Malaysia dan Singapura. Program ini telah memberikan keberhasilan yang cukup besar sejak tahun 1994. Para guru yang berpengalaman dan berdedikasi telah membantu siswa Uniprep mencapai keberhasilan sepanjang tahun.

3. USG International College (UIC College)
Diluncurkan pada tahun 2006, UIC College berikan program pendidikan yang menggunakan kurikulum Pearson BTEC HND & HNC – Inggris, program UIC-UTS College – Australia, American Degree Transfer Program (ADTP) serta SIM GE, hadirkan University Pathway dan Fast Track Program. Melalui program University Pathway dan Fast Track Program di UIC College siswa dapat menghemat biaya pendidikan kuliah di luar negeri sampai dengan 70%.

Siswa menjalani masa studi di UIC College selama kurang lebih satu sampai dengan dua tahun di Indonesia kemudian melanjutkan ke jenjang sarjana Universitas di Inggris atau di negara-negara terkemuka lainnya.

Program studi UIC College memakai konsep real world learning & industry-based curriculum, dimana para siswa diajak untuk langsung mengenal industri di bidangnya masing – masing, baik belajar dari para praktisi maupun mengerjakan tugas yang berkaitan dengan kebutuhan di industri.

4. Unistart
Unistart adalah Placement Services bagi para siswa Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri serta mendapatkan informasi mengenai sekolah-sekolah di luar negeri (Australia, UK dan ataupun USA), Dimana pelayanannya termasuk untuk pengurusan visa, persiapan pre-departure dan lain-lain. Sejak 1994, Unistart telah membantu lebih dari 1.300 siswa dalam mewujudkan mimpinya dengan belajar di universitas terkemuka di seluruh dunia.

Hingga saat ini USG Education telah berhasil meluluskan lebih 3.500 siswa/i yang kini tersebar baik di dalam negeri maupun luar negeri dan berperan aktif di berbagi sektor industry mulai dari sektor pendidikan, keuangan, energi, digital, dunia kreatif, bisnis dan masih banyak sektor lainnya. USG Education telah berkomitmen untuk dapat mewujudkan mimpi siswa/i yang ingin lanjut menuju Overseas Higher Education. Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) hanya dapat dilakukan melalui pendidikan yang bermutu dan bertekad untuk melahirkan lebih banyak lagi generasi emas Indonesia yang siap akan tantangan dunia dan mengemas mereka menjadi pemimpin yang tangguh, kompetitif dan dapat mengharumkan nama Bangsa.

USG Education diharapkan menjadi solusi dan mitra bagi orangtua dan khususnya para siswa/i dalam memilih universitas terbaik di luar negeri. Dengan jalinan kerjasama yang erat dengan berbagai partner Universitas global, hal ini menjadi satu penunjang yang kuat bagi siswa/i maupun orangtua dalam pemilihan mutu dan kualitas akan Lembaga Pendidikan.(*)

Berita Terkait

Jangan Ada Perundungan dalam masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi siswa baru
Pj Wali Kota dan Bunda PAUD Sabang tinjau hari pertama masuk sekolah
Mahasiswa Ekuador hingga Prancis Belajar Medis di USK Banda Aceh
Universitas Islam Negeri Ar Raniry Banda Aceh kukuhkan 8 guru besar
Presiden Jokowi: Tahun ini Gak, Kemungkinan Tahun depan Naik UKT
Pemerintah batalkan kenaikan uang kuliah tunggal tahun ini
Menteri Nadiem Tegaskan Kenaikan UKT Hanya Berlaku bagi Mahasiswa Baru
Jelang akhir tahun Ombudsman Aceh Ingatkan Sekolah tak Kutip Uang Perpisahan Ke Siswa

Berita Terkait

Selasa, 16 Juli 2024 - 13:30 WIB

Jangan Ada Perundungan dalam masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi siswa baru

Senin, 15 Juli 2024 - 15:50 WIB

Pj Wali Kota dan Bunda PAUD Sabang tinjau hari pertama masuk sekolah

Jumat, 5 Juli 2024 - 10:58 WIB

Mahasiswa Ekuador hingga Prancis Belajar Medis di USK Banda Aceh

Rabu, 29 Mei 2024 - 21:36 WIB

Universitas Islam Negeri Ar Raniry Banda Aceh kukuhkan 8 guru besar

Senin, 27 Mei 2024 - 22:56 WIB

Presiden Jokowi: Tahun ini Gak, Kemungkinan Tahun depan Naik UKT

Berita Terbaru

Sekretaris Jenderal NasDem Hermawi Taslim (kanan) bersama Anies Baswedan (tengah) di NasDem Tower, Jakarta, Senin (22/7/2024).  ANTARA/Narda Margaretha Sinambela.

Politik

NasDem usung Anies Baswedan untuk Pilgub DKI Jakarta 2024

Senin, 22 Jul 2024 - 22:23 WIB