Timnas Swiss Unggul 1-0 Lawan Italia di Babak Pertama

Minggu, 30 Juni 2024 - 00:11 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto:X Euro2924/ Remo Freuler berhasil mencetak gol di menit ke-37

Foto:X Euro2924/ Remo Freuler berhasil mencetak gol di menit ke-37

Berlin, Mercinews.com – Babak pertama pertandingan babak 16 besar Euro 2024 antara Swiss vs Italia berakhir dengan skor 1-0, gol dari Remo Freuler bawa La Nati ungguli Gli Azzurri, Sabtu (29/6/2024) malam digelar di Olympiastadion Berlin.

Italia yang bermain bertahan dibuat kewalahan oleh Swiss di babak pertama, skuad asuhan Luciano Spaletti kalah dalam beberapa hal seperti penguasaan bola hingga jumlah tembakan ke arah gawang. Pada akhirnya Remo Freuler berhasil mencetak gol di menit ke-37 lewat assist Ruben Vargas.

Jalannya Pertandingan Babak Pertama

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Swiss memulai babak knockout dengan menguasai bola dan mengoper ke sisi kanan, Fabian Schar. Schar melepaskan umpan lambung ke sisi kanan lapangan dan disambut oleh Breel Embolo yang membawa bola ke kotak penalti dan memenangkan tendangan sudut pertama bagi Swiss.

Menit-menit awal pertandingan sepenuhnya dikuasai oleh Swiss. Ruben Vargas menerima bola dan mencoba menusuk lewat sisi kiri. Ia berhadapan dengan Giovanni Di Lorenzo dan berhasil melewati bek tersebut sebelum mengirimkan umpan silang ke kotak penalti.

Baca Juga:  Prancis Unggul 1-0 atas Austria Babak Pertama: Berkat Gol Bunuh Diri

Bek tengah Italia berhasil mengamankan bola, tapi ini menjadi pertanda positif bagi Swiss.

Italia bertahan mundur dan membiarkan Swiss menguasai bola. Swiss terlihat sedikit gugup menguasai bola dalam waktu lama, tetapi mencoba untuk terus mencari celah pertahanan Gli Azzurri.

Ricardo Rodriguez keluar dari pertahanan dan menyerang ke depan, tetapi ia kehilangan bola tepat saat memasuki kotak penalti.

Nicolo Barella dari Italia terjatuh dan terlihat mengalami cedera hamstring. Ia tertatih-tatih keluar lapangan saat timnya kehilangan bola dan melancarkan serangan balik. Setelah serangan mereka dihentikan, Barella berlari kembali ke lapangan sehingga tampaknya cederanya tidak terlalu parah.

Granit Xhaka kemudian melepaskan umpan diagonal ke kotak penalti Italia. Breel Embolo menjadi target dan sang penyerang berhasil mencapai bola tetapi ia terlalu memaksakan diri dan tidak bisa mengontrolnya dengan baik.

Swiss sabar dalam menguasai bola dan berhasil membangun serangan. Embolo menerima bola dari Xhaka dan mengopernya ke Dan Ndoye. Embolo mencoba masuk ke kotak penalti tetapi Italia memiliki pertahanan yang kuat dan mendapatkan kembali bola sebelum ia bisa menggapainya.

Baca Juga:  Timnas U-23 Indonesia Vs Guinea Digelar Tertutup Tanpa Penonton di Paris 9 Mei

Ada ruang bagi Swiss untuk beroperasi di antara lini, tetapi mereka masih kurang dalam umpan terakhir yang tajam untuk benar-benar merepotkan Italia.

Michel Aebischer melepaskan umpan terobosan dan tepat mengarah ke pergerakan Embolo di menit ke-24. Ia mengalihkan bola ke kaki kanan dan melepaskan tembakan, tetapi Gianluigi Donnarumma sigap dan menepis bola. Ini adalah peluang terbaik pertandingan sejauh ini!

Serangan balik dari Italia di menit ke-27 nyaris membuahkan hasil! Stephan El Shaarawy menyundul bola ke arah Federico Chiesa yang berkelok-kelok memasuki kotak penalti. Ia melewati tekel dan melepaskan tembakan tetapi Manuel Akanji berhasil memblok bahaya dan membuang bola menghasilkan tendangan sudut.

Italia tidak bisa keluar dari area permainan mereka sendiri. Alessandro Bastoni mencoba menusuk dari sisi kiri tetapi gagal karena tekanan lawan. Swiss merespon dengan Fabian Rieder yang bergerak mencari ruang di sebelah kanan kemudian melepaskan umpan datar ke pelukan Donnarumma.

Baca Juga:  Mendesak Diadakan Dana Alokasi Khusus Pembiayaan Angkutan Umum

Di menit ke-37 Swiss akhirnya memimpin melalui skema serangan yang cantik. Ruben Vargas menerima bola di sebelah kiri dan menarik beberapa pemain bertahan Italia sebelum melepaskan umpan mendatar ke tengah. Remo Freuler datang dari belakang, sentuhan pertamanya membuatnya lepas dari bek tengah terdekat, kemudian sontekannya merobek gawang Donnarumma, hingga babak pertama berakhir.

Susunan pemain

Swiss: Yann Sommer, Fabian Schar, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez, Michel Aebischer, Remo Freuler, Granit Xhaka, Fabian Rieder, Ruben Vargas, Dan Ndoye, Breel Embolo.

Italia: Gianluigi Donnarumma, Matteo Darmian, Alessandro Bastoni, Gianluca Mancini, Giovanni Di Lorenzo, Nicolo Barella, Nicolo Fagioli, Bryan Cristante, Stephan El Shaarawy, Gianluca Scamacca, Federico Chiesa.

(m/cib)

Berita Terkait

PSSI Aceh Resmi Tunjuk Saifuddin sebagai Manajer Tim Sepak Bola PON XXI Aceh
Pendapatan timnas dari Euro 2024 pun mulai diketahui
Spanyol pemenang akhir Oyarzabal menghasilkan rekor mahkota EURO ke-4 bagi La Roja
Spanyol Juara Euro 2024: setelah berhasil mengalahkan Inggris 2-1 di final
Hasil Spanyol vs Inggris: La Furia Roja Juara Piala Eropa 2024
Hasil Final Euro 2024: Spanyol vs Inggris Imbang Tanpa Gol Babak Pertama
Hasil Euro 2024: Inggris menang atas Belanda, akan lawan Spanyol di Final
Suporter timnas Belanda menyerang bar yang ada suporter Inggris

Berita Terkait

Selasa, 16 Juli 2024 - 22:40 WIB

PSSI Aceh Resmi Tunjuk Saifuddin sebagai Manajer Tim Sepak Bola PON XXI Aceh

Senin, 15 Juli 2024 - 23:28 WIB

Pendapatan timnas dari Euro 2024 pun mulai diketahui

Senin, 15 Juli 2024 - 05:06 WIB

Spanyol pemenang akhir Oyarzabal menghasilkan rekor mahkota EURO ke-4 bagi La Roja

Senin, 15 Juli 2024 - 04:22 WIB

Spanyol Juara Euro 2024: setelah berhasil mengalahkan Inggris 2-1 di final

Senin, 15 Juli 2024 - 03:56 WIB

Hasil Spanyol vs Inggris: La Furia Roja Juara Piala Eropa 2024

Berita Terbaru

Tangkapan layar video helikopter jatuh di Pecatu, Kuta Selatan, Jumat (19/7/2024). (Tangkapan layar)

Daerah

Sebuah Helikopter Jatuh di Bali ekornya hancur

Jumat, 19 Jul 2024 - 16:07 WIB

Jokowi mendarat di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar, Kamis (18/7/3024) dini hari/ (Mercinews/Pemerintah Aceh)

Aceh

Usai kunker ke UEA, Jokowi transit sejenak di Aceh

Jumat, 19 Jul 2024 - 15:39 WIB