Politik

PPP Siapkan Illiza Sa’aduddin Djamal untuk Bertarung di Pilkada Aceh 2024

Illiza Sa’aduddin Djamal

BANDA ACEH, Mercinews.com – Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Aceh, Amiruddin Idris, mengungkapkan rencana partai berlambang Ka’bah itu untuk Illiza Sa’aduddin Djamal.

Amiruddin mengatakan Illiza bakal dipersiapkan untuk berlaga pada Pemilihan Kepala Daerah Aceh 2024. “Modal partai cukup. Kami punya lima kursi di DPR Aceh. Tinggal mencari koalisi yang tepat,” kata Amiruddin, Ahad, 31 Maret 2024.

Partai politik yang ada sejak Orde Baru itu tidak lolos ambang batas parlemen di Dewan Perwakilan Rakyat RI. Hal ini menyebabkan Illiza Sa’aduddin Djamal, calon anggota legislatif dari Daerah Pemilihan Aceh Satu,

tidak mendapatkan tiket kembali ke Senayan. Meski memperoleh sekitar 130 ribu suara, aturan ambang batas itu mengeliminir peluang PPP berkiprah di Senayan karena tidak mencapai suara, minimal, empat persen. Salah satu politikus PPP yang merasakan imbas aturan ini adalah Illiza.

Baca Juga:  Ini 10 Besar Suara DPD RI Dapil Aceh Dalam Pemilu 2024

Amiruddin mengatakan Illiza berpotensi untuk dipasangkan menjadi calon wakil gubernur. Rekam jejak Illiza, sebagai bekas wali kota dan anggota DPR RI, adalah salah satu daya tarik partai koalisi dicalonkan pada pilkada mendatang.

Illiza, kata Amiruddin, adalah seorang politikus yang andal. Dia dimentori oleh Mawardi Nurdin, bekas Wali Kota Banda Aceh, selama delapan tahun menjabat wakil wali kota. Illiza juga memiliki pengalaman di tingkat nasional saat berkiprah di DPR RI.

Ayahnya, Sa’aduddin Djamal, adalah politikus yang membesarkan PPP. “Jadi, rukunnya sudah cukup. Tinggal kita mempersiapkan agar perhelatan pilkada nanti benar-benar menghasilkan pemimpin yang tepat untuk Aceh,” kata Amiruddin.

Pilkada 2024 bakal digelar serentak pada 27 November 2024. Tahapannya bakal dimulai pada 5 Mei 2024. Partai politik dan kandidat diberikan waktu hingga 29 Agustus 2024 untuk mendaftar.[]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top