Olahraga

Penalti Salah melenceng jauh dari sasaran, Liverpool Kalah 1-0 dari Bournemouth

Penalti Salah melenceng jauh dari sasaran. Foto: PA Images via Getty Images/Kieran Cleeves - PA Images

Bournemouth, Mercinews.com – Liverpool akhirnya dapat penalti setelah hampir setahun lamanya menunggu. Sayangnya, penalti itu gagal dan The Reds kalah.

Liverpool melawat ke kandang Bournemouth di Vitality Stadium, Sabtu (11/3/2023) malam WIB, dalam kepercayaan diri tinggi usai kemenangan 7-0 atas Manchester United pekan lalu.

Hanya melakukan dua pergantian pemain di starting line-up, Liverpool tampil menekan sejak menit awal dan tak memberikan Forest kesempatan untuk mengembangkan permainan.

Tapi, gawang Liverpool malah bobol duluan di menit ke-29 setelah Philip Billing mencatatkan namanya di papan skor. Keunggulan Forest mampu dipertahankan hingga akhir laga.

Liverpool bisa saja meraih hasil berbeda andaikan penalti Mohamed Salah di menit ke-69 tak melebar. Kondisi yang jarang terjadi mengingat Salah punya rekor sepakan 12 pas yang terbilang oke.

Ini adalah kali ketiga Salah gagal menuntaskan penalti jadi gol dari 22 kesempatan di Premier League, rasio 82 persen!

Baca Juga:  Ini daftar nama pemain untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023

Apalagi Liverpool sejatinya lagi kesulitan mendapatkan penalti sejak April 2022. Ya, ini adalah penalti pertama The Reds musim ini, tapi malah disia-siakan.

“Kami sudah lama tidak mendapatkan penalti dan itu jelas tidak masuk di akal, tapi jika kami bisa mencetak gol, laga bisa berubah. Memang performa kami belum tentu membaik, tapi setidaknya hasil bisa berbeda,” ujar manajer Liverpool Juergen Klopp kepada BT Sport.

“Dia mencetak banyak gol, banyak sekali, tapi dia juga pernah gagal penalti. Ya itulah hidup

Jalannya pertandingan

Liverpool sudah mengancam lewat tembakan jarak jauh Mohamed Salah di menit ke-5, namun bisa diamankan kiper Neto Murara. Sundulan Virgil van Dijk semenit kemudian berhasil diblok Jefferson Lerma.

Darwin Nunez ikut melepaskan tendangan jarak jauh di menit ke-11, namun lagi-lagi mengarah ke Neto. Dua menit berselang, kiper Brasil itu menggagalkan tembakan jarak dekat Andy Robertson.

Meski banyak diserang, Bournemouth justru unggul lebih dulu di menit ke-28. Dango Ouattara lolos dari jebakan offside untuk menerima umpan terobosan dari belakang lalu berlari lepas dari kawalan Virgil van Dijk dan Andy Robertson

Ouattara kemudian mengirim umpan silang dari sisi kanan ke depan gawang yang dituntaskan Philip Billing dengan satu sontekan tanpa bisa dihalau kiper Alisson Becker. Bournemouth memimpin 1-0.

Liverpool berupaya menyamakan kedudukan. Peluang bagus hadir lewat sundulan Van Dijk yang memanfaatkan umpan Robertson di menit ke-41, namun bola bergerak melebar di sisi kiri gawang. Skor 1-0 untuk tuan rumah menutup babak pertama.

Pada babak kedua, masuknya Diogo Jota membuat lini serang Liverpool makin berbahaya. Pemain Portugal itu mendapat peluang emas di menit ke-49, tetapi tembakan jarak dekatnya berhasil dihalau Neto.

Menit ke-67, Liverpool meminta penalti usai sundulan Jota membentur tangan Adam Smith di kotak penalti Bournemouth. Wasit John Brooks kemudian mengecek tayangan ulang dan memutuskan menunjuk titik putih.

Baca Juga:  Tidak Pernah Menang, Tim Voli Ini Justru Kalahkan Megawati dan Red Sparks

Salah maju sebagai eksekutor, namun tembakan striker Mesir itu melebar ke sisi kiri gawang meski Neto sudah salah menebak arah. Suporter Bournemouth bersorak, tuan rumah tetap memimpin 1-0.

Bournemouth tak diam saja. Ryan Christie yang baru masuk di menit ke-70 mendapat kans mencetak gol di menit ke-83, tetapi tembakannya berhasil ditepis Alisson. Skor 1-0 bertahan hingga usai.

Susunan pemain

Bournemouth: Neto, Smith (Fredericks 80′), Stephens, Senesi, Kelly, Ouattara, Lerma (Cook 81′), Billing (Christie 70′), Anthony (Vina 88′), Rothwell, Solanke (Semenyo 88′).

Liverpool: Alisson, Alexander-Arnold (Milner 65′), Konate, Van Dijk, Robertson, Elliott (Jota 46′), Fabinho (Henderson 65′), Bajcetic (Carvalho 88′), Salah, Gakpo, Nunez (Firmino 66′).

(m/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top